Cara Praktis Membersihkan Busi Sepeda Motor yang Benar

  • Whatsapp

Busi motor adalah komponen pengapian yang bertugas memantikan api listrik dalam satu rangkaian sistem pembakaran didalam mesin motor.

Api yang diciptakan dari busi inilah yang membuat mesin menjadi hidup dan menyala.

Nah bisa dibayangkan, bila busi motor ini kotor lalu pada akhirnya ada masalah, maka bisa dipastikan kalau motor tidak hidup dengan kata lain “mogok”.

Mungkin saja Anda ajukan pertanyaan, mengapa busi motor dapat kotor? Ada banyak hal yang membuat busi motor menjadi kotor, salah satunya debu, kotoran, ataupun kerak yang muncul akibat umur busi yang telah berumur.

Ingin tahu bagaimana cara praktis membersihkan busi sepeda motor yang benar? Mari kita simak artikel tentang cara praktis membersihkan busi sepeda motor yang benar di bawah ini…

 

Penyebab Busi Kotor

Inilah penyebab busi motor menjadi rusak dan kotor, berikut diantaranya :

 

  1. Kebocoran Kompresi Mesin

Kebocoran kompresi dapat disimpulkan sebagai hilangnya desakan di ruangan silinder ruangan pembakaran (combustion chamber).

Hal semacam ini membuat proses pembakaran menjadi tidak prima dan tenaga mesin akan ngempos.

Motor yang kompresi mesinnya bocor akan terasa lambat tarikan gasnya walau grip gas telah dibuka penuh. Bahkan juga putaran mesin saat langsam atau di rpm tinggi juga kadang-kadang hilang.

Akibatnya karena kebocoran ini menyebabkan busi cepat mati dan berwarna hitam pekat.

 

  1. Pengaturan Bahan Bakar Tidak Sesuai

Salah pengaturan bahan bakar bisa menyebabkan hisapan bensin menjadi sangat banyak. Hal semacam ini umumnya terjadi pada motor yang masih memakai komponen karburator.

Dalam keadaan ini, karburator bisa menjadi banjir yang menyebabkan ruangan mesin penuh adanya bensin sehingga menjadi lembap dan cepat kotor.

Busi yang kotor bisa menyebabkan korsleting dan membuatnya cepat mati.

  1. Korsleting Pada Jalur Pengapian

Korsleting ini bisa membuat motor menjadi ngadat (brebet). Korsleting ini dapat jadi alat pengapian seperti koil, cdi spul cepat mati.

 

  1. Pemasangan Busi Kurang Tepat

Hal yang paling mudah untuk menjadi penyebab busi rusak ini yaitu pemasangan busi yang kurang pas. Kejadian ini sering dihadapi bagi yang memiliki motor yang baru mengganti busi lama dengan busi yang baru.

 

Membersihkan busi pada sepeda motor sesungguhnya bukan merupakan hal yang susah. Hal semacam ini bisa diliat, kalau sebagian besar yang memiliki sepeda motor jarang membersihkan sendiri busi motornya.

Untuk yang belum pernah membersihkan busi motornya sendiri, kami akan berikan sedikit deskripsi kasarnya ya.

Begini, sediakan kunci busi, lalu buka businya, bersihkan, tes dan cek apakah busi tersebut sudah bekerja dengan normal kembali, bila telah oke Anda bisa menempatkan kembali busi pada tempat awalnya.

Nah gampang kan? Ingin tahu bagaimana detail cara membersihkan busi? Baik, kami akan cara praktis membersihkan busi sepeda motor yang benar di bawah ini.

 

Cara Praktis Membersihkan Busi Sepeda Motor Yang Benar

Yang akan kami berikan disini mungkin saja akan menyebabkan pro kontra, terlebih untuk Anda yang mungkin saja telah jago dalam soal bongkar-pasang dan membersihkan busi motor.

Biasanya, orang yang membersihkan busi motor, itu dengan cara mengamplasnya.

Pemakaian amplas untuk membersihkan kepala busi yang kotor merupakan cara yang tepat untuk membuat mesin motor kembali menyala sehingga cara tersebut banyak dikerjakan baik oleh mereka yang membersihkan busi dirumah, ataupun tukang mesin di bengkel-bengkel.

Tetapi sesungguhnya cara membersihkan busi motor dengan amplas itu kurang baik karena bisa membuat susunan elektroda atau torak menjadi tidak tebal lalu akan membuat jarak kepala busi dengan elektroda menjadi renggang.

Kemudian bagaimana dengan cara membersihkan busi sepeda motor dengan merendamnya di dalam cairan bensin atau minyak tanah? Banyak montir di bengkel-bengkel sering melakukan cara tersebut.

Maksudnya agar kotoran yang melekat pada busi bisa cepat lepas. Ada yang menyampaikan kalau cara membersihkan busi motor seperti itu kurang pas karena beberapa zat didalam bensin ataupun minyak tanah bisa menjadi penyebab munculnya kotoran pada busi motor.

Lalu bagaimana caranya bersihkan busi sepeda motor dengan benar dan tepat? Cara membersihkan busi sepeda motor yang benar yaitu memakai sikat kawat yang terlebih dulu telah dilumuri bensin. Cara membersihkan busi motor dari kotoran dan kerak memakai sikat kawat memang lebih memakan waktu dan memerlukan kesabaran.

Tetapi hasil yang diperoleh semakin lebih optimal, ditambah lagi cara membersihkan busi sepeda motor dengan sikat kawat ini bisa membuat busi motor tetap awet.

Oleh karena itu, cara membersihkan busi motor dengan sikat kawat, menurut kami merupakan cara yang paling baik.

 

Tips Merawat Busi Sepeda Motor Kesayangan Anda

Setelah membersihkan busi motor dari kotoran, saat ini waktunya anda untuk memeriksa pengapian busi.

Bila bunga api atau percikan api yang dibuat termasuk normal yakni percikan api berwarna biru, maka proses pembersihkan busi sudah selesai.

Tetapi bila percikan api masih terhambat oleh kerak, lebih baik anda menyingkirkan kerak itu terlebih dulu memakai sikat kawat.

Untuk perawatan busi, sebaiknya merubah busi setiap 10. 000 Km atau sesuai dengan kondisi motor anda.

Jangan cuma memperhatikan pada busi karena kabel busi yang sudah lama tidak diganti maka bisa juga mengakibatkan kerja busi sudah tidak maksmial.

 

Demikian penjelasan artikel tentang cara praktis membersihkan busi sepeda motor yang benar. Semoga penjelasan ini bisa berguna untuk anda.

Semua penjelasan kami diatas, sudah kami siapkan khusus untuk anda pembaca setia caraotomotif.com agar motor kesayangan anda masih terlihat maksimal luar dalam.

 

Salam berkendara aman…

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *