Cara Tepat Mengetahui Kapan Ban Harus Diganti Demi Keselamatan

  • Whatsapp
Ban Harus Diganti Demi Keselamatan

Sebelum kita membahas tentang Cara Tepat Mengetahui Kapan Ban Harus Diganti Demi Keselamatan. Kita singgung sedikit apa itu yang namanya ban. Ban merupakan slah satu perangkat kendaraan yang menutupi velg satu roda.

Ban merupakan bagian yang penting dari kendaraan darat dan dipakai untuk mengurangi getaran yang dikarenakan ketidakteraturan permukaan jalan, membuat perlindungan roda dari aus dan kerusakan, serta memberi stabilitas pada kendaraan agar percepatan meningkat dan mempermudahkan gerakan.

Ban adalah satu diantara aspek utama dalam berkendara yang mempunyai beragam jenis manfaat untuk menghindari terjadinya kecelakaan dalam berkendara.

Kebanyakan ban yang ada saat ini, terutama yang dipakai untuk kendaraan bermotor, terbuat  dari bahan karet sintetik, meskipun bisa dibuat dari bahan lain seperti baja.

 

Fungsi ban

Fungsi ban pada umumnya untuk semua tipe kendaraan baik roda dua, roda empat atau lebih itu sebenarny sama yakni berfungsi sebagai peredam getaran, penyeimbang, pengontrol, dan penahan beban kendaraan waktu melaju.

Oleh sebab itu, pertimbangan memilih ban harus sesuai dengan keadaan tipe kendaraan, keadaan jalan yang sering ditempuh, tipe dan kembangan ban. Kesemuanya itu adalah aspek keselamatan dan kenyamanan sewaktu berkendara.

Selain perawatan mesin kendaraan, aspek yang tidak kalah penting yaitu perawatan ban secara berkala. Kecerobohan atau kelalaian dalam menjaga dan menggunakan ban sering mengakibatkan kecelakaan di jalan raya.

Fungsi paling utama dari ban untuk semuanya tipe kendaraan pada intinya sama, yakni ;

  1. Menahan Beban, dalam soal menahan beban, yang paling berpengaruh yaitu desakan angin. Karena angin dalam ban berperan untuk menyokong berat kendaraan dan muatan.
  2. Meredam Guncangan, desakan angin dan tipe ban (radial/bias) begitu punya pengaruh dalam meredam guncangan awal sebelumnya diredam lagi oleh suspensi. Ban tipe radial dapat meredam guncangan lebih baik dari pada ban tipe bias.
  3. Meneruskan tenaga dari mesin, ban berperan untuk melanjutkan gaya gerak dan pengereman ke permukaan jalan. Hal semacam ini terkait dengan kemampuan traksi serta pengereman, yang berpengaruh dalam hal ini yaitu pola pattern atau kembangan dari ban.
  4. Meneruskan fungsi kemudi, ban punya peranan utama dalam mengontrol arah kendaraan. Hal semacam ini akan memastikan kekuatan bermanuver tetap stabil.

 

Bila ban sudah sesuai dengan fungsi pokoknya, bisa dipastikan akan mengurangi masalah saat berkendara. Hal ini akan menjadi langkah yang tepat dalam menghindari terjadinya kecelakaan yang bisa merugikan diri sendiri serta orang lain.

Pentingnya Memeriksa Ban Saat Musim Hujan

Waktu musim hujan tiba, sering-seringlah memeriksan keadaan ban. Ban yang telah gundul atau habis akan berakibat pada tidak stabilnya ban saat melaju di jalanan yang licin dalam keadaan hujan. Yang sering terjadi yaitu slip ban.

Untuk menghindari ban slip, sebaiknya anda tahu kapan waktu tepatnya untuk mengganti ban. Keadaan ban yang baik yaitu ban yang dapat menapak mencengkram di jalan dengan baik.

Ban yang masih tetap dalam keadaan baik berfungi untuk menghindari kemungkinan terjadinya kecelakaan. Disamping itu kenyamanan dalam berkendara juga akan dipengaruhi oleh keadaan ban yang baik.

Lalu, apa sajakah tanda-tanda ban yang tidak layak digunakan dan harus segera diganti? Kapan periode waktu mengganti ban yang tepat? Lalu, bagaimana Cara Tepat Mengetahui Kapan Ban Harus Diganti Demi Keselamatan? Simak berikut ini ya…

 

Cara Tepat Mengetahui Kapan Ban Harus Diganti Demi Keselamatan

Untuk mengetahui keadaan ban yang sudah tidak layak digunakan atau harusnya diganti dengan yang baru ada cara-cara tertentu yang harus dilakukan. Hal ini dapat juga diliat dengan cara fisik/visual atau berdasar pada panduan seberapa jauh jarak tempuh ban. Adapun caranya sebagai berikut :

  1. Perhatikan sisi permukaan ban apakah telah licin/gundul atau tidak. Bila tampak telah gundul itu tandanya ban harus diganti. Karena sangat berbahayanya jika permukaan ban telah licin untuk keselamatan berkendara di jalan raya. Saat hujan, permukaan ban yang telah licin akan sangat mudah slip dan jika aspal jalan dalam kondisi panas, ban juga semakin akan lebih cepat sobek atau retak-retak.
  2. Periksa kedalaman alur pada tapak ban. Jika kedalaman kurang dari 1,5 mm, maka ban harus diganti karena keadaan ban itu akan mengakibatkan ban gampang bocor. Jika anda melihat pada masing-masing sisi ban, anda tentu akan menemukan tanda segitiga sebagai tanda keausan ban.
  3. Keadaan ban yang telah retak atau sudah terlihat kawat ban, itu isyarat keadaan ban sudah tidak layak digunakan dan mesti segera diganti karena akan sangat rawan pecah ditambah lagi pada kondisi aspal yang panas.
  4. Apabila ban sering mengalami kebocoran dan sering ditambal, maka dianjurkan ban harus diganti dengan yang baru. Lantaran ban yang sering bocor dan ditambal, maka akan mengubah bentuk ban yang dapat menyebabkan hilangnya keseimbangan.
  5. Ketahui tanggal pemakaian ban dan jarak tempuh mobil yang dikendarai karena pada umumnya sertiap produsen mobil sudah memastikan ketahanan ban berdasar pada jarak tempuh kendaraan tersebut.

 

Ban ibarat sisi kendaraan yang lain pastinya akan mengalami rusaknya maupun keausan. Pertama yang harus diperhatikan yaitu kedalaman alur di setiap telapak ban.

Kalau kedalaman alurnya kurang dari 1,5 milimeter dari permukaan atas baris TWI (Tread Wear Indicator), itu tandanya ban kendaraan harus diganti dengan yang baru.

Kemudian jika ban dijalankan dalam keadaan kempes, maka akan membahayakan keamanan pengendara, dikarenakan dapat mengakibatkan kehilangan kontrol pada kendaraan sehingga menyebabkan kecelakaan fatal. Melindungi tekanan udara ban tidak cuma untuk keamanan berkendaraan saja, namun juga membuat kendaraan lebih bersahabat dengan alam karena akan mengurangi biaya dalam mengkonsumsi bahan bakar. Kendaraan dengan ban yang kempes akan mengakibatkan mesin berusaha lebih keras, seshingga semakin besar juga gas buangan yang dikeluarkan.

Nah, demikian tadi artikel tentang Cara Tepat Mengetahui Kapan Ban Harus Diganti Demi Keselamatan. Semoga bisa menginspirasi anda dalam melakukan perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

 

Salam berkendara aman…

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *