Tips Belajar Mengemudi Di Jalan Tanjakan Dengan Mobil Manual

  • Whatsapp

Satu diantara hal yang paling ditidakuti oleh pemula yaitu belajar mengemudi di tanjakan dengan mobil manual.

Biasanya yang akan nampak yaitu perasan tegang, telapak tangan basah atau bahkan juga memikirkan akan terjadi suatu hal yang negatif.

Ya memanglah mengendarai mobil dengan transmisi manual di tanjakan tidak semudah mobil matic.

Karenanya sebagian pemula yang malas bersusah payah belajar mengemudi dikondisi seperti ini lebih pilih mobil matic yang tambah lebih gampang pasti dengan argumen lain yakni kepraktisan.

Bagaimana tidak sulit, saat kita belum fasih memainkan ketiga pedal kita di tuntut mesti menjalankannya dengan cepat.

Bila tidak maka mobil semakin lebih dulu mundur daripada maju ke depan.

Oke, kita simak bersama artikel tentang tips belajar mengemudi di jalan tanjakan dengan mobil manual.

 

Tips Belajar Mengemudi Di Jalan Tanjakan Dengan Mobil Manual

Namun tetaplah mobil manual mempunyai sebagian kelebihan dibanding mobil matic, termasuk juga saat mobil berhenti di tanjakan.

Mobil manual lebih cepat melaju di keadaan tanjakan curam, belum lagi saat akan menyalip di jalan raya jenis mobil ini lebih sigap, dan pasti mengkonsumsi bahan bakarnya lebih irit.

Karenanya tidak salah bila anda tetaplah belajar tanjakan memakai mobil manual.

Ada langkahnya yang bisa memermudah anda dalam belajar mengemudi dalam keadaan mobil berhenti di tanjakan.

Yang perlu anda cermati dan aspek yang begitu utama dalam keadaan mobil berhenti di tanjakan yaitu jangan cemas atau panik.

Itu aspek terpenting, saat anda cemas, hafalan anda mengenai mesti menghimpit pedal gas dan melepas pedal kopling akan buyar.

Jadi yang mungkin saja akan terjadi yaitu mesin cuma meraung kencang dan mobil malah mundur karna anda tidak melepas pedal kopling karna keadaan psikologis anda tegang.

Untuk jalan kembali dalam keadaan mobil berhenti ditanjakan ada dua pilihan langkah, yakni memakai rem kaki atau memakai rem tangan.

Kita akan ulas satu persatu tehnik itu bersama kelebihan dan kekurangannya. Tetapi berdasarkan pengalaman, kalau untuk pemula semakin lebih gampang bila memakai rem tangan.

 

Belajar Mengemudi Di Tanjakan Dengan Rem Kaki

Urutan saat memakai rem kaki untuk hadapi keadaan ini yaitu :

  1. Kaki kanan injak rem kaki, kaki kiri injak pedal kopling sampai dalam. Yakinkan posisi presneling masuk ke gigi 1.
  2. Pindahkan kaki kanan ke pedal gas dengan cepat. Kaki kiri terlepas kopling perlahan-lahan.

Panduan utama : Anda tidak perlu cemas sampai mencapai pedal gas dalam-dalam, tanamkan dalam fikiran bawah sadar anda kalau mencapai pedal gas sedikit saja telah cukup.

Lalu panduan utama lainya yaitu cermati pedal kopling. Masing-masing mobil mempunyai setelan kopling yang tidak sama.

Ada mobil manual yang baru dapat jalan sesudah kopling dilepaskan 1/2 injakan, ada yang telah dapat bergerak maju bila injakan pedal kopling telah dilepaskan 1/4-nya saja.

Nah bila anda telah hafal seberapa dalam ketinggian pedal kopling saat dilepaskan mobil akan jalan, ingat selalu hal semacam itu.

Saat kaki kanan telah melepas pedal rem maka kaki kiri selekasnya kurangi injakan pedal kopling sampai posisi injakan yang anda hafal tadi.

Lalu diikuti kaki kanan menaikkan injakan pedal gas sedikit untuk sedikit.

Sekali lagi tanamkan pada ingatan anda mencapai pedal gas sedikit untuk sedikit, tidak perlu cemas.

Yang sering terjadi saat anda lupa atau cemas yaitu kurun waktu yang sedemikian singkat anda bingung mengapa mobil tidak jalan.

Maka ditambahlah injakan pedal gas sampai dalam walau sebenarnya anda lupa melepas kopling, dan saat anda ingat lantas melepas pedal kopling yang terjadi yaitu mobil akan loncat karena gas sangat besar.

Jadi senantiasa ingat, dimuka gas tekan sedikit untuk sedikit sembari posisi kopling dilepaskan sampai mobil bisa bergerak.

Kekurangan memakai rem kaki ini yaitu saat reaksi memindahkan kaki di pedal mesti cepat, bila tidak maka mobil akan segeranya akan mundur.

 

Belajar Mobil Di Tanjakan Menggunakan Rem Tangan

Langkah alternatif yang lain lebih gampang untuk pengemudi pemula yang belajar mobil di tanjakan yaitu memakai rem tangan sebagai pengganti rem kaki di tanjakan.

Urutannya saat memakai teknik ini yaitu :

  1. Kaki kanan stand-by di pedal gas, kaki kiri mencapai pedal kopling dengan cara penuh.
  2. Posisi presneling masuk gigi 1, dan tangan kiri anda bersiap melepas rem tangan yang aktif.
  3. Untuk mulai jalan injak pedal gas sedikit untuk sedikit sembari kurangi injakan pedal kopling. Turunkan rem tangan perlahan-lahan.
  4. Ketika telah jalan yakinkan rem tangan telah betul-betul tidak aktif.

Dengan memakai rem tangan ini bikin mobil tidak menyentidak saat mulai jalan di tanjakan, hal semacam itu dikarenakan kaki kanan anda semakin dapat mengontrol pedal gas karna telah stand-by dari pertama di posisi pedal gas. Dan posisi mobil tidak mundur sedikit juga karna terbantu rem tangan.

 

Panduan utama : Singkronkan pada tangan anda melepas rem tangan dengan kaki kiri melepas pedal kopling. Ingat di posisi injakan pedal kopling seberapa dalam mobil bisa mulai jalan (yang di uraikan dicara pertama).

Langkah tersebut lebih gampang untuk pemula yang baru belajar mengemudikan mobil.

Bila cuma sedikit anda melepas rem tangan mobil tidak segera mundur dan lebih kemungkinan kecil untuk cemas karna posisi kaki kanan telah ada di pedal gas mulai sejak mobil belum jalan.

 

Kekurangan memakai rem tangan yaitu anda mesti meyakinkan rem tangan anda betul-betul pakem.

Karena rem tangan cuma memercayakan kedua roda belakang maka tidak sepakem rem kaki yang memercayakan rem pada ke empat roda.

Kadang-kadang pada keadaan tanjakan extrim dan muatan penuh, rem tangan mobil tidak dapat untuk betul-betul melindungi mobil untuk dalam posisi diam.

 

Demikian tadi artikel tentang tips belajar mengemudi di jalan tanjakan dengan mobil manual. Semoga bisa terinspirasi ya.

 

Salam berkendara aman…

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *