Tips Cara Menghilangkan Goresan Pada Bodi Mobil Dengan Mudah

  • Whatsapp

Bagi orang yang memiliki mobil, goresan yang ada pada bodi mobil pasti akan mengganggu keindahan eksterior mobil Anda. Terlebih lagi, apabila goresan pada bodi mobil itu terjadi pada mobil yang masih baru.

Goresan pada bodi mobil bisa dikarenakan oleh banyak hal, seperti terkena ranting tanaman atau pohon-pohon, tangan-tangan usil, goresan karena menggunakan lap yang kasar, terkena kerikil dalam perjalanan dan lain-lain.

Selain hal itu, biasanya sisi bodi sekitar handle pintu juga sering menjadi sasaran goresan kuku tanpa sepengetahuan kita.

Menghilangkan goresan pada bodi mobil sebenarnya susah-susah gampang, tetapi bila kita tahu bagaimana caranya menghilangkan goresan pada bodi mobil dengan benar, pasti kita bisa melakukannya sendiri tanpa mengeluarkan uang tambahan untuk membayar pelayanan profesional.

Ingin tahu seperti apa caranya? Simak artikel tips cara menghilangkan goresan pada bodi mobil dengan mudah dibawah ini ya.

Sebelum kita masuk pada tips cara menghilangkan goresan pada bodi mobil dengan mudah, sebaiknya saat ini kita mengetahui beberapa jenis goresan tersebut. Hal ini diketahui karena setiap gorensan mempunyai cara perlakuan yang tidak sama. Beberapa jenis goresan pada bodi mobil, diantaranya sebagai berikut :

 

Jenis-jenis Goresan pada Mobil

Goresan ringan, yakni goresan yang tidak melukai susunan bodi. Umpamanya goresan pada bodi mobil yang disebabkan karena terkena kuku maupun terkena susunan lap yang sedikit kasar.

Cara menghilangkan goresan di bodi mobil seperti ini cukup hanya memakai produk pemoles (wax, compound, swril remover, ataupun stratch remover) yang dioles-oleskan atau disemprotkan pada kain memiliki tekstur lembut (bisa memakai kain mikrofiber), lalu gosokan berkali-kali pada area bodi mobil yang tergores.

Kemudian sempurnakan dengan menyemprotkan cairan polish supaya permukaan bodi mobil kembali bersih dan bersinar.

Goresan sedang, yakni goresan yang sudah mengenai dasar bodi mobil. Biasanya hal ini terjadi karena adanya tangan-tangan usil, tergores kawat, maupun tergores ranting dahan pohon.

Cara menghilangkan goresan pada bodi mobil yakni dengan membersihkan permukaan yang tergores memakai grease remover dan wax.

Kemudian Anda bisa lakukan pengebodian ulang pada bodi mobil Anda yang tergores.

 

Goresan dalam, yakni jenis goresan yang sudah menembus susunan dasarnbodi dan mengenai logam bodi mobil. Biasanya tidak adacara yang lain selain mengebodinya ulang kembali.

Cara menghilangkan goresan pada bodi mobil untuk jenis goresan ini adalah dengan mengamplasnya beberapa kali lalu semprotkan bodi mobil yang telah digabung dengan thinner berkwalitas.

Bila anda mengalami kesulitan, jangan ragu untuk segera mendatangi bengkel bodi mobil terdekat di daerah Anda.

Nah, itulah beberapa jenis goresan yang seringkali kita temui pada bodi mobil. Untuk lebih detilnya, kami akan membahas tips cara menghilangkan goresan pada bodi mobil dengan mudah dengan cara mendetail. Cara yang akan kami ulas pada kesempatan ini yakni untuk menangani goresan bodi mobil yang tidak terlalu dalam atau termasuk goresan sedang. Di bawah ini tips cara menghilangkan goresan pada bodi mobil dengan mudah, diantaranya sebagai berikut :

Tips Cara Menghilangkan Goresan Pada Bodi Mobil Dengan Mudah

Bersihkan bodi mobil tepat di bagian dimana ada goresan untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada bodi mobil. Untuk memperoleh hasil yang optimal, Anda bisa membersihkan bodi mobil yang tergores dengan air.

Cara menghilangkan goresan pada bodi mobil yang kedua, yakni setelah dicuci bersih, keringkan sisi bodi mobil yang tergores memakai lap memiliki bahan chamois sampai sisi bodi mobil betul-betul kering.

 

Oleskanlah produk pembasmi goresan pada bodi mobil yang bisa anda jumpai dipasaran. Pilihlah produk yang terkenal yang tentunya mempunyai kualitas baik.

Produk menghilang goresan pada bodi mobil bisa menyamarkan goresan pada mobil Anda. Dan jangan lupa untuk membaca panduan penggunaannya dengan cermat.

Anda juga bisa memakai kompon (compound). Tetapi ingat, untuk menerapkan kompon hanya sekedarnya saja.

Kompon bisa menyamarkan goresan pada permukaan bodi mobil dengan cara kerja mengikis susunan bodi mobil Anda.

Oleh karena itu, bila Anda terlalu banyak memakai kompon, jadi susunan bodi mobil Anda akan semakin tipis. Kompon bisa dibeli ditoko-toko bangunan atau toko aksesoris mobil dan motor.

 

Penerapan produk pembasmi goresan atau kompon dengan memakai kain lap memiliki tekstur lembut. Pastikan kain itu bersih dan yakinkan juga tidak ada pasir atau partikel keras tajam yang ada pada kain lap. Hal seperti ini untuk menghindari munculnya goresan-goresan baru pada bodi mobil Anda.

 

Jika goresan pada mobil anda mulai tersamarkan dan menghilang, anda bisa meneruskan ke langkah finishing, yakni memoleskan cairan atau gel pengkilap bodi mobil supaya sisi bodi mobil kembali mengkilap.

Tetapi bila ternyata masih terlihat sedikit sisa goresan yang tersisa, anda bisa mengulangi langkah dengan menggosok-gosok kembali dengan produk pembasmi goresan maupun kompon sampai goresan benar-benar menghilang.

 

Demikian artikel tentang tips cara menghilangkan goresan pada bodi mobil dengan mudah. Langkah diatas bisa diterapkan sendiri oleh anda untuk menghemat biaya.

Semoga artikel ini membantu anda menangani goresan-goresan pada bodi mobil kesayangan anda.

 

Salam berkendara aman…

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *