Tips Dan Cara Mengemudi Mobil Matic Honda Jazz RS Dengan Baik

  • Whatsapp

Dalam mengendarai mobil atau roda empat itu dari segi keseimbangan tidak terlalu di perlukan, berbeda dengan roda dua. Cara mengendarai mobil dan motor itu sangat berbeda karena mengendarai mobil itu lebih besar yang kita kendalikan jadi perlu latihan yang khusus dan harus di perhatikan.

 

Cara mengendarai yang akan kita bahas kali ini Honda jazz RS, di Indonesia mobil ini sudah mengalami pemasaran yang banyak. Dan transmisi mobil ini menggunakan transmisi otomatis. Atau banyak orang yang menyebutkannya mobil metic. Kelebihan mobil metic ini seperti memberikan kemudahan dalam mengendarainya di banding mobil transmisi manual.

 

Oleh Honda mengembangkan fitur transmisi ini bertujuan agar para pengguna dapat merasakan kenyamanan yang lebih apalagi saat kondisi jalan macet atau jalan yang menanjak dan anda sedang menggunakan sistem transmisi manual, gimana rasa capeknya?. Dengan di berikannya kemudahan maka akan dapat meningkatkan daya konsentrasi dan secara tidak langsung mengurangi angka kecelakaan.

 

Di Indonesia para kaum hawa lebih memilih mobil jenis ini karena tidak ribet dalam pemindahan transmisi, dan juga kalau dalam keadaan jalan macet ini sangat di mudahkan. Jika memag anda sudah mahir dalam engandarai mobil manual, maka jika ingin mengandarai yang jenis otomatis akan lebih mudah. Hanya saja anda perlu beradaptasi atau mengenali dulu cara kerja mobil metic.

Kalau saja memang anda belum mahir mobil manual, dan anda langsung ingin belajar megemudi mobil otomatis. Nah, inilah yang akan kita bahas kali ini yaitu tips dan cara mengemudi mobil metic hoda jazz RS. Tapi sebelum memulai untuk mengendarai mobil, hal penting yang harus anda ketahui tentang huruf huruf pada tuas transmisi dan perlu diketahui juga fungsinya.

 

  • [P] Park yaitu digunakan untuk posisi parker. Meskipun mobil baru sekarang sudah bayak yang dilengkapi dengan hand break, tetapi saya beri saran agar tetap memakainya ketika anda akan berhenti lama atau sedang parkir. Agar transmisi anda lebih tahan lama dan tidak mengaami kerusakan. Sistem Ini digunakan untuk mengunci roda agar tidak berjalan sendiri maju maupun mundur.
  • [R] Reverse digunakan untuk ketika mobil anda mudur. Jadi jika ingin atret atau mudur menggunakan reverse ini. Mungkin dari anda sudah ada yang mengetahui ini.
  • [N] Neutral adalah dimana sistem transmisi anda dalam keadaan bebas. Kalau istilahya ketika anda mengegasnya mobil tidak akan bergerak. Maka pada posisi ini roda tidak terkunci.
  • [D] Pada posisi D ini berarti mobil anda dapat di jalankan. Posisi ini di gunakan ketika jalan dalam keadaan datar bukan dalam keadaan menanjak. Karena ini sistem transmisi otomatis anda tidak perlu melakukan pemindahan gigi, maka perpindahan kecepatan secara otomatis.
  • [2] Pada posisi ini maksudnya sebagai second gear. Ini sebenarnya sistemnya sama dengan yang D, tapi yang membedakannya ini digunakan khusus untuk pada posisi jalan yang menanjak. Atau juga pada jalanan yang menurun terjal.
  • [L] Low ini dapat kita artikan palaing rendah. Maksudnya posisi transmisi dalam keadaan yang paling rendah. Jadi posisi ini cocok digunakan untuk menarik mobil lain, maka akan lebih mudah dan ringan. Anda juga bisa gunakan untuk ketika mengangkat beban pada jalan yang menanjak.

 

Itu tadi huruf huruf dan fungsinya pada tuas transmisi mobil metic yang perlu anda ketahui karena itu sangat penting dalam seseorang akan belajar mengendarai mobil metic. Oh ya ini ada hal penting juga dan anda harus perhatikan adalah

 

  1. Saat ketika ingin memindahkan tuas jangan lupa untuk menekan tombol pada tuas. Jika anda tidak menekan tombol tersebut maka tidak bisa melakukan pemindahan.
  2. Anda harus menghafalkan urutan dan posisi tuas, karena ketika anda mengemudi anda tidak bolak balik melihat tuas tersebut, dan anda malah tidak memandang ke depan. Kalau sudah hafal sehingga anda dapat memfokuskan diri ke depan. Hal ini sangat penting di lakukan.
  3. Sebelm anda memindah tuas, injaklah rem terlebih dahulu. Karena mobil akan tetap berjalan saat anda tidak mengijak gas sekalipun. Utamakan ketika pada posisi D-2-L-R.

 

Berikutnya setelah kita tadi menyimak beberapa hal penting, saatnya kita melakukan pengoprasiannya yaitu:

 

  1. Yang pertama, pastikan anda dalam duduk yang nyaman, memegang stir yang pas, dan kaki leluasa untuk pada posisi menginjak rem dan pedal gas.
  2. Selanjutnya pastikan kaki anda sudah menginjak rem dan posisi tuas pada N agar dapat di starter. Pandangan harus konsentrasi ke depan tapi anda jangan terlalu tegang.
  3. Saat anda mengijak rem jangan anda lepaskan tetap anda injak, lalu lakukan pemindahan tuas sesuai yang anda inginkan (D/2/L/R).
  4. Saat posisi tuas sudah sesuai keinginan anda, maka yang harus anda lakukan selanjutnya yaitu melepaskan secara perlahan rem yang anda injak, maka mobil yang anda kendarai akan berjalan sedikit demi sedikit. Tanpa anda melakukan penginjakan gas. Dan kendalikan stir sesuai keinginan anda.
  5. Kalau anda ingin menambah kecepatan gas, anda bisa menginjak gas secara perlahan. Maka kecepatan akan bertambah sedikit demi sedikit. Anda tidak melakukan pemindahan lagi karena secara otomatis dengan bertambahnya kecepatan mobil.

Demikianlah tips dan cara mengemudi mobil metic Honda jazz RS dengan baik dan benar. Semoga artikel tadi dapat membantu anda dalam belajar mengendarai mobil dengan sistem otomatis. Dan tidak ada kendala dalam pengendaraan yang anda lakukan. Sekian dan terima kasih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *