Cara Praktis Merawat Dan Membersihkan Jenis-jenis Jok Mobil Dengan Benar?

  • Whatsapp

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara merawat dan membersihkan jenis-jenis jok mobil dengan benar. Pada ulasan ini saya akan membahas sesuai pada jenis jok mobil. Karena pada setiap mobil memiliki jenis jok yang berbeda beda. Jadi saya akan membahas satu persatu.

 

Tapi sebelum kita jelaskan hal tersebut tidak ada salahnya untuk membahas beberapa ulasan lain tentang jok. Jok merupakan salah satu bagian dari interior mobil yang sangat penting perawatannya. Merawat jok mobil berguna untuk dapat memberi kenyamanan yang maksimal bagi pengguna mobil tersebut.

 

Seandainya kalau anda tidak pernah merawat dan membersihkan jok mobil maka si pengguna atau penumpang merasa tidak nyaman dan tidak mau lagi mengedarai mobil. Walaupun jok mobil anda berkualitas tinggi dan mahal sekali. Seperti halnya pada persewaan mobil merawat jok menjadi perhatian penting bagi pemilik persewaan tersebut.

 

Melapisi jok dengan menggunakan pelapis khusus jok mobil, itu salah satu jalan kebanyakan orang agar tidak membersihkan. Solusi ini sebenarnya juga perlu membersihkan pada pelapisnya tersebut, agar mendapat kenyamanan sesuai jenisnya juga.

 

Untuk pembersihan jok itu juga menjadi perhatian khusus, apalagi salah satu barang interior tersebut jarang sekali tersentuh oleh orang. Maka akan membuat jok tersebut menjadi kaku dan mudah retak. Hal tersebut harus melalui perawatan yang ekstra, atau boleh juga anda menggantiya dengan yang baru, Kalau anda menginginkan kenyamanan yang lebih baik

 

Sekarang mari kita bahas tips untuk merawat dan membersihkan jok mobil anda dan dapat anda praktekkan sendiri dirumah. Perawatan ini berdasarkan jenis-jenis jok yang berbeda.

 

  1. Jok Kulit Asli

Cara pembersihan :

  • Persiapkan dahulu alat yang akan di gunakan untuk membersihkan seperti sikat, lap kering, plas chaimos, vacuum cleaner jika anda punya. Dan juga siapkan cairan pembersih khusus jok mobil agar mendapat hasil yang maksimal.
  • Vacuum cleaner di gunakan utuk membersihkan bagian jok yang sulit di jangkau oleh tangan kita. Selanjutnya anda bisa sedikit membasahi plas chaimos untuk siap memulai pembersihan jok dengan cara di usap.
  • Setelah anda tadi mengusap permukaan jok, berikutnya tuangkan dan bersihkan cairan pembersih pada jok yang sudah anda kerjakan tadi. Ingat jangan memberi cairan pada bagian jok yang belum anda usap dengan plas chaimos karena dapat menimbulkan noda kotor.
  • Lakukan penyikatan pada bagian yang telah di usap cairan pembersih, dengan irama yang sama. Ulangilah beberapa kali jika jok tersebut masih terasa kotor.
  • Setelah beberapa proses tadi selesai pada seluruh bagian jok, segeralah laukan pembersihan bekas cairan pembersih dengan menggunakan lap kering. Sebelum cairan tadi mongering.

 

Cara merawatnya:

  • Selalu perhatikanlah jok anda, jika ada noda yang menempel langsung segeralah membesihkanya agar noda tersebut tidak semakin membandel. Dan jika noda membandel maka akan sulit untuk di bersihkan.
  • Lakukanlah pembersihan dan perawatan setiap 2 bulan sekali dan harus anda lakukan secara rutin agar mendapat hasil yang maksimal.
  • Berilah jok anda kondisioner khusus jok secara rutin setiap 4 bulan sekali sebagai pelembab untuk jok anda. Kondisioner dapat dicari di toko atau pasar otomotif.
  • Gunakan sun virsor jika memang terpaksa terparkir di bawah sinar matahari secara langsung.

  1. Jok Semi Kulit

Cara membersihkan:

  • Sebaiknya anda menggunakan obat pembersih jok yang berbahan dasar semi kulit juga dan bisa didapat di pasar atau toko otomotif. Itu untuk anda membersihkan noda yang terdapat pada jok mobil anda. Jangan menggunakan diterjen atau alcohol untuk membersihkan jok anda karena malah dapat merusak jok anda dan itu malah berbahaya lagi.
  • Kalau ada noda cairan yang menempel pada jok anda, segeralah lakukan pengelapan menggunakan kain yang diberi air sedikit, agar noda tersebut tidak semakin sulit untuk dibersihkan.

 

Cara merawatnya:

  • Untuk menghindari kerusakan atau meretaknya jok mobil anda yang di akibatkan oleh sinar matahari secara langsung, usahakan dan biasakan memarkir mobil pada tempat yang teduh.
  • Lakukanlah perawatan dan pembersihan jok mobil secara rutin setiap 2 bulan sekali, menggunakan obat yang khusus untuk jok semi kulit.

 

  1. Jok Beludru

  • Untuk jok mobil jenis ini kita harus memiliki ketelitian dan hati-hati yang lebih karena bahan yang mudah rusak. Lakukan perawatan dan pembersihan dengan hati-hati agar tidak mengalami kerusakan pada jok anda dan bahan jok tersebut terjaga dengan baik.

Cara membersihkan dan juga merawatnya:

  • Seperti yang tadi siapkan beberapa alat untuk membersihkan jok anda seperti lap yang bersih, vacuum cleaner, sikat, dan jangan lupa menggunakan obat penghilang noda yang khusus pembersih beludru. Agar jok kita tetap awet dan mendapat hasil yang memuaskan.
  • Tahap pertama yaitu menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan atau menyedot kotoran dan debu pada jok mobil. Lalu anda dapat melakukan penyemprotan menggunakan obat pembersi khusus beludru ke permukaan jok. Selanjutnya lakukan penyikatan pada bagia yang sudah di semprot dengan irama yang sama. Ulangi pembersihan lagi apabila masih terasa kotor. Saya sarankan untuk melakukan pembersihan dengan bertahap atau bagian perbagian.
  • Setelah anda sikat, segeralah lakukan pembersihan menggunakan lap bersih untuk mempercepat proses pengeringan. Sebenarnya jok masih membutuhkan pengeringan dan anda dapat lakukan dengan menjemurnya. Jangan menjemurnya langsung terkena sinar matahari secara langsung.

 

Itu tadi beberapa langkah dan tips tentang ‘bagaimana cara merawat dan membersihkan jenis-jenis jok mobil dengan benar’. Semoga anda dapat mempraktekkan sendiri di rumah dan mendapatkan hasil yang seperti anda inginkan. Dengan artikel tadi dapat menambah ilmu wawasan kita dan menjadikan jok mobik anda nyaman untuk di kendarai. Sekian dan terima kasih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *