Inilah Beberapa Kelebihan Dan Kekurangan Dari Memakai Knalpot Racing

  • Whatsapp
Inilah Beberapa Kelebihan Dan Kekurangan Dari Memakai Knalpot Racing

Apakah anda ingin menggunakan knalpot racing? Nah, pada pertemuan kali ini saya akan membahas beberapa kelebihan dan kekuragan dari memakai knalpot racing. Sebenarnya knalpot racing itu di pakai untuk ajang balap saja. Tetapi sekarang sudah banyak digunakan oleh kebanyakan orang untuk sehari-hari.

 

Read More

Fungsi knalpot?

Tapi sebelum itu kalian harus tau dulu apa fungsi dari knalpot? Fungsi knalot yaitu sebagai peredam ladakan dan juga jalan keluar hasil pembakaran di ruang bakar. Ledakan tersebut dari proses percampuran bahan bakar dan udara dan di ledakan oleh percikan api dari busi. Dan kejadian tersebut terjadi sangat cepat. Nah dalam proses peledakan tersebutlah yang dapat menimbulkan suara yang keras dan bising, karena itu di pasang knalpot sebagai peredam suara bising tersebut. Dan juga pembakaran tersebut mengeluarkan sisa pembakaran melalui knalpot.

 

Kalau anda ingin membeli knalpot racing di pasar, perlu kalian tau bahwa tidak semua knalpot yang di jual di sana memiliki kelebihan, bahkan malah menjadikan bahan bakar anda semakin menjadi boros. Memang biasanya knalpot yang racing yang memiliki banyak kelebihan, di bandrol dengan harga yang cukup tinggi. Oleh karena itu anda harus juga memperhatikan motor apa yang akan anda pasang knalpot racing.

 

Perlu kalian tau bahwa dengan adanya perkembangan teknologi sekarang, knalpot dapat di fungsikan sebagai juga penambah tenaga pada mesin motor. Oleh karena itu sekarang sudah banyak yang menggunakan knalpot ini. seperti yang anda ketahui pada knalpot motor RX King atau Ninja 2 tak, pada bagian tengah berbentuk lebih besar dan seperti gendut, yaitu gas buang sisa pembakaran memiliki tekanan tinggi pada leher knalpot dan berkumpul di perut knalpot maka sebagian dari gas buang akan balik ke header, sehingga dapat menciptakan tekanan tinggi dan membuat kompresi baru maka power akan menjadi naik.

 

Menggunakan knalpot racing diperuntukan sepeda motor yang stadart sebenarnya itu tidak di anjurkan. Sebab menggunakan knalpot racing tidak memiliki banyak efek positifnya, justru yang ditimbulkan efek kerugian yang banyak. Dan jika memang anda menginginkan knalpot racing di pasang pada knalpot anda usahakan anda untuk menyetel beberapa bagian dari motor anda.

 

Menurut pengalaman saya kebanyakan orang yang menggunakan kalpot racing menyebabakan mesin motornya lebih cepat panas. Kebanyakan anak muda sekarang senang menggunakan knalpot racing, mungkin karena itu dianggap hal yang menyenangkan dan juga biar di anggap anak motor.

 

Namun kebanyakan knalpot yang di gunakan anak muda sekarang, knalpot yang kualitasnya rendah. Memang harganya jauh lebih murah di banding dengan yang kualitas baik, tetapi kebanyakan yang kualitas rendah lebih banyak memakan bahan bakar atau lebih boros. Sebaiknya anda gunakan yang kualitasnya baik.

 

Dan jika memang anda menginginkan memasang knalpot racing, sebaiknya anda melakukan beberapa perubahan pada mesin motor anda seperti melakukan porting polish pada motor anda, melakukan penyetelan pada klep dan juga pembesaran spuyer. Dengan melakukan perubahan tersebut maka akan lebih baik untuk motor anda. Nah sekarang kita bahas beberapa kelebihan dan kekurangan knalpot racing.

Kelebihan menggunakan knalpot racing

Berikut beberapa kelebihan menggunakan knalpot racing pada motor anda, diantaranya :

  1. Dapat meningkatkan performance motor yang anda gunakan dan juga menambah akselerasi, memang meningkatnya tidak begitu banyak.
  2. Dapat meningkatkan torsi pada motor anda jika anda mengganti dengan knalpot racing. Hal ini berlaku pada motor 2 tak maupun 4 tak.
  3. Dengan suara yang menggelegar dan nyaring membuat motor kita di pandang lebih keren dan juga kalau yang kalian pasang motor kopling manual maka terlihat seperti motor spprt yang mahal ataupun motor gede yang biasa kta sebut dengan istilah moge.
  4. Meningkatkan percaya diri kita untuk menunggangi motor kit tersebut. Kalau nggak percaya bisa anda coba sendiri. Hehehe…
  5. Kalau anda memang salah satu anggota komunitas di Indonesia, maka akan lebih di hargai ketika anda touring bersama komunitas anda.

 

Kerugian menggunakan knalpot racing

Berikut beberapa kerugian menggunakan knalpot racing pada motor anda, diantaranya :

  1. Sebagus apapun knalpot racing pasti akan tetap memiliki efek sampng yaitu menjadikanya lebih boros motor kita, di bandigkan sebelumnya yang mengunakan knalpot standart.
  2. Mungkin jika kita sendirian menggunakan di jalan raya yang tertib lalu lintas mungkin kita bisa terkena tilang. Beda lagi kalau kita bersama dengan robongan komunitas yang sudah di beri izin. Jangan lakukan kebut-kebutan dan juga hal-hal yang dilarang lainnya.
  3. Kalau anda menggunakan knalpot racing ini secara terus menerus maka ini dapat menyebabkan komponen mesin motor anda menjadi rusak dalam jagka waktu tertentu. Apalagi anda mengunakannya tidak sesuai dengan aturan mengendarai motor dengan baik, maka hal itu akan lebih mempercepat masalah di atas.
  4. Motor dengan suara yang bising dan keras dapat menggangu tetangga, orang yang sedang beribadah dan orang- orang yang tidak suka pada suara motor yang berising. Jadi gunakanlah motor anda dengan sebaik-baiknya agar tidak menggangu kenyamanan warga sekitar, jika anda menggunakan knalpot racing.

 

Demikian beberapa penjelasan dan info tentang ‘inilah beberapa kelebihan dan kekurangan dari memakai knalpot racing’. Semoga artikel di atas dapat menambah wawasan kita dan semoga anda menggunakan knalpot racing dengan bijak. Jadi anda tidak menggunakan knalpot tersebut secara sembarangan. Saya sarankan untuk merawat dan mengecek selalu motor anda agar tidak terjadi masalah yang lebih besar. Sekian dari saya dan terima kasih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *