Cara praktis menghemat bahan bakar motor agar lebih irit

  • Whatsapp

Sepeda motor atau mobil anda terasa bahan bakarnya semakin boros? sudah pasti anda akan kecewa dan jengkel, bukan? Dan tentunya dana yang anda keluarkan akan cepat habis untuk beli bahan bakar untuk kendaraan anda.

Penyebabnya bakan bakar boros cukup banyak, mulai dari busi, karburator atau mesin yang telah memakai injector, klep, saringan hawa dan masih banyak lagi.

Nah, pada saat ini kami dari blog ototrend.co.id akan menyampaikan info tentang beberapa hal yang menjadi sebab bahan bakar boros.

Pada mobil yang bahan bakarnya boros bisa diindikasikan pada 2 hal yaitu rusak secar teknis pada mesin dan disebabkan oleh rutinitas sang pengemudi yg tidak benar dalam berkendara.

Berikut ini beberapa penyebab bahan bakar kendaraan anda menjadi boros secara tiba-tiba

Penyebab Motor Anda Boros Bahan bakar

Anda harus tahu sebagian atau secara keseluruhan penyebab kenapa motor anda terasanya boros waktu di perjalanan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. GAS SERET

Penyebab yang pertama yaitu gas seret, mengapa hal semacam ini punya pengaruh? Hal ini dikarenakan waktu anda mengegas tuas gas itu dalam kondisi seret, secara otomatis skep akan terangkat sehingga menyebabkan aliran bensin terbuka. Hal ini akan menjadi percuma apabila tidak anda perbaiki.

  1. RANTAI KENDUR

Penyebab motor boros yang ke-2 yaitu rantai kendur, kenapa hal itu bisa mempengaruhi? karena waktu rantai kendur, motor anda bakal merasa berat tarikannya, lalu hal itu memerlukan tenaga lagi untuk menarik satu roda belakang  yang akhirnya bahan bakar anda akan menjadi korban untuk menambah tenaga cadangan.

 

 

  1. KARBURATOR KOTOR

Penyebab motor boros yang ketiga yaitu permasalahan karburator, karburator mempunyai pengaruh kuat pada jalanya motor, oleh karenanya apabila motor anda terasa punya masalah, telitilah karburator anda, demikian halnya apabila motor terasa boros, ada peluang karburator anda harus dibersihkan.

  1. KLEP BOCOR

Keempat yaitu kondisi klep. Klep menjadi begitu vital untuk memastikan boros serta tidaknya motor, jika klep anda bocor secara otomatis bensin anda akan terbuang sia-sia

  1. FILTER UDARA KOTOR

Filter udara adalah saluran yang dilalui oleh bensin untuk sistem pembakaran, secara teori, bahan bakar bensin bercampur udara akan terjadi pembakaran, hasilnya hal itu tidak akan menjadi seimbang apabila udara bercampur dengan kotoran atau debu.

Nah setelah kita tahu penyebab terjadinya keborosan pada bahan bakar motor kita. Alangkah baiknya kita akan membahas bagaimana cara agar kita bisa menghemat bahan bakar motor.

dalam memilih kondisi motor yang hemat bahan bakarnya pastinya ada beberapa keuntungan yang dihasilkan, satu diantaranya dapat menghemat isi dompet kita lalu kemudian juga bisa mengurangi pemakaian minyak bumi yang makin lama pastinya akan semakin habis. Nah di bawah ini terdapat 10 tips panduan tentang bagaimana caranya menghemat bahan bakar motor supaya lebih hemat. Simak diantaranya :

  1. Kondisi tekanan Ban

Walau terlihat sepele, tetapi hal semacam ini mempunyai manfaat besar dalam menghemat mengkonsumsi BBM. Bila tekanan angin ban motor kurang, konsumsi akan BBM lebih boros sekitar 10-15 %.

  1. Atur Jarak Main Rem

Maksudnya jaga jarak dengan kendaraan yang ada di depan dengan mengerem perlahan supaya tidak sampai terlalu mepet dengan kendaraan didepannya. Hal ini dikarenakan lari motor akan menjadi lebih berat serta bikin boros bahan bakar. Jarak main tuas rem baik depan ataupun belakang baiknya ada minimum sepertiga dari jarak main tuas keseluruhannya.

  1. PeriksaKeadaan Roda

Kelancaran putaran roda juga harus dilakukan pemeriksaan. Hal ini dikarenakan apabila putaran roda berat atau tidak presisi, laju motor bakal berat, serta dapat memboroskan bahan bakar. Keadaan ini umumnya berlangsung karena pelek yang “speleng”, bearing roda yang aus atau kurang pelumasan, dan sebagainya.

  1. Periksa Busi

Busi adalah satu diantara perangkat utama yang berkaitan dengan performa boros atau tidaknya bahan bakar.

Durasi kerja busi dapat efisien sampai jarak tempuh 6. 000-7. 000 Km. jika lebih dari itu, kinerja busi mulai alami penurunan, hasil pembakaran di ruangan bakar juga “ngedrop”.

Pada akhirnya, penggunaan BBM jadi boros, sebab kombinasi gas jadi tidak terbakar dengan baik, tenaga mesin juga di pastikan bakal jadi loyo.

Bila umur busi masih efisien, rajin-rajinlah dibersihkan, sebab apabila elektroda busi hingga diselimuti kerak, dapat menurunkan kualitas percikan busi. Diluar itu, atur juga kerenggangan elektroda busi sesuai dengan spesifikasi yang disarankan.

5. Pelumas

Daya lumas oli yang baik dimaksud dapat bikin kitiran mesin lebih mudah, dan bisa melindungi kompresi di ruangan bakar dengan cara prima. Ini bakal membuat power mesin lebih maksimal, hingga lari motor lebih cepat, tetapi bensin menjadi lebih irit. Pengantian oli dengan cara teratur disarankan dilakukan setiap jarak tempuh 2.000 – 2.500 Km.

  1. Filter Udara

Filter jenis viscous element tidak bisa dibuat bersih dengan cara disemprot angin bertekanan. Sebab, hal itu akan mengakibatkan kerusakan filter serta melunturkan pelumas penangkap debu di dalamnya. Apabila terlihat kotor, sebaiknya segera ditukar dengan yang baru, tetapi yang terbuat dari bahan busa, masihlah dapat dicuci. Selain menghemat  BBM, tarikan motor juga tambah lebih ringan.

  1. Setel Klep

Celah klep sangat longgar atau rapat dapat buat tenaga mesin alami penurunan. Umumnya, bila sang pembesut condong membetot gas lebih dalam untuk mencapai akselerasi cepat, dampaknya BBM banyak terpakai. Jadi, kerenggangan komponen ini harus disetel pas, sesuai dengan spesifikasi setiap motor.

 

  1. GunakanFuel Saver

Pemakaian aplikasi ” part ” pengirit bensin lebih baik digunakan alias wajib hukumnya. Sebut saja seperti Power FX-Femax, ring bensin, dan sebagainya.

Sebab berdasar pada hasil penelitian, “part” itu memang dapat dibuktikan dapat menghemat penggunaan bensin sampai 10%.

  1. Ringankan Beban Motor

Motor yang mempunyai beban yang berat biasanya akan membuat kecepatan lari juga ikut berat. Pengendara menjadi sering memuntir gas dalam waktu akan berakselerasi cepat. Jadi, baiknya jauhi penggunaan aksesories terlalu berlebih yang bisa bikin bobot motor jadi bertambah.

  1. Cara Berkendara

Tips cara menghemat bahan bakar motor diatas pasti bisa disebut percuma bila tidak diimbangi dengan cara berkendara yang benar.

Beberapa hal berkendara yang bikin boros BBM adalah kebut-kebutan, sering memuntir gas mendadak sesudah motor berhenti, sering main selip kopling serta yang lain. Sebaiknya, nyalakan motor dengan kalem, mengurut gas perlahan saat berakselerasi, memposisikan perseneling pada keadaan kecepatan dan putaran mesin yang sesuai.

Dengan melakukan hal tersebut, dijamin anda akan lebih berhemat dalam mengkonsumsi BBM motor Anda.

Demikian artikel tentang Cara praktis menghemat bahan bakar motor agar lebih irit. Semoga bisa menginspirasi anda dalam dunia otomotif.

 

Selamat mencoba…

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *