Cara Praktis Menjumper Aki Atau Accu Mobil Secara Benar

  • Whatsapp

Apa yang terjadi bila kita sudah dalam keadaan rapi waktu akan pergi ke kantor atau kuliah atau ke pesta namun mendadak mobil yang akan kita pakai tidak dapat distater?

Tidak bisa hidup! Pasti menjengkelkan, bukan?

Mending masih tetap dirumah hingga kita dapat memanggil taksi atau naik angkutan umum. Bagaimana bila mogok di jalan lalu tidak dapat distater?

Tidak semudah itu meninggalkan mobil di jalan.

Butuh dorong ke tepi, belum lagi bila kita membawa keluarga, lalu mobil ditinggalkan dengan rasa kuatir dipikiran kita, aman gak ya ditinggal di jalan?

Waktu peristiwa itu terjadi baru kita sadari utamanya menjaga mobil hingga dapat distater serta hidup kapanpun dibutuhkan.

 

Penyebab aki tidak bisa di starter

Apa sih penyebabnya mobil tidak dapat distater? Dalam kesempatan ini kami ingin sharing pengalaman mengenai apa yang mengakibatkan mobil tidak dapat distater.

Aki Soak Aki soak yaitu penyebabnya beberapa besar mobil tidak dapat distater. Ya aki yaitu sumber daya paling utama hingga mobil hidup serta bisa dipakai. Apa yang mengakibatkan aki soak hingga mobil tidak dapat menyala? Sebagian penyebabnya yaitu seperti berikut :

Air aki habis. Aki cair yang tidak dikontrol lama-lama akan habis airnya serta kering, setrumnya akan hilang, hingga kadang-kadang kita butuh mendorong-dorong sembari distarter.

Lupa mematikan lampu mobil. Pengalaman ini terjadi saat saya lupa mematikan lampu depan mobil waktu parkir serta membiarkan lampu hidup sepanjang sebagian jam.

Walhasil, mobil tidak dapat distater sesudahnya serta saya sangat terpaksa mesti mengecas aki.

Dinamo Amper tidak bisa berfungsi kalau dalam keadaan buruk, tidak akan mengisi listrik ke aki. Oleh karenanya cermati gambar aki di dashboard mobil apakah menyala atau tidak.

Bila menyala selalu bermakna dynamo amper anda punya masalah.

 

Bagaimana caranya lakukan jumper aki mobil? Maksud dari pekerjaan ini yaitu memancing tenaga aki yang semula lemah hingga dapat menyalakan mesin mobil.

Trik ini dapat Anda aplikasikan jika mobil mengalami mogok di dalam perjalanan maupun mesin mendadak tidak dapat dihidupkan walau telah menghimpit starter berulang-kali.

Tandanya yakni ketika lampu paling utama dinyalakan, cahaya lampu yang dibuatnya terlihat redup. Nada klakson juga terdengar lemah dan tanda pada speedometer tidak bisa berperan.

Sesungguhnya tidaklah terlalu susah kok untuk lakukan jumper pada aki mobil. Janganlah menyerah bila Anda hadapi masalah waktu mengerjakannya.

Semakin lebih baik apabila terlebih dulu Anda memohon tuntunan dari beberapa orang paling dekat yang sudah tahu.

Pada prinsipnya, Anda dapat menjumper aki dengan memakai aki lain yang keadaannya bagus atau menggunakan aki dari mobil lain.

Cara Praktis Menjumper Aki Atau Accu Mobil Secara Benar

Berikut ini cara praktis menjumper aki atau accu mobil secara benar

 

Anda mesti mempersiapkan aki lain yang masih tetap bagus. Pilihan yang lain dapat pula lakukan jumper dengan aki dari mobil yang lain.

Anda juga harus mempersiapkan kabel jumper yang berkualitas bagus. Kabel jumper umumnya berwarna hitam serta merah.

Disarankan tentukan kabel yang memiliki ukuran cukup besar dengan diameter urat sekitaran 10 mm.

Ini bermanfaat untuk menghindar kabel mengalami panas yang berlebihan karna terima aliran listrik yang sangat tinggi, terlebih waktu mesin dinyalakan.

Butuh di ketahui, aliran listrik saat mesin di-starter dapat meraih 120 A.

Sesudah kedua bahan diatas telah siap, tempatkan mobil Anda dengan jarak yang berdekatan dengan aki lain/mobil lain.

Upayakan kabel jumper itu dapat mencapai mobil Anda serta bahan yang digunakan untuk kepentingan menjumper.

Langkah selanjutnya sambungkan kabel merah ke kutub positif pada aki serta kabel hitam ke kutub negatif pada aki.

Gunakan kabel ini ke ke-2 aki itu, baik aki yang akan dijumper ataupun aki yang dipakai untuk menjumper. Yakinkan posisi kabel-kabel ini tidak salah.

Tunggulah sekitaran 15-30 menit sebelumnya aki di-starter. Hal semacam ini mempunyai tujuan untuk mengalirkan setrum pada aki yang akan di-starter.

Terutama apabila daya listrik pada aki ini telah betul-betul habis. Umpamanya pada aki yang telah demikian lama tidak dinyalakan.

Bila mobil telah menyala, coba bebaskan kabel jumper satu per satu dari mulai aki yang di-jumper.

Sepanjang sistem penyetruman ini upayakan kedua kabel yang tidak sama kutub ini jangan pernah sama-sama bersentuhan karna dapat mengakibatkan terjadinya korsleting.

Sesudah mesin mobil telah bisa dihidupkan, cermati panel yang terdapat di speedometer mobil Anda. Apakah lampu aki terlihat menyala atau mati?

Lampu aki yang tidak menyala mengisyaratkan proses pengisian aki dari cas dinamo (alternator) masih tetap berperan normal.

Demikian sebaliknya bila lampu aki tampak hidup artinya proses charging aki itu tengah mengalami masalah hingga alternator-nya mesti diperbaiki.

 

 

Panduan Bila Tidak Ada Kabel Jumper

Dalam keadaan darurat seumpama tidak ada kabel jumper, langkah yang dapat dikerjakan yaitu :

  1. Pinjam aki yang masih tetap bagus, dengan ukuran fisik yang sama baik bentuk maupn ukuran kepala akinya (terminal aki).
  2. Buka aki mobil yang soak, gunakan aki yang dipinjam, lalu starter mesin hingga mobil hidup.
  3. Waktu mesin telah hidup, bebaskan kleman aki negatif dari kepala aki.

Bila mesin tetaplah hidup kita dapat teruskan dengan melepas kleman di terminal positif, lalu angkat aki serta ganti dengan aki yang kurang setrum tadi supaya di charge oleh Alternator.

Perhatian : waktu ganti aki pada saat mesin hidup yakinkan kedua kabel atau klem aki positif serta negatif aman tidak bersentuhan keduanya atau jagalah supaya kleman aki Plus tidak bersentuhan dengan ground atau massa.

 

Demikian tadi artikel tentang cara praktis menjumper aki atau accu mobil secara benar. Semoga bisa terinspirasi.

 

Salam berkendara aman…

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *