Tips Cara Membersihkan Jamur Di Kaca Mobil Dengan Benar

  • Whatsapp

Seperti kita ketahui bersama, kalau salah satu diantara permasalahan yang sering terlihat pada kaca mobil adalah permasalahan munculnya jamur.

Kondisi cuaca sekarang ini yang tidak menentu dapat juga menjadi penyebab timbulnya jamur di kaca mobil Anda. Panas terik bisa berubah dengan tiba-tiba menjadi hujan deras dan begitu sebaliknya.

Hal itu membuat tetesan hujan yang terkena debu dan kotoran, lalu kering oleh sinar matahari, akan menyebabkan bercak noda dan setelah itu berubah menjadi jamur bila dibiarkan dalam kurun waktu yang lama.

Nah bila telah tumbuh jamur, pasti keadaan kaca menjadi tidak bersih dan jernih sehingga pandangan kita sebagai pengemudi bisa terganggu.

Oleh karena itu, sangat penting untuk kita untuk perhatikan tips cara membersihkan jamur di kaca mobil dengan benar.

Yuk, simak penjelasan cara membersihkan jamur di kaca mobil berikut ini.

 

Penyebabnya Munculnya Jamur

Jamur bisa terlihat akibat kita terlalu lama membiarkan air pada kaca mobil menjadi kering dengan sendirinya. Air pada kaca tersebut menguap lalu kotoran yang ada di dalam air mengendap dan masih melekat pada kaca mobil. Itulah penyebab muncul jamur di kaca.

Lalu ada lagi penyebabnya munculnya jamur pada kaca, salah satunya :

 

Membersihkan Mobil Saat Cuaca Panas

Jamur pada kaca mobil itu aslinya merupakan bercak air. Kalau waktu membersihkan mobil dalam cuaca yang panas dan airnya cepat kering oleh cahaya matahari.

Itulah yang mengakibatkan munculnya jamur pada kaca mobil, termasuk juga membersihkan mobil dengan kondisi bodi atau kaca mobil yang masih panas.

 

Kualitas Air untuk Membersihkan Mobil

Penentuan air dapat juga memengaruhi munculnya jamur pada kaca mobil. Seandainya air yang dipakai itu air tanah dan kandungan kapurnya cukup tinggi, maka kemungkinan timbulnya jamur akan semakin besar.

Demikian halnya bila menggunakan air tanah yang memiliki kandungan unsur besi dan jika air tanah yang memiliki kandungan garam. Itu semuanya bisa menyebabkan jamur pada kaca atau kaca menjadi kusam.

Perubahan Cuaca Esktrem

Bukan hanya itu, bercak di kaca atau jamur pada kaca mobil dapat juga terjadi karena keadaan cuaca yng tidak stabil.

Seperti saat melakukan perjalanan, keadaan cuacanya panas terik lalu di tengah perjalanan hujan besar dan beberapa jam lagi panas kembali. Hal ini akan semakin menambah kemungkinan besar terjadinya jamur kaca.

 

Selain karena mobil sering di parkir ditempat yang lembab, kotoran atau debu yang melekat dan tidak segera dibersihkan, hal itu juga mempengaruhi menyebabkan suburnya jamur di kaca mobil.

Oleh karena itu dalam membersihkan mobil, terutama kaca, sangat dianjurkan dilakukan secara rutin.

 

 

Tips Cara Membersihkan Jamur Di Kaca Mobil Dengan Benar

Tips cara membersihkan jamur di kaca mobil dengan benar yang pertama – Tentukan tempat mencuci.

Sebelum anda mulai membersihkan kaca mobil, Pertama kali yang anda kerjakan adalah meletakan mobil Anda di tempat yang teduh, jangan terkena cahaya matahari secara langsung.

Apabila sangat mungkin jauhi juga tempat yang banyak debu dan angin. Mengapa demikian?

Bila Anda bersihkan kaca mobil di bawah sinar matahari, cairan pembersih mobil semakin lebih cepat kering dan bisa meninggalkan residu yang menyebabkan flek pada kaca. Pasti Anda tidak meinginkan hal semacam ini bukan?

 

Tips cara membersihkan jamur di kaca mobil dengan benar yang kedua – Bersihkan Kaca. Ambilah pembersih kaca serbaguna lalu semprotkan cairan pembersih pada kaca mobil serta keringkan kaca memakai kain mikrofiber atau lap memiliki bahan dan tekstur lembut.

Pembersih kaca serbaguna berfungsi untuk membersihkan debu-debu dan kotoran yang melekat pada kaca sebelum jamur dihilangkan.

 

Tips cara membersihkan jamur di kaca mobil dengan benar yang ketiga – Tutup Karet Bodi. Sebelum mengawali membersihkan jamur pada kaca, jagalah terlebih dulu karet kaca dan karet bodi mobil di sekitar kaca mobil memakai selotip kertas maupun selotip biasa dan koran sisa.

Hal ini dianjurkan untuk dilakukan agar menghindari rusaknya pada karet kaca dan bodi mobil bila terkena obat pembersih jamur kaca.

 

Tips cara membersihkan jamur di kaca mobil dengan benar yang keempat – Cairan Pembersih. Setelah anda bersihkan kaca dari kotoran dan menutup karet di sekitar kaca, saat ini waktunya Anda mengambil obat pembersih jamur kaca.

Semprotkan pembersih jamur kaca itu pada kaca. Lalu gosok-gosokkan dengan memakai kain mikrofiber yang masih bersih. Pakai gerakan memutar untuk membuat jamur bisa terangkat.

 

Tips cara membersihkan jamur di kaca mobil dengan benar yang kelima – Bilas. Setelah tampak bersih, bilaslah kaca mobil Anda memakai air bersih. Lalu keringkan dengan kanebo yang bersih. Pastikan periksa kembali kaca mobil Anda dengan teliti dan cermat.

Bila jamur sudah terangkat secara keseluruhan, artinya pekerjaan Anda sudah beres. Yakinkan kaca mobil telah dikeringkan sampai benar-benar kering.

Tetapi bila masih didapati sisa-sisa jamur yang melekat, Anda bisa mengulangi beberapa langkah di atas untuk sekian kalinya lagi sampai kaca mobil menjadi bersih.

 

PERHATIAN :

  • Pilihlah pembersih kaca yang tidak memiliki kandungan amoniak. Pada beberapa masalah, pemakaian pembersih kaca yang memiliki kandungan amoniak malah mengakibatkan kaca menjadi buram dan berkabut.
  • Anda dapat juga mengecek spesifikasi kaca yang biasanya ada pada pojok kaca sisi bawah. Mungkin saja ada info “ammonia free” atau “safe for tinted windows”. Dengan mengetahu lebih detail mengenai spesifikasi kaca, maka anda bisa memilih produk pembersih jamur kaca yang lebih tepat.
  • Untuk meyakinkan kalau pembersih jamur itu aman untuk membersihkan kaca mobil Anda, sebaiknya Anda mencobanya lebih dahulu pada sisi kaca yang tersembunyi untuk menghindari permasalahan saat obat pembersih jamur itu tak tepat dengan kaca mobil punya Anda.
  • Pastika Anda membaca terlebih dulu ketentuan penggunaan dari produk pembersih kaca itu supaya hasil yang diperoleh semakin optimal.

 

Note:

cara menghilangkan jamur di jas hujan

Cara menghilangkan jamur di jas hujan agar menjadi terlihat baru. Sebelum Setelah Siapkan air hangat secukupnya. Campurkan cairan pembersih pakaian secukupnya. Rendam jas hujan selama 30 menit Bersihkan jamur dengan sikat dan bilas dengan air bersih. Bersihkan jamur dengan sikat dan bilas dengan air bersih.

Demikian artikel penjelasan tips cara membersihkan jamur di kaca mobil dengan benar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian.

 

Salam berkendara aman…

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *