Cara Praktis Isi Aki atau Accu Pada Sepeda Motor Yang Benar

  • Whatsapp

Untuk anda pemakai sepeda motor pastinya setiap motor tentu mempunyai aki motor dimana manfaatnya yaitu untuk kelistrikan pada suatu motor, bila kelistrikan tidak ada maka motor juga tidak dapat hidup.

Nah pada saat ini kami berbagi info tentang bagaimana cara praktis isi aki/accu pada sepeda motor yang benar yang dapat anda simak detailnya berikut ini :

 

Suatu motor tentunya mempunyai sumber kelistrikan, untuk motor sendiri sumber kelistrikan yakni memakai aki, untuk aki sendiri itu ada 2 jenis yakni sering kita kenal dengan aki kering dan aki basah. Bila anda memakai aki kering maka aki itu bebas dari perawatan tujuannya anda tidak mesti melakukan pemeriksaan apakah air akinya telah habis atau belum karena aki kering bisa berdiri sendiri.

Tetapi saat setrum yang ada pada aki itu ngedrop maka tidak dapat diapa-apakan lagi dan anda mesti ganti dengan yang baru.

Lain lagi dengan anda memakai aki motor yang jenis Aki basah, untuk aki basah dia memakai cairan accu atau yang sering di sebut dengan ACCU ZUUR, aki yang jenis satu ini memerlukan perawatan yakni lewat cara selalu cek dan memberikan air saat telah menyusut.

Pada sebagian jenis aki basah ada yang ada kontrol untuk keadaan cairan aki dan tegangan yang umumnya ditandai dengan warna.

 

Fungsi dan Manfaat Aki Pada Kendaraan Bermotor

Aki adalah sumber arus listrik. Dia akan membuat arus listrik itu buat menyalakan mesin dengan donasi dinamo starter pada kendaran bermotor seperti sepeda motor dan mobil.

Ketika sepeda motor atau mobil jalan, aki dimuati dan diisi oleh arus listrik dan dipakai sampai keadaan aki selalu awet sebagai penghasil sumber listrik pada kendaraan bermotor.

 

Oleh sebab itu, karakter aki yang bisa isi daya kembali, maka jika mempunyai aki dengan sel yang baik maka daya ketahanan dari suatu aki akan berusia panjang.

Tetapi bila sel aki yang kita pakai mempunyai kualitas yang kurang baik, maka keadaan aki tidak akan berusia panjang dan harus segera dilakukan pergantian aki yang baru.

 

Pada penggunaan normal, aki dapat bertahan mulai enam hingga dua belas bulan. Manfaat aki yang lain yaitu suatu peralatan buat mengumpulkan daya daya tenaga listrik, penghasil juga penyimpan daya daya listrik dari proses reaksi kimia.

Disamping itu suatu aki juga mempunyai manfaat sebagai perangkat buat merubah tenaga listrik menmaka tenaga kimia atau begitu sebaliknya.

 

Nah Pada saat ini kami ingin membahas pada pemakaian aki basah, pada jenis aki ini saat cairan aki telah tawar (habis kandungannya) maka setrum umumnya akan drop atau setrum aki habis saat di saat pagi hari (semalam).

Keadaan seperti ini sesungguhnya dapat kita perbaiki lewat cara menguras aki.

Biasanya dengan cara menguras kai accu, langkahnya sesungguhnya cukup gampang tidak susah namun ada banyak hal yang butuh anda perhatikan dahulu, karena cairan aki itu beresiko maka dianjurkan anda memakai sarung tangan dan kaca mata.

 

Supaya aki basah pada motor anda tetep awet maka kita mesti sering cek keadaan airnya jangan pernah kehabisan.

Janganlah mempercayakan pada mekanik waktu service motor saja kareja service motor pada umumnya jadwalnya yaitu rata-rata setiap 2 bulan sekali.

Ketinggian air aki perlu diperiksa secara optimal setiap satu bulan sekali apa lagi motor yang sering dipakai untuk berpergian jauh, tentu keadaan air aki akan cepat habis.

 

Cara Praktis Isi Aki/Accu Pada Sepeda Motor Yang Benar

Pertama anda butuh melihat aki motor anda apakah masihlah atau telah habis. Langkahnya anda dapat pakai obeng + atau obeng – untuk membuka aki motor.

Umumnya untuk motor sport dan sebagain motor matic umumnya perlu dibuka cover body dahulu, pada contoh di bawah ini yakni memakai motor matic.

Bila motor matic sangat mudah, anda tinggal buka jok motor saja dan aki motor telah segera terlihat. Anda dapat melihat dan cek keadaan air akinya bila ketinggian air aki bawah atau telah di batas garis lower maka anda mesti menambahkan airnya.

Bila perlu, anda dapat melepas kedua terminal akinya memakai obeng +.

Setelah aki dilepaskan anda dapat buka penutup cairan aki dengan memakai obeng (-). Anda dapat membuang cairan aki lama lewat cara membalik aki.

Perhatikan, cairan ini beresiko maka harus dibuang ditempat yang aman. Atau anda dapat juga memberikan langsung tanpa ada buang air aki terlebih dulu.

Setelah itu anda dapat isi Aki dengan cairan aki (accu zuur yang dapat anda beli di toko bengkel motor terdekat).

Anda dapat menuangkan air aki sampai batas garis UPPER dan jangan pernah lebih batas UPPER. Mengapa hal ini tidak bisa? karena bila terlalnjut berlebih maka akan mengakibatkan air aki akan menguap dan umumnya akan tumpah.

Lalu tumpahan itu akan keluar lewat lubang udara di aki dan yang perlu anda ketahui kalau air aki ini bisa mengakibatkan kerusakan pada cat dan membuat karat pada rangka motor.

 

Bila aki masih tetap dalam keadaan bagus, maka anda cukup melalui cara isi air aki saja tidak perlu untuk memberikan setrum, karena kedepannya setrum aki tersebut akan terisi kembali saat motor dipakai berjalan.

Setelah itu, anda dapat menggunakan kembali pada tempat semual anda melepas aki motor. Janganlah lupa untuk menggunakan kabel positif dan negatif supaya dapat dipakai lagi.

 

Cukup mudah bukan, cara praktis isi aki/accu pada sepeda motor yang benar. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda.

 

Salam berkendara aman…

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *