Cara Tepat Dan Praktis Menghilangkan Embun Pada Lampu Utama Mobil

  • Whatsapp

Musim penghujan seperti sekarang ini sering membuat butiran embun masuk pada ruangan lampu mobil terlebih lagi mobil melalui kondisi hujan deras maupun melalui jalan ke lokasi pegunungan yang dingin.

Lampu depan yang berembun memanglah bisa dapat hilang sendiri walau demikian memerlukan waktu berhari-hari dalam cuaca yang panas.

Alangkah sebaiknya jika lampu mobil kemasukan embun dapat di hilangkan toh langkahnya cukup gampang, lantaran embun ini dapat kurangi sorot lampu hingga dapat membahayakan pengemudi.

Headlamp serta lampu mobil memiliki manfaat yang begitu vital. Dengan sorotan lampu tajam bakal mempermudah anda mengendarai kendaraan.

Tetapi bila sisi lampu (headlamp) berembun pasti bakal mengganggu pandangan anda, serta hal semacam ini janganlah disepelekan karena sangat beresiko serta bisa mengakibatkan ketidaknyamanan waktu berkendara bahkan juga bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan dijalan raya. Sebelum kita mengetahui Cara tepat dan praktis menghilangkan embun pada lampu utama mobil, kita harus tahu penyebab lampu utama bisa berembun.

 

Penyebabnya headlamp berembun

 

Sebenarnya apa sebab headlamp mobil berembun?

Bila anda memakai sepeda motor masihlah mending, karena anda bisa buka kaca helmet.

Tetapi bagaimana bila anda mengendarai mobil, pasti begitu mengganggu pandangan anda, terutama saat malam hari serta dengan keadaan tengah hujan.

Di samping kendaraan anda juga membutuhkan system AC yang baik, apa lagi waktu hujan yang bermanfaat untuk menyingkirkan embun di kaca depan.

Saat mengendarai mobil waktu hujan dengan tanpa ada diperlengkapi seperangkat AC yang bagus, jadi perjalanan anda jadi tak nyaman serta begitu beresiko, sehingga pandangan anda terganggu.

Cuma ada satu penyebabnya headlamp berembun yakni uap air. Sebagai permasalahan yaitu dari tempat mana datangnya uap air serta terjebak didalam.

Hal semacam ini umumnya dikarenakan oleh kebocoran pada lobang lampu atau lobang kabel. Dengan hal tersebut anda mesti cepat mencari jalan keluar mengenai penyebabnya headlamp berembun ini.

Sesungguhnya penyebabnya headlamp berembun tidaklah terlalu rumit serta bisa gampang ditebak. Headlamp berembun karena sebab ada air atau uap air masuk serta terjebak didalam headlamp. Permasalahannya malah terdapat pada langkah menghilangkannya, terlebih bila hal semacam ini kerap kali terjadi. Peluang penyebabnya headlamp berembun yaitu :

  1. Terdapat celah di bagian body headlamp.
  2. Karet soket bohlam robek atau telah tua, hingga kurang rapat.
  3. Terdapat celah sempit pada sambungan mika headlamp.
  4. Kemungkinan packing/perekat headlamp tak prima hingga masihlah ada celah.

 

Disaat suasana normal headlamp bisa berembun saat suhu hawa dingin atau tengah hujan, tetapi saat lampu dinyalakan umumnya tidak berapa lama embun bakal hilang.

Tetapi headlamp yang terbagus yaitu headlamp yang tidak memiliki aliran hawa masuk ataupun keluar (vacum), hingga ruang headlamp hampa. Dengan hal tersebut ruangan headlamp tak dipengaruhi oleh hawa luar.

 

Tetapi disuatu saat headlamp anda tiba tiba jadi berembun, walau sebenarnya terlebih dulu tak pernah terjadi.

Hal semacam ini berlangsung umumnya disuatu saat anda pernah ganti bohlam atau buka headlamp untuk satu hal.

Saat headlamp anda terbuka (pergantian bohlamp), jadi bakal berlangsung hawa masuk serta terjebak di sana, hal semacam ini bakal mengakibatkan berembun saat suhu dingin.

 

Cara tepat dan praktis menghilangkan embun pada lampu utama mobil

Berikut ini ada 2 langkah dalam menghilangkan embun pada lampu utama mobil, diantaranya :

 

Langkah Pertama Bersihkan Embun pada Headlamp

Nah tersebut disini langkah bersihkan embun pada tempat tinggal lampu depan mobil (lampu yang lain dapat juga seperti ini) :

  1. Buka kap mesin (untuk mobil-mobil yang mempunyai moncong), poinnya yaitu untuk lihat sisi belakang tempat tinggal lampu
  2. Check lubang hawa yang ada dibalik tempat tinggal lampu (belakang tempat tinggal lampu), apakah lubang hawa terhalang atau tak, bila terhalang jadi butuh dibikin bersih supaya tak ada kotoran yang menyumbat lubang hawa ini
  3. Mengeluarkan embun melalui lampu sein, hal semacam ini dapat dikerjakan lewat cara melepas lampu sein dengan arah searah jarum jam.
  4. Sesudah lampu sein lepas nyalakan mobil sembari dipanasi nyalakan juga headlamp mobil (lampu paling utama itu) sekitaran 20 menit supaya embun itu menguap serta keluar lewat lampu sein
  5. Sesudah bersih, lampu sein dapat dipasang kembali serta diposisikan seperti semula

 

Langkah ke 2 Bersihkan Embun pada Lampu Mobil

Langkah ke-2 ini adalah lewat cara mekanik yaitu melepas headlamp serta membersihkannya dengan lap, teknisnya seperti ini :

  1. Lepaskan headlamp (tempat tinggal lampu) dari tempatnya, ingat soket-soketnya juga dilepaskan sehingga benar-benar bebas/kosong agar gampang dibersihkan
  2. Lepaskan bohlam hingga tempat tinggal lampu dapat dimasuki sebatang kayu seukuran jari kelingking
  3. Pakai kain yang halus serta bersih, ikatkan pada ujung kayu lalu masukan ke tempat tinggal lampu serta lapkan pada air embun yang melekat pada tempat tinggal lampu, lap hingga kurang lebih kainnya telah basah lantas peras serta kerjakan lagi pengelapannya
  4. Pengeringan dapat juga memakai hair dryer (pengering rambut), hair dryer ini dikerjakan sesudah pengelapan memakai kain itu hingga air embun betul-betul bersih.
  5. Sesudah menjadi bersih, masukkan kembali bohlam dan pasang tempat tinggal lampu pada tempatnya (body mobil). janganlah lupa pasang kembali soketnya.

 

Nah yang butuh diperhatikan yaitu saat mengelap air kerjakanlah dengan hati-hati supaya tak mengakibatkan kerusakan reflektor, embun yang sangat lama didalam bisa mengakibatkan lampu menguning lebih cepat.

 

Demikian tadi artikel tentang cara tepat dan praktis menghilangkan embun pada lampu utama mobil.

Semoga bisa menambah referensi bagi anda yang ingin tahu bagaimana cara yang tepat menghilangkan embun pada lampu utama mbil kesayangan anda. Selamat mencoba dan selamat berkarya…

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *