Cara Praktis Membersihkan Debu Mobil Dengan Menggunakan Kemoceng

  • Whatsapp

Musim kemarau sebentar lagi tiba. Bagi para pemilik mobil, bersiaplah untuk rajin-rajin membersihkan mobil Anda dari debu dan kotoran. Pada musim kemarau, debu bukan sekedar berada dijalanan.

Mobil yang diparkir di garasi tempat tinggal pun juga bisa dipenuhi oleh debu. Jika selalu dibiarkan, debu bakal menumpuk dan menyebabkan kerak baik pada cat bodi mobil ataupun pada kaca mobil bahkan akan semakin susah dibersihkan.

Partikel-partikel pada debu tersebut mempunyai potensi membuat warna cat mobil menjadi pudar. Mengenai cara membersihkan mobil dari debu yang membandel sebenarnya termasuk hal yang mudah, tetapi hal ini juga tidak bisa asal-asalan.

Cara membersihkan debu pada mobil dengan asal-asalan bisa membuat munculnya goresan-goresan halus atau baret pada cat mobil Anda.

Apabila Anda melakukannya dengan cara terus menerus, pasti goresan-goresan itu akan semakin tampak dan biasanya semakin lama goresan tersebut akan terlihat seperti sarang laba-laba.

Tidak ingin hal seperti ini terjadi pada mobil kesayangan anda? Yuk kita kenali cara praktis membersihkan debu mobil dengan benar di bawah ini.

Untuk bersihkan mobil dari debu, sebenarnya ada cara yang mudah dan efisien, yakni memakai kemoceng. Dengan kemoceng, anda bisa menyingkirkan debu yang melekat pada mobil dengan mudah.

Cara membersihkan mobil dari debu memakai kemoceng bisa dibilang sangat praktis karena anda tidak membutuhkan kain lap, air, ataupun deterjen.

Tidak sama dengan membersihkan mobil yang memerlukan banyak tenaga, membersihkan debu dari mobil dengan kemoceng termasuk sangat ringan dan mudah diatasi.

Tetapi Anda harus selektif dalam memilih kemoceng. Tidak semuanya kemoceng pas dipakai untuk membersihkan debu yang melekat pada mobil anda. Berikut penjelasan dari artikel cara praktis membersihkan debu mobil dengan menggunakan kemoceng

Cara Memilih Kemoceng Yang Tepat

Di pasar, kita bisa dengan mudah menjumpai penjual kemoceng, baik yang dibawa keliling kampung, yang di jual di pasar, di kios, di toko, ataupun di supermarket. Di daerah, kemoceng seringkali di kenal dengan nama sulak.

Agar bisa tahu kemoceng atau sulak mana yang cocok dipakai untuk membersihkan debu yang melekat pada mobil, terlebih dulu sebaiknya kita mengetahui lebih dalam tentang kemoceng dan bahan apa saja yang biasa dipakai untuk membuat kemoceng tersebut. Beberapa bahan yang sering dipakai untuk membuat kemoceng diantaranya wool, potongan kain mikrofiber, potongan kain biasa, rumbai-rumbai tali rafia, dan yang paling umum adalah kemoceng dari bulu ayam atau unggas yang lain.

Kemoceng terbaik yang dipakai untuk menyingkirkan debu pada mobil anda, adalah kemoceng yang terbuat dari bahan wool.

Kemoceng berbahan wool umumnya terbuat dari bulu domba asli. Tetapi kekuatannya yang terbatas untuk membersihkan debu ringan yang tidak terlalu menempel pada permukaan mobil.

Kemoceng berbahan wool ini begitu halus, sehingga kecil kemungkinan menyebabkan goresan maupun baret pada mobil.

Sulak berbahan wool ini cocok dipakai untuk membersihkan interior mobil. Tetapi sayangnya kemoceng jenis ini masih susah diperolah dipasaran terlebih lagi di daerah pedesaan.

Di daerah pedesaan, kemoceng banyak sekali jenis yang biasa didapati. Salah satunya adalah kemoceng yang terbuat berbahan rumbai tali rafia, kemoceng berbahan bulu ayam, serta kemoceng dari kain biasa.

Kadang hal ini menjadi permasalahan karena malah kemoceng yang biasa didapati adalah kemoceng yang TIDAK DIREKOMENDASIKAN untuk membersihkan debu di mobil Anda.

Mengapa kemoceng-kemoceng itu tidak kami merekomendasikan untuk membersihkan debu di permukaan mobil Anda? Karena bahan tali rafia mempunyai struktur serat yang kasar yang bisa menyebabkan goresan-goresan halus pada mobil Anda.

Lalu bagaimana dengan kemoceng dari bulu ayam dan dari kain biasa? Pada bulu ayam, terdapat batang bulu ayam yang kaku, batang atau tulang bulu ini sangat mempunyai potensi menyebabkan goresan pada bodi mobil. Begitu halnya dengan kemoceng berbahan kain biasa.

Kain sisa dengan struktur kasar pasti memiliki resiko menyebabkan baret.

Selain karena ketiga bahan itu bisa mengakibatkan kerusakan permukaan mobil, daya serap pada debu dan kotoran juga begitu minim sehingga menjadi tidak efisien dalam memberihkan debu pada mobil Anda. Karena itulah mengapa kami TIDAK MEREKOMENDASIKAN pemakaian ketiga kemoceng itu.

 

Rekomendasi Kemoceng yang Baik

Akhirnya dalam memilih kemoceng yang sesuai dalam artikel cara praktis membersihkan debu mobil dengan menggunakan kemoceng, yaitu kemoceng yang terbuat dari bahan kain mikrofiber.

Kemoceng mikrofiber baik dipakai untuk membersihkan semua debu, dari mulai debu tipis sampai debu yang tebal.

Kain mikrofiber begitu efisien dipakai untuk menghilangkan noda, kotoran, ataupun debu-debu yang ada dalam mobil Anda serta efisien menyingkirkan debu dan terutama tidak menyebabkan goresan pada bodi mobil.

Kemoceng jenis ini juga sangat mudah dan praktis dalam pembersihannya.

 

Cara Praktis Membersihkan Debu Mobil Dengan Menggunakan Kemoceng

 

Cara praktis membersihkan debu mobil dengan menggunakan kemoceng yang pertama yaitu sebaiknya saat membersihkan debu, janganlah menekan kemoceng dengan terlalu keras.

Cukup pakai gerakan mengusap saja pada permukaan mobil. Gerakan mengusap dengan tidakterlalu mengambang malah efisien untuk membersihkan debu-debu yang melekat.

 

Cara praktis membersihkan debu mobil dengan menggunakan kemoceng yang kedua yaitu selalu waspada saat membersihkan mobil dengan kemoceng.

Pegangan kemoceng seringkali mengenai permukaan mobil dan akhirnya menyebabkan goresan kecil. Jadi, perhatikan posisi pegangan kemoceng dan atur gerakan tangan anda agar tidak mengenai bodi mobil.

 

Cara praktis membersihkan debu mobil dengan menggunakan kemoceng yang ketiga yaitu memakai gerakan satu arah waktu mengusap debu yang melekat pada mobil (umpamanya memakai gerakan dari atas ke bawah).

Gerakan seperti ini efisien dalam membersihkan debu karena kecil kemungkinan terjadinya goresan pada bodi mobil.

 

Nah, demikian artikel tentang cara praktis membersihkan debu mobil dengan menggunakan kemoceng. Mudah-mudahan artikel ini berguna untuk Anda dalam menjaga mobil. Sehingga meskipun musim kemarau tiba, mobil Anda bisa tetap tampak bersih dan terbebas dari debu.

 

Salam berkendara aman…

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *