Tips Praktis Merawat Karet Wiper Pada Mobil Secara Benar

  • Whatsapp

Waktu musim panas atau kemarau, mungkin saja kita seringkali meremehkan manfaat dari wiper mobil. Lumrah saja, keadaan jalan yang panas dan berdebu, memanglah cenderung tidak mungkin kita akan memerlukan alat untuk bersihkan air hujan dari kaca mobil.

Tetapi saat musim hujan datang, wiper mobil merupakan hal yang sangat vital. Lama tidak dipakai dan selalu terjemur panas matahari, akan membuat wiper menjadi tidak bisa bekerja dengan baik.

Sapuan air hujan tidak bisa membuat bersih dengan optimal, dan lebih kronis lagi malah wiper akan membuat kaca depan mobil menjadi baret atau tergores.

Untuk cara yang lebih cepat, ganti karet wiper mobil mungkin saja menjadi pilihan pertama. Namun bila anda menginginkan yang lebih baik dan menghindari peluang buruk diatas, maka anda bisa melakukan perawatan pada wiper mobil anda.

Perawatan ini sendiri cukup simpel dan tidak sampai membuat anda mesti ke salon mobil yang bisa menguras duit anda.

Wiper mobil sejatinya tidak cuma sisi karet wipernya saja, walau demikian meliputi semua komponen yang menunjangnya.

Termasuk juga komponen sisi wiper yaitu sistem mekanik wiper, dinamo, gigi dan sistem kelistrikannya.

Supaya manfaat wiper mobil senantiasa bekerja maksimal, maka perlu diupayakan cara menjaga wiper mobil dan membersihkannya.

Begitu disarankan untuk melakukan perawatan teratur terhadapnya. Perawatan teratur, dapat dilakukan dengan beragam cara yang mudah.

Pengertian Karet Wiper

Suatu wiper kaca atau yaitu komponen yang dipakai untuk menghilangkan rintik-rintik hujan dan  dari puing-puing kaca depan.

Nyaris semuanya kendaraan bermotor, termasuk juga kereta api, pesawat dan perahu, diperlengkapi dengan wiper itu, yang umumnya merupakan kriteria hukum.

Satu wiper biasanya terbagi dalam lengan, berputar di satu ujung dan dengan pisau karet panjang menempel pada yang lain.

Pisau berayun bolak-balik atas kaca, mendorong air dari permukaannya. Kecepatan umumnya sesuai, dengan kecepatan terus menerus dengan satu arah atau lebih yang disebut “intermiten”.

 

Sebagian besar mobil memakai dua disinkronisasi lengan tipe radial, sesaat kendaraan komersial banyak memakai satu atau lebih lengan pantograph.

Baterai Accu adalah sumber daya untuk wiper mobil supaya dapat bergerak dan membersihkan kaca mobil sehingga peranan baterai accu ini sangat penting.

Ketika keadaan mesin mobil dalam keadaan mati, maka wiper mobil juga tidak bisa menyala karena tidak ada daya untuk menggerakkan.

 

Manfaat Wiper Pada Mobil

Memanglah terkesan sepele, karena tidak terkait dengan mesin atau pengendara dengan cara segera.

Namun komponen penyeka air dari kaca ini tidak akan bekerja maksimal bila tidak kita ketahui manfaat dan cara kerjanya

Sesuai sama namanya, wiper berperan sebagai penyapu. Tepatnya yaitu air sebagai objek sapuannya.

Maksudnya yaitu supaya windscreen bisa bersih dari terjangan air dan kotoran yang menimpa.

Beragam jenis teknologi juga sudah dikembangkan supaya sistem penyapuan air dari kaca semakin optimal.

Salah satunya yaitu aplikasi water repellant pada kaca. Nah pada kaca yang telah diterapkan elemen ini, tidak dapat sembarang wiper lagi dipakai.

Harus wiper dengan tehnologi graphite coating. Wiper tipe ini dapat menyapu kaca tanpa ada menghapus susunan water repellant dan bekerja bersama dengan maksimal berbarengan water repellant waktu menyapu air.

 

Tips Praktis Merawat Karet Wiper Pada Mobil Secara Benar

 

Berikut ini tips praktis merawat karet wiper pada mobil secara benar yang bisa anda terapkan pada mobil kesayangan anda, diantaranya sebagai berikut ;

  1. Cek keadaan karet wiper, apabila ditemukan retakan atau karet telah lapuk, maka sebaiknya dilakukan penggantian karet wiper.
  2. Saat membersihkan wiper mobil, jangan mengelap pinggir karet karena di situ ada susunan kimia yang akan melindungi elastisitasnya.
  3. Saat wiper tidak dipakai, disarankan untuk menempatkan stand supaya karet tidak melekat di kaca mobil.
  4. Bersihkan karet wiper dengan cairan khusus pembersih wiper.
  5. Tuangkan cairan wiper bersamaan dengan air kedalam wadah tampungan air dibawah kap mesin, hal semacam itu akan menolong wiper tidak untuk bekerja terlalu berlebih.
  6. Periksa dengan cara berkala sisi dari poros wiper. Semprotkan pelumas spesial untuk melindungi supaya wiper tetaplah lancar bergerak. Dapat memakai semprotan WD Cleaner

 

Perlu diketahui kalau karet wiper mobil memiliki batas penggunaan. Saat kelayakan karet wiper memang tidak dapat dipastikan, tetapi dapat dikenali dari manfaat wiper yang sudah tidak bisa menyapu air dengan baik. Umumnya rusaknya karet wiper ini mengakibatkan permasalahan wiper mobil seret bergetar waktu dipakai. Istilahnya dalam menyapu air kaca kurang keset.

 

Tetapi, bila anda mengalami wiper mobil tidak bergerak atau wiper mobil tidak bekerja dengan baik atau ada permasalahan mekanik, maka sebaiknya segera dibawa ke bengkel servis mobil paling dekat.

Umumnya penyebabnya wiper mobil rusak atau tidak bisa bergerak pada bagian mekanik yaitu karena kurangnya perawatan wiper. Sebaiknya di bagian mekanik yang bergerak pada wiper diberi pelumas atau disemprot pembersih.

 

Supaya kemampuan wiper mobil bisa normal dan awet usianya, maka lakukan beberapa tips praktis merawat karet wiper pada mobil secara benar seperti yang itu diatas.

 

Demikian tadi artikel yang membahas tentang tips praktis merawat karet wiper pada mobil secara benar. Semoga bisa bermanfaat bagi anda.

 

Salam berkendara aman…

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *