Tips Membersihkan Kaca Lampu Mobil Yang Kusam, Kuning, dan Buram

  • Whatsapp

Bagi yang telah mempunyai mobil kurang lebih 5 tahuun, mungkin telah mengalami hal sperti ini.

Bersamaan dengan menambahnya umur mobil, pasti ada beberapa bagian mobil yang dulunya tampak bersih dan mengkilap, saat ini mungkin sudah menjadi kusam.

Salah satu diantara bagian itu yaitu lensa kaca lampu depan mobil (headlamp). Permasalahan yang sering diperolah pada mobil adalah kaca lampu depan yang telah menjadi kuning maupun kaca lampu mobil yang tampak kusam serta kotor.

Kaca lampu mobil bisa menjadi kuning atau buram sesungguhnya bisa dibersihkan sendiri dirumah asal tahu caranya.

Nah, bagaimana tips membersihkan kaca lampu mobil yang kusam, kuning dan buram? Simak tulisan berikut ini sehingga anda bisa menemukan jawabannya…

 

Penyebabnya Lampu kaca mobil kusam dan buram

Penyebab utamanya yaitu umur pemakaian. Walau demikian ada pula yang karena kepanasan atau sering tersorot cahaya lampu dari dalam.

Penyebab yang lain yaitu akibat terkena panas dari cahaya lampu. Disamping itu, dapat juga karena sering kehujanan dan tidak segera dibersihkan saat hujan reda.

Bercak noda pada kaca lampu mobil mengakibatkan pernis kaca tertutup/hilang dan menjadikan kaca lampu mobil buram atau berwarna kuning kusam.

Sebenarnya butuh waktu beberapa lama untuk suatu kaca menjadi buram atau kusam. Bisa sampai kurun waktu lebih dari 5 tahun. Tapi perlu diingat bahwa kaca lampu mobil bisa menjadi buram dan kusam sebuah kepastian dan mesti terjadi.

Hal yang perlu dilakukan untuk melindungi kaca lampu mobil agar tetap bening itu perlu ketelatenan.

Anda juga harus pandai dalam menjaganya tetap bening karena dengan begitu dapat memperpanjang usia kebeningan kaca mobil.

Disamping itu, kebeningan kaca lampu mobil dipengaruhi juga dengan memakai lampu daya watt yang sesuai dengan bawaan pabrikan.

Berhati-hatilah apabila dalam mengganti lampu mobil dengan yang bukan suku cadang yang asli karena cahaya lampu mobil yang bukan merupakan bawaan pabrikan dapat pula menyebabkan kaca dan reflektor lampu cepat panas dan cepat menguning.

Supaya kaca mobil bisa kembali jernih dan bersih, maka anda membutuh tindakan tips membersihkan kaca lampu mobil yang kusam, kuning, dan buram di bawah ini dengan benar. Baiklah, anda sudah siap untuk segera membersihkan lampu mobil Anda yang kekuningan dan buram? Yuk disimak bersama…

 

Tips Membersihkan Kaca Lampu Mobil Yang Kusam, Kuning, Dan Buram

 

#1 tips membersihkan kaca lampu mobil yang kusam, kuning, dan buram – Memulai. Pada langkah ini, Anda sebaiknya mengetahui benar persoalan mengapa lampu depan mobil Anda jadi berwarna kekuningan maupun buram.

Apakah karena debu dan kotoran? Atau karena ada goresan? Atau akibat dari sistem oksidasi sehingga kaca lampu mobil menjadi berkabut, kusam, buram, serta dan jernih?

Untuk mengetahui penyebab lampu depan berwarna kekuningan, segera bersihkan lampu mobil anda dengan cara mencucinya terlebih dulu.

Pakailah air hangat, shampo atau sabun sebagai bahan pembersih khusus untuk membersihkan lampu mobil.

Kemudian keringkan sampai benar-benar kering dengan memakai kain lap yang memiliki tekstur lembut maupun kain mikrofiber.

 

#2 tips membersihkan kaca lampu mobil yang kusam, kuning, dan buram – Mengamplas. Setelah dibersihkan, mulailah untuk mengamplas lampu mobil Anda. Pakai amplas nomer 1500 atau 2000. Bersihkan kembali lampu mobil Anda dengan air dan alkohol lalu basuh hingga bersih.

Kemudian basahi amplas, dan mulai mengamplas dengan memakai amplas yang memiliki tekstur lebih kasar. Selanjutnya berganti dengan memakai amplas yang lebih halus.

Lakukanlah sampai kaca tampak cukup bersih. Untuk menghindari  tergores amplas, Anda bisa menutupi daerah sekitar lampu dengan kain. Atau anda dapat juga melepas plastik lampu mobil Anda untuk dibersihkan.

 

#3 tips membersihkan kaca lampu mobil yang kusam, kuning, dan buram – Mulai dibersihkan. Bahannya yaitu anda bisa memakai kompon ataupun pasta gigi.

Kasihkan secara merata salah satu bahan itu pada lampu mobil Anda yang mulai menguning dan buram.

Pastikan Anda memoleskannya secara merata, bisa memakai tangan, yang paling penting poleslah di bagian lampu yang tampak kuning, buram, dan kusam. Kemudian, pakai kanebo maupun kain mikrofiber untuk membersihkan lampu baik dari kompon ataupun dari pasta gigi.

Setelah diusap lap, anda bisa membilasnya dengan air bersih lalu keringkan sampai kering seutuhnya.

 

#4 tips membersihkan kaca lampu mobil yang kusam, kuning, dan buram  – Periksa. Setelah langkah ketiga sudah anda kerjakan, saat ini waktunya memeriksa keadaan kaca lampu depan mobil Anda.

Perhatikan baik-baik, pastikan semua kotoran dan noda kuning sudah bersih dari kaca mobil Anda.

Anda dapat juga mengeceknya lewat cara menyalakan lampu depan mobil Anda dan mengatur arah sorotannya, contoh ke dinding garasi maupun ke permukaan datar yang lain.

Bila masih kurang puas, anda bisa mengulangi langkah ketiga sampai 2-3 kali.

 

Demikian penjelasan tips membersihkan kaca lampu mobil yang kusam, kuning, dan buram. Mudah-mudahan artikel ini berguna bagi anda dan semoga lampu mobil Anda tetap menyala dengan jernih walau sudah berumur bertahun-tahun. Terima kasih

 

Salam berkendara aman…

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *