Tips Praktis Memeriksa Mobil Bekas Yang Pernah Terendam Banjir

  • Whatsapp

Beli mobil bekas memang mesti begitu waspada. Bila tidak dari orang yang begitu kita kenal mengenai mobil yang akan kita beli itu, maka kita telah sepatutnya waspada dengan sejarah mobil itu.

Tampak bagus dan mulus bukanlah berarti mobil itu bebas dari permasalahan. Karena mungkin tampilan mobil di buat untuk sembunyikan suatu hal.

 

Dalam jual mobil bekas, tidak sedikit oknum atau pedagang nakal yang jual mobil yang pernah terendam banjir tetapi tidak menerangkan keadaan sesungguhnya pada calon konsumen.

Mengakibatkan, karena kurang cermat anda mungkin memperoleh mobil dengan tampilan sempurna, tetapi adalah satu diantara mobil yang pernah jadi korban banjir.

Bukannya senang, yang berlangsung jadi anda akan mengatur banyak permasalahan pada mobil itu.

 

Kekurangan membeli mobil bekas

  1. Sejarah mobil kurang jelas

Beli mobil bekas tidak bisa seperti pilih kucing dalam karung. Salah satu diantara yang harus dicek yaitu sejarah atau asal usul mobil.

Apakah mobil itu pernah ikut dan kecelakaan, turun mesin, mogok karena banjir, dsb. Sebagian dealer mobil bekas akan memberikan info ini.

Namun, bila berjumpa dengan penjual yang tidak anda kenal, pastikan anda mengajak rekan, anggota keluarga atau tetangga yang memahami mobil dengan baik.

 

  1. Biaya perawatan berlebih

Beli mobil bekas berarti anda harus rajin merawatnya agar mesin tetap tokcer, terlebih buat mobil yang telah berumur kurang lebih lima tahun.

Tentu tidak ingin kan, mobil mendadak mogok di dalam kemacetan? Perawatan ekstra bermakna biaya yang perlu di keluarkan juga lebih.

Umpamanya saja bila frekuensi servis mobil baru yang disarankan yaitu tiga bulan sekali. Anda mesti membagi dana dan saat buat servis mobil bekas minimum dua bulan sekali.

Terlepas dari semua pertimbangan itu, membeli mobil memang bukan perkara gengsi, ingin bekas atau baru tetaplah untungkan kok, asal disiapkan dengan jeli dan masak.

Cocokkan saja dengan keperluan dan kemampuanmu.

 

Tips Praktis Memeriksa Mobil Bekas Yang Pernah Terendam Banjir

Ciri mobil bekas banjir memang tidak dapat diliat cuma sepintas saja. Anda mesti ingin sedikit ribet untuk lebih cermat supaya tidak memperoleh mobil bekas banjir itu.

Oleh karenanya, di bawah ini tips praktis memeriksa mobil bekas yang pernah terendam banjir. Disimak ya…

 

#1 Cek Kolong, Terutama Tromol Mobil

Mobil yang pernah terendam banjir akan mempunyai cukup banyak karat pada komponen-komponen yang ada di bagian kolong.

Lebih khusus, coba cek bagian tromol. Umumnya, mobil bekas banjir akan memiliki karat yang cukup penting di bagian tromol sampai ke sela-sela.

 

#2 Rasakan Aroma Kabin

Masuklah kedalam kabin mobil bekas yang akan anda beli, lantas rasakan aroma kabin mobil itu. Bila di rasa normal, anda bisa melalui kewaspadaan pada step ini.

Tetapi jia merasa bau apek atau aroma yang sangat lembab, bau lumpur, bisa dicurigai bila mobil pernah terendam banjir sampai ke interior.

Namun anda juga pantas siaga bila kabin malah beraroma harum, tetapi merasa terlalu berlebih dan menyengat.

Mungkin yang memiliki atau penjual berupaya untuk menutupi bau apek kabin dengan pengharum yang berlebihan

#3 Cek Bagian Karpet Mobil

Waktu ada di kabin, jadi check juga masing-masing pojok kabin sampai ke bagian karpet dasar mobil. Bila memang di rasa aman, coba untuk lebih cermat lagi.

Angkat sedikit bagian karpet dan saksikan adakah kotoran, pasir dan noda bekas banjir.

Karena umumnya air yang mengendap sangat lama pasti akan meninggalkan bekas yang tidak tampak dibalik karpet basic.

 

#4 Cek Semua Sistem Kelistrikan

Sinyal mobil bekas terendam banjir pasti bisa diliat dari sistem kelistrikan mobil itu. Mobil yang pernah terendam banjir pasti akan mengalami permasalahan di bagian kelistrikan.

Oleh karena itu, cek semuanya piranti dan fitur elektronik yang ada pada mobil itu dan yakinkan tidak punya masalah.

 

#5 Check Sela-Sela Karet Mobil

Hal yang sering luput untuk disembunyikan dan dicek waktu membeli mobil bekas yaitu bagian karet-karet mobil baik itu karet pintu atau karet bagasi.

Coba memerhatikan bagian karet ini. Janganlah sangsi untuk melepas sedikit dan lihat bagian dalam dari karet itu.

Bila ada bercak putih yang hampir rata, dapat disebutkan bila itu merupakan bekas air dan kemungkinan besar mobil pernah terendam banjir.

 

#6 Harga Mobil Bekas Yang Tidak Wajar

Walau anda telah tertarik dengan mobil bekas yang di tawarkan, namun jangan pernah anda melupakan semuanya langkah kontrol ciri mobil bekas banjir diatas.

Terlebih bila mobil yang di jual di tawarkan dengan harga begitu murah dan termasuk tidak lumrah.

Karena umumnya mobil bekas banjir di jual murah supaya cepat memancing calon konsumen datang.

Mungkin mempunyai tujuan agar si penjual menginginkan mobil itu laris sesegera mungkin dan memindahkan permasalahan mobil itu pada anda sebagai yang memiliki barunya.

 

Itulah tips praktis memeriksa mobil bekas yang pernah terendam banjir yang mungkin saja bisa bermanfaat.

Disamping itu, yakinkan anda juga melakukan pemeriksaaan standard mengenai panduan membeli mobil bekas supaya tetap memperoleh unit mobil bekas dengan keadaan paling baik.

 

Demikian tadi penjelasan artikel tentang tips praktis memeriksa mobil bekas yang pernah terendam banjir.

Semoga bisa menginspirasi anda dalam membeli mobil bekas yang punya riwayat pernah terendam banjir.

 

Jangan lupa isi kolom komentar di bawah ini ya. Terima kasih

 

Salam berkendara aman…

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *