Tips Cara Membersihkan Karpet Mobil Sendiri Dengan Langkah Mudah

  • Whatsapp

Karpet mobil pada umumnya sangat mudah kotor pada musim penghujan. Hal seperti ini dikarenakan alas kaki penumpang yang keluar masuk mobil seringkali membawa kotoran dan noda lumpur.

Apabila sudah kotor seperti itu, pasti suasana di dalam mobil jadi kurang nyaman kan? Terlebih lagi karpet mobil juga menjadi basah sehingga udara di dalam mobil menjadi lembab.

Oleh karena itu, kami hadirkan artikel yang membahas tentang cara membersihkan karpet mobil sendiri dengan langkah mudah. Artikel ini kami tujukan kepada anda dalam membersihkan karpet mobil pada saat musim hujan tiba.

Ingin mengetahui tips cara membersihkan karpet mobil sendiri dengan langkah mudah? Yuk baca artikel ini sampai selesai.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, biasanya karpet mobil terbuat dari bahan karet elastis.

Tetapi banyak juga mobil yang memakai bahan dasar kain maupun bahan berbulu halus untuk dipakai sebagai karpet alas mobil.

Masing-masing bahan dasar itu pasti mempunyai cara yang berbeda dalam membersihkannya.

Sesungguhnya manfaat karpet mobil ini tidak cuma untuk alas kaki penumpang mobil, tapi juga untuk menambah suasana yang nyaman saat berkendara.

Fungsi keberadaan karpet mobil

Ada beberapa manfaat dari karpet mobil ini, diantaranya yaitu untuk menyerap air di dalam ruangan mobil, air ini dapat datang dari air hujan, air minum yang tumpah, maupun air tetesan AC yang bocor.

Disamping itu, karpet mobil juga berfungsi untuk menyerap udara lembab dan udara berdebu.

Nah, itulah beberapa manfaat karpet mobil jadi jika kita meremehkan fungsi karpet mobil, suasana nyaman dan keindahan dalam mobil akan terganggu.

Oleh karena itu, penting untuk kita selalu melindungi kebersihan karpet didalam mobil kita. Oh iya, karpet mobil juga semestinya secara teratur dibersihkan karena bila Anda membiarkan kotoran pada karpet dalam kurun waktu yang lama, maka karpet akan semakin susah untuk dibersihkan.

 

Nah setelah kita tahu beberapa jenis karpet dan manfaat dari karpet, yuk segera kita menyimak tips cara membersihkan karpet mobil sendiri dengan langkah mudah.

 

Tips Cara Membersihkan Karpet Mobil Sendiri Dengan Langkah Mudah

Tips cara membersihkan karpet mobil sendiri dengan langkah mudah yakni mengeluarkan karpet dari dalam mobil, sebelum anda berusaha untuk membersihkannya.

Supaya hasil yang anda peroleh bisa optimal, sebaiknya lepaskan semuanya karpet yang ada di dalam mobil lalu cuci di tempat terbuka.

 

Tips cara membersihkan karpet mobil sendiri dengan langkah mudah yang kedua adalah dengan membasahi permukaan karpet terlebih dulu dan biarkan sebentar.

Maksud membasahi permukaan karpet mobil adalah supaya kotoran yang sudah kering dan mengeras bisa jadi lunak kembali. Dengan begitu, pekerjaan membersihkan karpet mobil bisa lebih cepat selesai.

 

Tips cara membersihkan karpet mobil sendiri dengan langkah mudah yang ketiga yakni dengan memoleskan sabun, detergen, maupun shampo karpet mobil dengan cara diratakan terutama di bagian yang kotor.

Pemakaian sabun ataupun shampo ditujukan supaya kotoran lebih mudah terlepas dan akhirnya karpet semakin mudah untuk dibersihkan.

 

Tips cara membersihkan karpet mobil sendiri dengan langkah mudah yang keempat adalah sikat permukaan karpet. Umumnya noda lumpur yang sudah kering dan lama tidak dibersihkan akan susah untuk diangkat.

Oleh karena itu, berikanlah penekanan ketika menggosok-gosok sisi karpet yang bernoda membandel.

 

Tips cara membersihkan karpet mobil sendiri dengan langkah mudah yang kelima yakni bilas karpet yang telah anda bersihkan dengan air bersih. Pastikan sudah tidak ada lagi noda pada karpet dan tidak ada lagi busa sabun yang tersisa.

 

Tips cara membersihkan karpet mobil sendiri dengan langkah mudah yang keenam adalah jemur karpet mobil anda di tempat yang teduh.

Untuk karpet karet, baiknya jauhi untuk menjemurnya langsung di bawah terik sinar matahari karena bisa merubah komposisi warnanya. Jadi, cukup diangin-anginkan saja sampai karpet menjadi kering.

Pastikan keadaan karpet mobil telah benar-benar kering sebelum anda memasangnya kembali didalam mobil.

 

Tips cara membersihkan karpet mobil sendiri dengan langkah mudah yang ketujuh adalah sebelum memasang kembali karpet mobil anda, sebaiknya bersihkan juga bagian dalam mobil anda agar sekalian bersih saja.

Masak karpetnya bersih tapi bagian dalam masih kotor, kan tidak matching. Untuk membersihkan karpet yang melekat pada bagian dalam mobil, anda bisa memakai vacum. Pastikan juga anda membersihkan beberapa sisi yang susah untuk dijangkau.

 

Nah, demikian artikel tentang tips cara membersihkan karpet mobil sendiri dengan langkah mudah. Untuk karpet yang terbuat berbahan yang lebih lembut, Anda bisa mengkonsultasikan cara membersihkannya kepada dealer terdekat.

Bila perlu, janganlah ragu untuk meminta bantuan tenaga profesional supaya karpet mobil Anda tetaplah terjaga kebersihannya.

 

Salam berkendara aman…

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *