Tips Merawat Dan Membersihkan Kaca Film Mobil Dengan Benar

  • Whatsapp

Kaca mobil adalah salah satu bagian komponen mobil yang sebenarnya mempunyai fungsi yang utama untuk kenyamanan dan keamanan pengendara, tetapi kaca mobil ini seringkali kurang memperoleh perhatian dalam perawatan yang ideal.

Beberapa jenis kaca mobil yang sering dipakai adalah Temperred Glass (Temperlite) dan Laminated Glass (Lamisafe). Nah kaca film (Polyvinyl Butiral Film/PVB) termasuk juga pada jenis yang kedua.

Beberapa jenis kaca tersebut mempunyai manfaat masing-masing, seperti menahan panas dari cahaya ultraviolet sampai 96%. Membersihkan kaca mobil pun juga tidak bisa asal-asalan.

Bila anda salah merawatnya, kaca mobil bisa jadi berminyak, berembun, tergores, serta buram sehingga bisa mengganggu pandangan anda pada waktu berkendara. Sekarang ini kami menyediakan artikel untuk memberikan pemahaman tentang tips merawat dan membersihkan kaca film mobil dengan benar agar terhindar dari goresan, noda, debu, kotoran, yang pada akhirnya bisa membuat kaca mobil menjadi buram.

 

Kami yain belum semua orang yang memiliki mobil mengetahui cara membersihkan kaca mobil dengan benar. Beberapa permasalahan sederhana yang muncul hal yang bisa mengakibatkan kerusakan kaca mobil adalah noda air hujan yang dibiarkan dan tidak segera dibersihkan. Air hujan ditengarai mempunyai kandungan asam yang bisa mengakibatkan kerusakan kaca film. Selain itu, membiarkan cairan pembersih kaca yang sisa lalu lama-lama menjadi kering itu juga dapat berpotensi mengakibatkan kerusakan komposisi kaca. Goresan pada kaca mobil juga sering terjadi karena saat kita menjalankan wiper dalam keadaan kaca kering, berdebu, dan berpasir. Hal ini sangat penting untuk dijadikan pengetahuan agar kaca film mobil Anda terhindar dari resiko berembun, buram, kusam, maupun tergores. Simak tips merawat dan membersihkan kaca film mobil dengan benar di bawah ini.

 

Tips Merawat Dan Membersihkan Kaca Film Mobil Dengan Benar

Tips merawat dan membersihkan kaca film mobil dengan benar yang pertama, waktu musim kemarau, kondisi jalanan cenderung kering dan berdebu. Nah seringkali debu kering ini melekat pada kaca mobil Anda. Cara membersihkannya adalah dengan memakai kemoceng bulu ayam. Lalu dilanjutkan dengan mengelap kaca memakai kain lap kering memiliki tekstur lembut.

 

Tips merawat dan membersihkan kaca film mobil dengan benar yang kedua, waktu musim penghujan tiba, seringkali kita mesti berpergian ditengah guyuran air hujan. Nah, cara membersihkannya yakni sesudah hujan reda, sesegera mungkin menyiram dan membasuh kaca mobil Anda dengan air bersih untuk menghilangkan akibat dari air hujan yang dikuatirkan memiliki kandungan asam. Bila sudah semua, Anda bisa mengelap permukaan kaca sampai benar-benar kering.

Tips merawat dan membersihkan kaca film mobil dengan benar yang ketiga, waktu musim penghujan, kondisi jalanan biasanya menjadi basah dan berbelok-belok. Oleh karena itu, seringkali ada tanah basah yang melekat pada kaca mobil. Hal ini dikarenakan adanya percikan air tanah dari kendaraan yang melintas di depan atau samping mobil kita. Cara membersihkannya adalah dengan menyiramkan air bersih secukupnya, lalu dilanjutkan dengan mengelapnya dengan kain lembut sampai benar-benar kering.

 

Tips merawat dan membersihkan kaca film mobil dengan benar yang keempat, jangan memakai bahan kimia ataupun alkohol untuk membersihkan kaca mobil. Kedua jenis cairan tersebut bisa mengurangi fungsi dari peredam panas cahaya matahari dan juga dapat mengakibatkan kerusakan komposisi kaca dan membuat kaca menjadi buram.

 

Tips merawat dan membersihkan kaca film mobil dengan benar yang kelima, saat anda menjumpai ada kotoran atau noda yang melekat pada kaca mobil Anda, segera usap kotoran itu dengan lap. Nah, caranya dengan mengelap kaca mobil dengan gerakan satu arah. Gerakan memutar saat membersihkan kaca bisa membuat kaca menjadi mudah tergores.

 

Cara Merawat Kaca Film Mobil Agar Awet, Tidak Kusam, Buram, Dan Tergores

Cara merawat kaca film mobil yang pertama adalah perhatikan keadaan wiper. Kaca mobil terutama sisi depan dan belakang sangat erat hubungan dengan wiper. Cek keadaan wiper secara teratur. Keadaan wiper yang kurang baik bisa membuat kaca menjadi tergores. Tanda-tanda karet wiper yang harus diganti adalah karet sudah tidak lentur, karet terlihat pecah-pecah, lalu saat dioperasikan wiper tidak menyapu air dengan optimal. Untuk melindungi wiper tetap dalam keadaan yang baik, sebaiknya angkat lengan wiper saat mobil diparkir di luar ruangan dalam waktu yang lama (berhari-hari sampai berbulan-bulan).

 

Cara merawat kaca film mobil memang erat hubungannya dengan keadaan wiper. Pastikan tangki cairan wiper selalu terisi air. Jangan sampai menjalankan wiper saat kaca dalam keadaan kering, terlebih lagi bila kaca mobil dalam kondisi kotor dan berdebu karena bisa menyebabkan goresan halus pada permukaan kaca film mobil Anda.

 

Cara merawat kaca film mobil yang kedua yakni sebaiknya jauhi pemakaian cairan yang mengandung bahan kimia untuk membersihkan kaca film mobil Anda. Tetapi bila Anda tetap menginginkan untuk memakainya, pilihlan cairan pembersih kaca mobil dengan pH normal (7) sehingga tidak mengakibatkan kerusakan pada komposisi kaca. Pastikan anda memilih cairan pembersih kaca film yang berkualitas baik dan jangan lupa membaca terlebih dulu panduan penggunaannya.

 

Cara merawat kaca film mobil yang ketiga adalah apabila anda memakai cairan concentrate untuk membersihkan kaca, pastikan semua sisa cairan pembersih itu dilap sampai bersih. Jangan pernah anda meninggalkan sisa cairan itu sampai kering. Hal ini bisa menyebabkan komposisi kaca menjadi rusak sehingga membuat kaca menjadi kusam dan buram.

 

Cara merawat kaca film mobil yang keempat yakni dengan memperhatikan kotoran yang ada pada sela-sela karet jendela mobil Anda. Bila yang masuk kedalam sela-sela yaitu butiran pasir kecil, maka kaca film mobil Anda punya potensi tergores.

 

Cara merawat kaca film mobil yang kelima adalah pada saat hujan, seringkali bagian dalam kaca menjadi berembun. Nah, cara merawat kaca film agar awet di sini adalah dengan mengelap embun sampai benar-benar kering sebelum anda meninggalkan mobil. Embun yang dibiarkan melekat di bagian dalam kaca film mobil bisa mengakibatkan munculnya jamur pada kaca.

 

Nah, demikian penjelasan lengkap terkait artikel tentang tips merawat dan membersihkan kaca film mobil dengan benar. Usahakan secara teratur bersihkan kaca mobil setiap hari agar noda, debu, ataupun kotoran tidak sampai menumpuk dan melekat sangat lama pada permukaan kaca. Semoga bermanfaat.

 

Salam berkendara aman…

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *