Tips Praktis Menghilangkan Bau Apek dan Tidak Sedap Dalam Mobil

  • Whatsapp

Untuk beberapa orang, mempunyai mobil yang bersih dan wangi yaitu suatu kewajiban yang tidak dapat ditawar.

Tetapi kadang-kadang, kebersihan kabin mobil akan segera tercemar apabila satu diantara penumpang membawa atau mempunyai beberapa barang dengan bau menyengat.

Selain aspek kebersihan pada interior mobil, aspek keharuman juga tidak kalah utamanya untuk membuat kesan nyaman untuk semua penumpang mobil.

Munculnya bau tidak enak pada interior mobil dapat dikarenakan banyaknya aspek.

Umpamanya asap rokok, sisa makanan yang tidak berniat ketinggalan atau terselip diantara sela-sela jok mobil, dan lain sebagainya.

 

Penyebab bau tidak sedap dalam mobil

Apaka anda pernah mencium bau yang tidak lumrah saat ada di kabin mobil?

Perjalanan Anda tentu begitu terganggu bila bau itu susah di hilangkan.

Tetapi, permasalahannya, tidak semuanya bau bisa disingkarkan cuma dengan memakai minyak wangi mobil.

Oleh karenanya, ketahui baunya dan pemicunya. Berikut tips praktis menghilangkan bau apek dan tidak sedap dalam mobil sebagai berikut :

 

Bau Apek

AC mempunyai evaporator yakni sisi yang merubah udara luar jadi dingin waktu masuk ke kabin. Terciumnya bau apek waktu menyalakan AC bermakna evaporator terinfeksi jamur.

Bau apek dapat juga diakibatkan oleh kebocoran air yang merembes ke karpet mobil.

 

Bau Manis

Adanya bau manis di mobil seperti sirup, terlebih lagi apabila Anda tidak membawa barang yang berbau manis.

Antifreeze mempunyai bau manis dan bau berikut yang tercium waktu berlangsung kebocoran pada sistem pendingin.

Hirup antifreeze dapat menyebabkan iritasi pada mata dan sistem pernafasan, maka waktu bau manis seperti sirup sudah tercium, segera cek sistem pendingin mobil Anda.

 

 

Bau Terbakar

Bau terbakar bisa diakibatkan oleh banyak hal, seperti kebocoran oli yang masuk ke sistem pembuangan, v-belt terbakar, brake pads atau rotor mengalami overheat, atau rem tangan diaktifkan waktu mobil jalan.

 

Bau Telur Busuk

Bau telur busuk atau sulfur didalam kabin mengisyaratkan catalytic converter yang tidak menyaring hidrogen sulfida di knalpot dengan baik, sehingga konverter mengalami overheat.

 

Bau Bahan Bakar

Mencium bau bahan bakar saat Anda baru mulai menyalakan mesin termasuk juga hal yang wajar.

Namun Anda mesti siaga apabila Anda mencium bau ini waktu mesin telah panas karena mungkin tutup tangki kendor, sistem pengendali evaporasi emisi gas buang terhalang atau bocor, atau karena kebocoran bahan bakar.

 

Tips Praktis Menghilangkan Bau Apek dan Tidak Sedap Dalam Mobil

Apa pun pemicunya, bau tidak enak pada interior mobil pastinya akan mengganggu penumpangnya, terutama untuk si pengemudi karena dapat mengganggu konsentrasinya waktu mengemudikan mobilnya.

Kadang-kadang masihlah ada beberapa orang yang kurang memerhatikan akan hal semacam ini, dan membiarkan bau itu akan hilang dengan sendirinya.

Sudah pasti tindakan seperti ini kurang pas bila dialami oleh interior mobil yang paling anda disayangi.

Oleh karenanya, mudah-mudahan karenanya ada artikel yang mengulas tips praktis menghilangkan bau apek dan tidak sedap dalam mobil di bawah ini dapat membantu Anda.

 

Gosok Semua Permukaan Interior Mobil

Sebelumnya menyingkirkan bau tidak enak pada interior mobil Anda, parkir mobil Anda ditempat yang teduh dan alangkah sebaiknya bila Anda membersihkan terlebih dulu semua sisi mobil supaya nanti mobil Anda menjadi bersih luar dalam.

Sesudah sisi luar mobil di rasa telah bersih dan kering, waktunya Anda berpindah ke sisi dalam mobil (interior).

Yakinkan semuanya kotoran yang ada didalam interior mobil telah Anda bersihkan hingga tidak ada satupun kotoran yang masihlah ketinggalan. Bersihkan juga karpet karet mobil.

Kemudian ambillah kain bersih lalu basahi dengan air dan pakai untuk menggosok-gosok semua permukaan dashboard dan permukaan interior mobil yang lain.

Cermati dengan cara detil kotoran-kotoran yang melekat di beberapa pojok permukaan dashboard dan interior yang lain telah betul-betul bersih.

Lalu buka laci dashboard dan mengeluarkan semuanya beberapa barang yang tersimpan di sana.

Buang barang yang telah tidak dibutuhkan lagi apabila masihlah ada yang akan dimasukkan ke laci dashboard kembali, yakinkan barang itu akan tidak mengakibatkan bau tidak enak di masa datang.

 

Sikat Sisi yang Memiliki bahan Kain dan Kulit Pada Interior Mobil

Bila jok dan interior mobil Anda dibalut dengan kombinasi kain dan kulit, lalu sikat dengan cara lembut bebrapa sisi itu.

Upayakan waktu menggosok-gosok janganlah menghimpit sangat keras karena dapat mengakibatkan kerusakan permukaan bebrapa sisi itu.

Hal semacam ini ditujukan cuma untuk buka pori-pori pada permukaan bebrapa sisi itu hingga akan mempermudah langkah setelah itu waktu pemakaian vacuum cleaner.

 

Sedot Dengan Memakai Vacuum Cleaner

Waktunya memakai vacuum cleaner untuk menyedot kotoran-kotoran yang mungkin saja masihlah menempel di pori-pori permukaan kain pada interior mobil Anda.

Sedot sisi dasboard, karpet, jok dan interior mobil yang lain, yakinkan jangan pernah ada sisi interior yang terlewati. Sampai dengan langkah ini Anda dapat mengerjakannya bila interior mobil Anda telah mulai tercium bau tidak enak atau dua minggu sekali.

 

Berikan Pengharum Spesial Mobil

Mengapa dimuka sistem mobil baiknya diletidakkan ditempat yang teduh?

Hal semacam ini karena cahaya panas matahari dapat mengakibatkan bau itu makin lengket di permukaan interior mobil hingga baunya makin menusuk.

Sesudah semuanya sistem usai, buka semuanya pintu mobil Anda sepanjang kurang lebih 30 menit supaya berlangsung aliran udara didalam interior mobil Anda.

 

Dan langkah paling akhir yang dapat Anda kerjakan sebelum menutup semuanya pintu mobil yaitu dengan memberikan pengharum spesial mobil.

Dan bisa Anda tempatkan melalui cara menggantungnya untuk memberi keharuman dan melindungi kesegaran interior mobil Anda dalam periode panjang.

Atau Anda dapat juga menyemprotkan pengharum spesial mobil ke semua interior mobil Anda supaya lebih gampang terserap.

 

Nah, inilah tips praktis menghilangkan bau apek dan tidak sedap dalam mobil. Mudah-mudahan karenanya ada artikel simpel diatas dapat berguna dan membantu Anda supaya interior mobil Anda tetap harum dan Anda juga makin nyaman berkendara.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *