Tips Mudah Memperbaiki Speedometer Mobil dan Motor Yang Rusak

  • Whatsapp

Pada motor atau mobil terdapat komponen yang fungsinya sebagai alat ukur kecepatan. Melihat alat ukur ini juga bisa sebagai patokan kecepatan ekonomis supaya bahan bakar bensin kendaraan tetap efisien.

Salah satu komponen kendaraan yang dapat dilihat dengan jelas adalah speedometer yang berada di bagian paling atas. Di sana terdapat berbagai instrumen atau indikator yang menunjukkan berbagai komponen atau kondisi kendaraan anda, baik pada saat berhenti maupun digunakan. Jenis dan variant speedometer juga beragam, ada yang menjadi satu seperti jenis bebek dan terpisah yang biasa terpasang pada jenis sport.

Jika speedometer kendaraan Anda rusak, bisa saja akan mengalami beberapa hal. Karena di kendaraan Anda tidak ada indikator kecepatan, mungkin saja pengendara akan menggeber gas habis-habisan dan hal ini bisa menyebabkan bensin lebih boros.

Bagi sebagian pemilik kendaraan, terutama mereka yang menggunakan jenis sport, keberadaan speedometer seringkali diabaikan dengan cara melepas dan mengganti dengan kemudi yang tidak dilengkapi speedometer. Ironisnya, kondisi tersebut seolah-olah menjadi trend dan keharusan agar tampak lebih macho, padahal dengan dilepasnya speedometer, pengendara tidak dapat memantau kondisi kendaraan dengan mudah tanpa harus mengganggu keamanan dan kenyamanan berkendaraan.

Buat Anda yang memiliki motor dan speedometernya telah rusak, sebelum Anda memperbaikinya di bengkel, Anda bisa memperbaiki sendiri hanya dengan menggunakan alat sederhana.

 

Prinsip Kerja Speedometer

Alat-alat ukur fisika biasanya antara tipe analog dengan digital memilki prinsip kerja yang sama, hanya saja pada alat digital terdapat alat converter dari analog ke digital. Namun berbeda dengan speedometer, prinsip kerja antara speedometer analog dengan speedometer digitalĀ  sangatlah berbeda. Pada speedometer analog menggunakan prinsip induksi elektromagnetik dan pada speedometer digital dengan menggunakan perhitungan sensor magnetik atau sensor optik. Untuk itu penjelasan mengenai prinsip kerja dari speedometer analog dan digital akan saya pisahkan. Selain itu juga akan dibahas sedikit mengenai alat pengukur kecepatan modern yang menggunakan bantuan satelit yaitu GPS.

Prinsip kerja dari speedometer analog tidaklah berubah dari awal penemuannya sampai sekarang, yaitu dengan menggunakan prinsip induksi elektromagnetik. Perbedaannya dari speedometer pertama yang dibuat oleh Otto Schulze adalah pada penghubungannya dengan poros putar. Speedometer yang dibuat oleh Otto Schulze terhubung pada putaran mesin sedangkan speedometer sekarang umumnya dihubungkan dengan poros roda depan kendaraan. Komponen dan struktur alat serta kinerjanya akan dijelaskan di bawah ini.

Pada poros roda depan suatu kendaraan bermotor dipasang sebuah gear (roda bergigi) yang ikut berputar bersama putaran roda kendaraan. Gear ini terhubung dengan gear kedua yang memutar sebuah kabel baja fleksibel berbentuk persegi yang menghubungkan putaran poros roda ke bagian belakan dari speedometer. Karena kabel ini fleksibel kedudukannya dalam sebuah pembungkus membuat kabel ini mampu berputar dengan kecepatan ekivalen dengan kecepatan putaran roda kendaraan.

Kabel yang berputar tersebut terhubung dengan bagian belakang speedometer. Di sini terdapat sebuah magnet permanen yang dipasang di ujung kabel baja yang berputar. Sehingga ketika kabel berputar, magnet permanen tersebut ikut berputar dengan kecepatan putar yang sama dengan putaran roda kendaraan.

Di bawah ini ada 2 penyebab utama yang sering menyebabkan speedometer rusak dan cara memperbaiki speedometer :

 

1.Kabel speedometer rusak

Yang biasanya terjadi kenapa speedometer tidak berfungsi adalah karena di sebabkan oleh kabel speedometer (KS) yang rusak karena rumah kabel dalam kondisi kotor atau karena putus. Jika ingin tahu apakah bagian ini yang menjadi penyebab speedometer tidak berfungsi, maka Anda bisa membuka dulu kedok lampu pada bagian depan kemudian melepaskan baut pengunci kabel speedometer.

 

Selanjutnya, putarlah roda depan berputar ke arah depan. Apabila ujung KS berputar, berarti KS tersebut dalam kondisi baik-baik saja. Sebaliknya, seandainya kabel tersebut berputar namun tidak lancar, maka bisa dipastikan pada rumah kabelnya berdebu atau berkarat. Untuk mengatasi masalah ini, caranya bisa dengan menyemprotrakan cairan penetran.

 

Namun, kalau ujung KS tidak berputar, bisa dipastikan bahwa KS sudah putus. Kalau ini masalahnya, solusinya tidak ada cara lain selain mengganti KS di bengkel.

 

2.Masalah pada gearbox

Masalah lain yang juga sering menyebabkan speedometer tidak berfungsi biasanya terletak pada gearbox. Jika ingin mengetahuinya, coba lepaskanlah KS bagian bawah dengan memakai tang biasa. Selanjutnya, putar roda dan lihatlah apakah tuas gearbox yang tersambung pada KS berputar atau tidak.

 

Jika tidak berputar, bisa dipastikan memang masalahnya ada di bagian tersebut. Cara memperbaikinya adalah, coba lepas dulu roda depan, kemudian membuka kancing rumah gigi gear nanas dengan menggunakan tang snap ring.

 

Jika dalam keadaan kotor, coba bersihkanl dengan menggukana cairan antikarat. Kalau sudah bersih, Anda bisa melumuri gigi gear nanas menggunakan grease. Selanjutnya, silahkan pasang kembali setelah semua proses ini dilakukan.

 

Bisa dibayangkan jika speedometer dilepas dan kendaran digeber ditengah lalu-lintas yang padat, tanpa sadar kecepatan ternyata melebihi batas maksimal yang sudah ditentukan, jadi jangan salah jika sewaktu-waktu biker akan berhadapan dengan petugas lalu-lintas akibat melanggar batas kecepatan maksimal.

Selain itu, pada saat berkendaraan jarak jauh tanpa dilengkapi speedometer, pengendara tidak bisa mengetahui berapa sisa bahan bakar yang ada pada kendaraan, salah-salah di tengah jalan kehabisan bahan bakar, sementara SPBU jauh dari lokasi, tentu kondisi tersebut sangat mengganggu dan merepotkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *