Cara Praktis Memperbaiki Rem Cakram Blong Pada Motor Yang Benar

  • Whatsapp

Apakah anda ingin mengetahui cara menangani rem cakram yang blong? Manfaat rem pada sepeda motor yaitu untuk memperlambat laju rotasi roda.

Dengan demikian, pengendara dapat tetap mengatur jalannya kendaraan dengan lancar dan menghadapi terjadinya beberapa hal yang tidak dikehendaki.

Mengingat perananannya sangat signifikan pada keamanan sepeda motor, wajib hukumnya untuk Anda untuk melakukan perawatan berkala pada rem motor.

Bila tidak, maka cepat atau lambat rem itu akan mengalami kerusakan yang cukup serius.

Salah satu diantaranya yakni rem jadi blong sehingga diperlukan tenaga ekstra untuk menjepit pedal rem bahkan juga rem tidak dapat berfungsi sekalipun.

 

Kelebihan Rem Cakram dari pada yang lain

Sistem rem sepeda motor adalah sistem yang sangat utama karena terkait dengan aspek keselamatan berkendara.

Sistem rem berfungsi untuk memperlambat dan atau menghentikan sepeda motor lewat cara merubah tenaga kinetik/gerak dari kendaraan itu menjadi tenaga panas.

Pergantian tenaga itu didapat dari gesekan pada komponen bergerak yang dipasangkan pada roda sepeda motor dengan suatu bahan yang didesain khusus tahan terhadap gesekan.

Rem cakram dioperasikan dengan cara mekanis dengan menggunakan kabel baja dan batang/tangkai dengan cara hidrolist dengan menggunakan tekanan zat cair.

Pada rem cakram, putaran roda dikurangi atau dihentikan lewat cara penjepitan cakram (disc) oleh dua bilah sepatu rem (brake pads).

Rem cakram memiliki satu plat disc (plat piringan) yang terbuat dari stainless steel (baja) yang akan berputar berbarengan dengan roda.

Ketika rem dipakai plat disc tercekam dengan gaya bantalan piston yang bekerja sacara hidrolik.

Menurut mekanisme penggerakannya, rem cakram dibedakan jadi dua jenis, yakni rem cakram mekanis dan rem cakram hidrolis. Biasanya yang dipakai yaitu rem cakram hidrolis.

Adapun kelebihan dalam memakai rem cakram (Disk Brake) yaitu seperti berikut :

  1. Panas akan hilang dengan cepat dan cenderung menghilang ketika disk dibuka. Akibatnya kondisi rem yang stabil bisa terjamin.
  2. Sama bila rem mesti memindahkan panas, Clearence pada rem dan bantalan akan sedikit berubah. Karena itu tangkai rem dan pedal bisa beroperasi dengan normal.
  3. Bila rem basah, maka air tersebut akan akan dipercikkan keluar dengan gaya Sentrifugal.

 

Penyebab rem cakram menjadi blong

Nah, penyebab mengapa rem cakram motor tiba-tiba blong itu juga karena beragam penyebabnya.

Pada kesempatan ini kami akan menginformasikan beberapa penyebabnya yang membuat rem cakram sepeda motor menjadi blong sehingga kita akan dengan gampang melakukan perbaikan sendiri di rumah. Berikut diantaranya :

 

  1. Habisnya minyak rem/fluida rem

Salah satu diantara penyebab yang dapat membuat mengapa rem cakram motor kita menjadi blong adalah karena habisnya cairan minyak rem yang ada di dalam sistem hidrolis rem itu.

Hal itu juga dapat dikarenakan adanya kebocoran pada selang penghubung minyak rem dari master ke piston.

Ataupun dikarenakan tipisnya kampas rem yang mengakibatkan minyak rem menjadi turun/menyusut dan mengakibatkan masuk angin.

 

  1. Bocornya selang distributor minyak rem

Poin nomor dua ini menyambung dari poin nomor satu diatas yang mengakibatkan habisnya minyak rem dari dalam sistem hidrolis sehingga saat terjadi pengereman menjadi tidak berfungsi seperti waktu normal.

Sebab untuk mendorong piston rem memerlukan cairan minyak rem di dalam sistemnya, tanpa ada cairan itu maka rem tidak bisa berfungsi dengan baik.

 

  1. Rusaknya karet shell piston kaliper dan master rem

Aspek lain yang membuat rem cakram menjadi blong setelah itu yaitu karena adanya kerusakan di bagian karet shell yang ada pada piston kaliper maupun yang ada pada master rem.

Sehingga pada saat tuas rem ditekan, baik piston yang ada di master rem tidak dapat mendorong dan mendistribusikan tekanan minyak menuju piston kaliper, maupun master rem.

 

  1. Tipisnya kampas rem cakram depan

Bersamaan masa penggunaan pasti saja kampas rem yang awal mulanya tidak terlalu tipis berubah menjadi sangat tipis akibat terkikis secara terus-menerus.

Dan tipisnya kampas rem ini membuat piston lebih menonjol keluar dan mengakibatkan ketinggian minyak rem mengalami penurunan.

Turunnya minyak rem ini mungkin membuat gelembung udara turut masuk dalam saluran sistem rem waktu kita melakukan pengereman.

 

Cara Praktis Memperbaiki Rem Cakram Blong Pada Motor Yang Benar

 

Berikut ini cara mengatasi rem cakram yang blong pada sepeda motor yang bisa anda praktikkan di rumah. Diantaranya :

 

Alat dan Bahan :

  1. Oli rem
  2. Kunci ring 11 atau sesuai sama ukuran baut nipel
  3. Selang untuk mengalirkan oli rem dari nipel
  4. Wadah untuk menyimpan oli rem

 

Beberapa caranya sebagai berikut :

  1. Tekan tuas rem melalui cara mengocoknya berkali-kali sampai merasa ada tekanan. Tahan posisi tuas itu dan jangan dilepaskan.
  2. Kendurkan cengkeraman baut nipel lewat cara membukanya sebentar lalu mengencangkannya lagi.

Ketika baut nipel terbuka, maka oli rem akan mengalir keluar dari lubang baut nipel.

  1. Cermati bila aliran oli rem itu pelan dan sedikit, berarati masih ada udara yang terjerat di dalamnya.

Sedang apabila oli rem keluar dengan semprotan yang cukup deras, tandanya udara didalam sistem pengereman telah hilang.

  1. Jadi kendurkan dan kencangkan baut nipel dengan cara berkali-kali sehingga didapat hasil oli rem yang mengalir kuat.

Tetapi ingat, selama proses ini dikerjakan, Anda mesti mengisi oli rem ke tabung reservoir master rem supaya volume oli di dalamnya tidak sampai habis.

Jika cadangan oli rem habis, maka udara bisa masuk kembali.

 

Lakukan beberapa langkah diatas dengan hati-hati.

Pastikan tetesan oli rem tidak mengenai kulit, cat, atau logam karena bisa menyebabkan gatal dan menyebabkan korosi.

Dianjurkan untuk menyimpan oli rem buangan kedalam wadah khusus yang aman dan kuat.

Demikian tadi artikel tentang cara praktis memperbaiki rem cakram blong pada motor yang benar. Semoga bisa menginspirasi anda dalam mengatasi rem cakram yang blong pada motor anda.

 

Salam berkendara aman…

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *