Tips Ampuh Mengatasi Rem Blong Secara Mendadak Pada Mobil

  • Whatsapp

Rem mobil yaitu satu diantara komponen paling utama serta begitu utama pada mobil. Bila mobil Anda mempunyai permasalahan pada system pengreman atau remnya tak dapat dipakai dengan baik, bermakna mobil Anda tak dapat digunakan dengan layak.

 

Rem mempunyai manfaat begitu utama dalam melindungi keselamatan serta kenyamanan dalam berkendara di jalan raya karenanya Anda mesti senantiasa mengecek serta melindungi supaya rem senantiasa dalam keadaan sempurna.

Dengan perawatan berkala serta teratur bakal bikin system pengreman awet serta tak cepat rusak. Tetapi bila tidak sering dicek, dirawat serta diperbaiki jadi rem mobil dapat blong dengan cara mendadak serta ini yang umumnya jadi penyebabnya terjadinya kecelakaan.

 

Penyebab Rem Mendadak

Berikut ini yaitu banyak hal sebagai penyebabnya dari rem blong mendadak :

 

Minyak Rem Habis

Oli rem atau minyak rem kerapkali jadi penyebabnya rem jadi blong. Umumnya karna minyak kurang atau bahkan juga habis hingga rem tak dapat bekerja dengan baik. Bila minyak rem menyusut atau bahkan juga habis dapat bikin rem pada kendaraan blong karna master rem pada suatu kendaraan tak dapat melanjutkan desakan dari pedal yang semestinya bekerja lewat minyak rem. Bila keadaan minyak kurang sedikit, mungkin saja masih tetap tak apa-apa asal tak meraih batas garis Low/Upper atau masih tetap memenuhi untuk melanjutkan desakan dari pedal – minyak rem – master rem – tuas penggerak serta kanvas rem.

 

Namun bila keadaan minyak rem nyaris habis atau telah melalui garis batas Low/Upper, jadi desakan akan tidak dapat diteruskan ke piston pada wheel cylinder atau caliper (cakram) supaya dapat menghimpit kampas. Bila minyak menyusut dengan cepat, hal semacam ini dapat karna ada kebocoran, serta Anda mesti selekasnya melekukan penelusuran keseluruhan serta perbaikan keseluruhannya pada system pengereman. Supaya rem tetaplah dapat berperan dengan baik serta dapat menghindar rem mobil blong mendadak dan memberi rasa aman serta nyaman waktu berkendara.

 

Kanvas Rem Aus

Rem bakal jadi kurang pakem bila kanvas rem telah aus. Bila betul-betul telah aus, bakal bikin system pengereman jadi blong. Kanvas rem makin lama serta biasanya penggunaan pastinya akan alami keausan, karenanya Anda mesti merawatnya dengan cara berkala, umumnya bakal terdengar bunyi bereisik bila kanvas rem aus.

 

Piston Rem Rusak

Penyebabnya rem blong setelah itu yaitu bila piston rem rusak. Piston yang aus bakal bikin rem tak dapat meneruskan desakan hidrolik dari pedal untuk menghimpit kanvas hingga tak berlangsung pengereman. Piston rem mobil yang rusak ditandai karenanya ada karat, hingga piston macet serta tak berperan dengan optimal.

 

Selang Minyak Rem Terhalang Kotoran

Pada system selang minyak rem yang terhalang dapat bikin rem kendaraan/mobil blong mendadak. Selang yang kotor bakal bikin minyak rem mobil terhalang apabila tak dapat mengalir jadi bakal bikin rem tak dapat berperan. Saluran selang ini dapat terhalang karna kotoran yang datang dari minyak rem. Minyak rem ini mungkin saja kotor karna masuknya kotoran dari tangki cadangan.

 

Namun banyak pula karena sebab minyak rem yg tidak berkwalitas, karna tidak sedikit sebagian product minyak yang berkwalitas kurang bagus bakal bikin ada endapan. Endapan dari minyak rem umumnya dibuat dari zat pewarna minyak karenanya baiknya Anda beli minyak rem mobil yang bening serta tak berwarna, walaupun agak mahal. Lebih sebaiknya lagi pakai minyak rem yang bermerk serta telah ada lisensi SNI serta dari instansi berkaitan.

Tips Ampuh Mengatasi Rem Blong Secara Mendadak Pada Mobil

Berikut ini tips ampuh mengatasi rem blong secara mendadak pada mobil yang bisa anda lakukan di rumah, diantaranya :

 

Untuk menangani rem blong pada mobil, jadi ada banyak hal yang dapat Anda kerjakan, baik itu dikerjakan sendiri atau dengan juga mina pertolongan dari montir mobil dengan lakukan perawatan dengan cara berkala.

 

Anda dapat lakukan penelusuran dengan cara teratur serta berkala pada beberapa segi yang memengaruhi rem mobil. Yang pertama dari mulai mengecek kanvas apakah telah aus atau masih tetap bagus, mengecek minyak rem apakah ada banyak atau telah sedikit lalu dapat juga mengecek kondisi piston, penelusuran selang minyak rem yang mungkin saja tersumbuat atau bocor serta untuk lakukan penelusuran, perawatan dan perbaikan ini Anda dapat membawanya ke bengkel mobil paling dekat. Bila Anda telah memahami langkah kerja system pengereman, serta dapat mengkaji rusaknya system rem dan langkah perbaikannya jadi hal semacam ini dapat diilakukan sendiri.

 

Sekian artikel kesempatan ini yang mengulas tentang sebagian penyebabnya rem blong mendadak, serta panduan mengatasinya. Semog artikel ini dapat bermanfaat untuk pembaca. Terimakasih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *