Cara Praktis Menyetel Klep Atau Katup Pada Sepeda Motor

  • Whatsapp

Menyetel klep atau katup pada sepeda motor umumnya dikerjakan untuk menghemat bahan bakar atau untuk tingkatkan performa sepeda motor.

Penyetelan-penyetelan ini pada prinsipnya yaitu mengatur jarak kerenggangan klep. Umumnya jarak kerengangan klep dalam keadaan standard telah terdaftar dalam buku manual.

Namun jarak itu tidak dapat jadikan patokan penyetelan klep, terlebih pada kendaraan-kendaraan yang telah berusia dua tahun di mana sudah terjadi penurunan presisi komponen. Hal semacam ini menyebaban penyusunan mesin sedikit berubah.

Pada sepeda motor yang usia pakainya telah dari lebih dua tahun umumnya celah klep, clearance piston, ring piston, sisa karbon didalam ruangan bakar, dan desakan kompresi telah alami pergantian sehingga butuh penyusunan atau setting yang tidak sama.

Oleh karenanya, supaya penyusunan sesuai sama performa kendaraan, maka sepeda motor butuh dicoba setelah dilakukan penyetelan. Pada artikel ini, kami akan memandu Anda yang masih kesusahan dalam melakukan penyusunan jarak kerenggangan klep pada sepeda motor. Tetunya untuk yang sudah profesional, informasi artikel kami ini tidak akan memberi nilai lebih.

 

Manfaat klep pada sepeda motor

Klep atau dalam bahasa inggrisnya bernama valve umum di sebut juga katup berfungsi mengatur masuknya gas baru dan keluarnya gas buang sisa pembakaran pada mesin motor.

Pekerjaan dari klep sendiri begitu berat dan vital, karena jika ada kebocoran/ganguan sedikit saja pada klep akan menyebabkan tenaga mesin mengalami penurunan atau arti kerennya performa mesin ngedrop. Oleh karena itu ketahui klep atau katup dan kelengkapannya.

 

Berikut macam-maca klep atau katup yang biasanya dijumpai di sepeda motor, diantaranya sebagai berikut :

Klep (Valve)

Ukuran payung Klep isap di buat lebih lebar dari klep buang dengan maksud supaya pengisian gas baru lebih maksimal.

Klep isap umumnya terbuat dari kombinasi baja chrom dan silikon dan di bagian dudukan dan ujung batang klep diperkeras supaya klep lebih awet.

Untuk klep buang terbuat dari dua logam baja yang tidak sama, untuk batang klep dari baja yang memiliki karakter luncur yang baik dan untuk payung klep dari baja tahan panas karena temperatur pada klep buang bisa meraih 800 derajat celcius.

Per Klep (Spring Valve)

Per klep atau pegas klep berfungsi untuk tutup (kembalikan klep ke posisi awal mulanya) dan menahan klep ketika posisi buka.

Sebisa mungkin kekerasan pegas klep sesuai dengan saran pabrik, karena jika pegas klep sangat lemah akan menyebabkan klep bergetar dan ketika putaran tinggi klep akan tidak tutup prima hingga terjadi kebocoran gas yang akan menyebabkan tenaga motor jadi loyo.

Demikian halnya demikian sebaliknya jika pegas klep sangat kuat akan menyebabkan keausan pada penggerak klep seperti noken-as dan tuas klep. Dan jika dilewatkan terus-terusan tuas klep (rocker arm) dapat patah.

 

Sil klep (seal valve)

Sil klep berfungsi untuk menghindar pelumas (oli) mengalir ke saluran masuk atau buang ruangan bakar.

Jika sil klep rusak atau robek bisa menyebabkan knalpot menjadi ngebul atau berasap, karena pelumas turut terbakar di ruangan bakar atau bila sil klep buang yang robek pelumas akan terbakar karena panas di knalpot.

 

Pengantar/pemegang klep (Split Valve Guide)

Penghantar klep berfungsi sebagai selongsong atau memegang klep supaya posisinya tidak goyang dan mentransfer panas pada klep ke kepala silinder.

Bahan terbuat dari besi tuang yang khusus dan digabung dengan tembaga. Keausan selonsong klep bisa mengakibatkan posisi daun klep tidak rapat dan penggunaan oli jadi boros karena menyelusup melalui selonsong klep.

 

Cara Praktis Menyetel Klep Atau Katup Pada Sepeda Motor

  1. Bebaskan baut-baut pada tutup lubang penyetelan klep.
  2. Terlepas tutup lubang penyusunan watu pengapian dan tutup lubang poros engkol.
  3. Putar crankshaft atau poros engkol menggunaan kunci sock kearah kiri atau arah yang berlawanan dengan arah jarum jam, lalu posisikan sinyal T pada flywheel atau roda hilang ingatan pas ada pada tidakik penunjuk yang ada pada bak mesin kiri.
  4. Penyetalan klep dikerjakan ketika mesin tidak dalam keadaan panas dengan ukuran sesuai pada standard kerenggangan yang terdaftar pada buku manual yakni pada data lampiran celah klip ini dan klep out.

Untuk sepeda motor yang sudah berusia gunakan kian lebih dua tahun butuh dicoba sesudah penyetelan.

Bila klep susah distel

Bila klep susah disetel peluang terjadi beberapa penyebab yang membuat fungsi penyusunan tidak maksimal. Di bawah ini beberapa penyebab yang umumnya terjadi bila klep susah untuk disetel.

Rocker arm telah aus, umumnya keausan terjadi di bagian sepatu rocker arm.

Camshaft atau umum dimaksud dengan juga arti noken as, sudah aus. Keausan pada dua komponen itu, baik rocker arm ataupun camshaft dapat dilihat dengan cara visual. Umumnya muncul sejenis goresan pada komponen itu, atau munculnya celah atau cekungan di bagian camshaft, atau lengkungan pada rocker arm mulai rata.

Baut penyetel klep aus.

Ujung tangkai klep aus.

Bila ditemuan keadaan itu diatas, sebainya komponen selekasnya ditukar. Beberapa peluang yang muncul akibat keausan komponen diatas yaitu :

 

Punya potensi terjadinya kebocoran pada system kompresi mesin, hingga sepeda motor jadi susah untuk dihidupkan.

Bila mesin tetaplah bisa dihidupkan, jadi putaran mesin tidak bisa langsam atau dalam keadaan stasioner.

Peluang akan terjadi kekeliruan dalam penyetelan klep, umpamanya celah sangat rapat hingga kerja mesin sangat berat dan cepat panas, juga menyebabkan tarikan sepeda motor Anda jadi berat. Bila penyetelan klep sangat renggang akan muncul nada yang berisik.

Oleh karenanya, sebaiknya anda meyakinkan kalau komponen-komponen itu dalam keadaan yang sempurna. Bila ada indiasi kalau komponen sudah tidak berfungsi maksimal, baiknya Anda menggantinya dengan komponen yang baru sesuai sama type dan type komponen sebagai standard pabrik.

 

Demikian artikel tentang cara praktis menyetel klep atau katup pada sepeda motor, mudah-mudahan ini bisa membantu meningkatkan performa kendaraan Anda. Terima kasih atas kunjungannya.

 

Salam berkendara aman…

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *