Tips Cara Merawat Dan Membersihkan Karet Kaca Mobil Yang Benar

  • Whatsapp

Karet yang ada pada mobil baik itu di bagian pintu mobil atau sisi yang lain itu memanglah mempunyai fungsi yang banyak.

Hal ini dikarenakan ada karet ini dapat menahan air untuk masuk dalam mobil saat hujan turun deras.

Jika karet-karet ini tidak anda rawat dengan baik tentunya akan membuat karet ini berubah menjadi keras dan tidak elastis lagi yang membuat mobil anda dapat bocor.

Atau mungkin saja dapat pula karet-karet yang ada pada mobil anda menjadi sobek bila anda biarkan bertahun-tahun

Menjaga mobil tidak cuma memperhatikan sisi eksterior yang tampak seperti body dan cat.

Komponen kecil seperti karet kaca juga adalah komponen utama yang perlu dirawat dan dijaga kebersihannya.

Karet kaca mobil mungkin bisa menjadi kotor dan getas. Hal semacam ini karena aspek lingkungan dan cuaca.

Panas matahari dan hujan bisa membuat karet kaca mobil menjadi lebih cepat rusak.

Beberapa orang yang memiliki kendaraan sering kali mengambil jalan pintas saat lihat karet kaca mobil mereka kotor atau kering.

Biasanya, mereka akan menghitamkan kembali karet kaca mobil itu dengan semir ban karet.

Walau sebenarnya kurun waktu dekat, cairan semir itu malah akan membuat karet kaca memutih dan lebih cepat kering.

Penyebab Karet Mobil Aus/Rusak/Getas

Karet mobil dapat getas/mengeras dikarenakan banyak hal, diantaranya :

  1. Aspek umur. Semakin lama umurnya maka karet akan semakin menua/getas kehilangan elastisitasnya. Hal semacam ini berkaitan dengan reaksi oksidatif (reaksi dengan oksigen)
  2. Karena sering terkena cahaya matahari langsung maka karet akan cepat getas bila sering terserang cahaya matahari langsung. Cahaya ultraviolet mengakibatkan kerusakan susunan molekul dari karet tersebut
  3. Kotoran seperti debu/pasir/lumpur yang menempel dapat juga mempercepat getasnya karet
  4. Air yang terus menerus dipermukaan karet juga akan menjadi penyebab karet mobil rusak

 

Tips Cara Merawat Dan Membersihkan Karet Kaca Mobil Yang Benar

Untuk membersihkan karet kaca mobil, inilah tips cara merawat dan membersihkan karet kaca mobil yang benar yang dapat anda coba.

Membersihkan karet kaca baiknya dikerjakan sesudah anda usai membersihkan dan mengeringkan mobil.

Untuk karet dengan sudut yang luas, seperti kaca depan dan kaca belakang, anda bisa memakai kuas untuk membersihkan debu dan kotoran.

Setelah itu pakai lap dengan cairan bersilikon untuk mengelap permukaan karet dengan cara perlahan-lahan.

Di bagian sudut karet yang susah dijangkau, pakai cotton bud untuk memoleskan cairan pembersih bersilikon. Terlebih dulu pasti pakai kuas untuk menyingkirkan debu-debu yang melekat.

Kaca sisi dalam, terutama kaca jendela, mesti ekstra hati-hati karena kotoran dan debu bisa membuat kaca menjadi seret.

Yakinkan debu dan kotoran betul-betul hilang waktu anda membersihkan dengan kuas. Kemudian, barulah anda mengelap dengan cairan silikon.

Sesudah semuanya karet kaca bersih, kembali semprotkan cairan silikon spesial karet kaca dengan cara bertahap pada semuanya sisi.

Biarlah meresap baru lalu anda membersihkan cairan yang meluber.

 

Tips Agar Karet Kaca Mobil Awet Dan Tahan Lama

Karet mobil memang baiknya sejak dari awal memperoleh perawatan yang periodik supaya awet.

Walau demikian umumnya yang memiliki mobil mengacuhkan karena kurang tahu bagaimana caranya menjaga karet mobil itu.

Nah bila karet telah rusak seperti yang dijelaskan di atas (mengeras/pecah-pecah dan sobek) maka penggemar otomotif tidak miliki alternatif lain kecuali mesti ganti karet yang rusak itu dengan karet yang baru (bawa ke bangkel resmi/perawatan mobil).

Nah bila telah diganti penggemar otomotif dapat menjaga dengan senantiasa melindungi kebersihannya dan menghindari cahaya matahari langsung.

Langkah membersihkan karet mobil sesungguhnya gampang dan tidak sesulit yang dipikirkan.

Berbekal kain lap basah dan kering, kuas halus, cairan pembersih karet bersilikon (silicon rubber), dan lain-lain. Bila dibutuhkan (seperti cutton bud atau tisue, dan lain sebagainya).

Nah untuk bahan cairan pembersih karet bersilikon ini dapat penggemar otomotif peroleh di bengkel perawatan mobil (car care) di kota masing-masing.

 

  1. Membersihkan mobil dengan mencucinya, dan keringkan
  2. Membersihkan dengan cara khusus sisi permukaan karet dengan kuas dan lap supaya debu hilang (karet tampak bersih tanpa ada debu/noda kotoran yang melekat)
  3. Semprotkan cairan pembersih karet ke semua permukaan karet dengan cara rata, atau dapat juga menyemprotkan ke kain/spons lalu mengelapnya ke karet hingga merata
  4. Untuk tempat yang tersembunyi (beberapa sudut karet) yang tidak terjangkau kain/spons pakai cutton bud untuk memoleskan cairan pembersih karet pada tempat susah tersebut
  5. Tunggulah sesaat (biarlah) supaya cairan itu meresap dalam karet
  6. Sesudah melewati langkah kelima sesungguhnya penggemar otomotif sudah selesai merawat karet mobil karena cairan pembersih karet mobil dengan silicon ini manfaatnya yaitu melembabkan karet dan melicinkan (menjaga karet).

Cairan pembersih karet ini mempunyai kekuatan masuk kedalam pori-pori karet untuk menjaga karet (tidak cuma di permukaan saja)

Catatan : Jangan menggunakan oli atau cairan yang lain yang datang dari minyak bumi untuk membersihkan/melicinkan/menjaga karet.

Hal ini dikarenakan cairan-cairan itu bisa mengakibatkan kerusakan karet hingga karet menjadi ngembung/mengembang dan bila telah begini harus diganti (karena alami rusaknya fisik, sama dengan sobek dan bolong).

 

Demikian tadi penjelasan artikel tentang tips cara merawat dan membersihkan karet kaca mobil yang benar. Semoga menginspirasi.

 

Salam berkendara aman…

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *