Cara Mudah Menghilangkan Karat Pada Knalpot Motor Dengan Benar

  • Whatsapp

Knalpot merupakan salah satu diantara sisi pada kendaraan yang terkait dengan pembuangan akhir gas hasil pembakaran. Karena bertugas sebagai saluran pembuangan gas hasil pembakaran, pasti knalpot sering mengalami keadaan yang panas.

Nah walau perannya cukup vital, sisi knalpot ini rawan pada karat dan pengeroposan. Karat yang dibiarkan melekat baik pada leher knalpot ataupun pada pipa knalpot semakin lama akan menyebabkan keropos pada dinding knalpot.

Bila sudah keropos, pada akhirnya akan sangat mudah muncul lubang pada dinding knalpot. Nah jika sudah terjadi kebocoran pada dinding knalpot pasti aliran gas pembuangan menjadi tidak lancar dan mengakibatkan motor menjadi kurang bertenaga.

Selain itu knalpot yang berlubang juga akan mengakibatkan bunyi knalpot berubah bising. Olah karena itu, sebaiknya Anda mengetahui cara mudah menghilangkan karat pada knalpot motor sebelum karat pada knalpot motor Anda menjadi semakin parah.

 

Penyebab knalpot berkarat

Sebelum lebih jauh mengulas bagaimana cara menghilangkan karat pada knalpot motor, sebaiknya anda mengetahu lebih dalam penyebab kenapa knalpot motor bisa berkarat?

Ada beberapa sebab kenapa knalpot motor menjadi mudah berkarat.

Salah satunya karena anda tidak sering membersihkan debu dan kotoran pada daerah knalpot motor sehingga pada akhirnya menumpuk dan menyebabkan kerak dan karat.

Karat pada knalpot juga seringkali muncul karena air dibiarkan membasahi knalpot lalu kering dengan sendirinya.

Knalpot yang dilapisi krom seringkali juga terkena karat, nah pada masalah ini, mustahil karat dihilangkan dengan amplas karena susunan krom (chrom) bisa ikut terkelupas.

Nah bila ternyata demikian, anda harus paham tentang cara menghilangkan karat pada knalpot motor.

Tenang saja, pada artikel cara mudah menghilangkan karat pada knalpot motor dengan benar ini kami akan mengupas semuanya dengan detail. Yuk simak bersama cara mudah menghilangkan karat pada knalpot motor dengan benar berikut ini…

 

Cara Mudah Menghilangkan Karat Pada Knalpot Motor Dengan Benar

 

Cara mudah menghilangkan karat pada knalpot motor dengan benar memakai oli sisa. Ini merupakan cara menghilangkan karat motor yang menurut kami paling mudah.

Oli sisa sangat mudah diperoleh dengan harga yang murah. Oli bisa menahan suhu panas yang disebabkan sistem pembakaran mesin sehingga knalpot terjaga suhu tetap dingin.

Caranya cukup masukkan saja oli sisa secukupnya pada lubang knalpot Anda. Saat suhu knalpot naik, akan muncul asap dari lubang knalpot, hal semacam ini lumrah dan akan kembali normal dalam beberapa waktu.

 

Cara mudah menghilangkan karat pada knalpot motor dengan benar pada sisi luar. Masih tetap memakai oli sisa, anda bisa memoleskannya secara merata di bagian knalpot motor yang sudah mulai tampak berkarat. Seperti di bagian leher knalpot motor maupun pada pipa knalpot. Hidupkan motor lalu biarlah beberapa menit sampai temperatur knalpot menjadi panas. Oli yang telah dioles-oleskan pada knalpot tadi akan bereaksi dan mulai melelehkan karat yang melekat pada knalpot.

 

Cara mudah menghilangkan karat pada knalpot motor dengan benar memakai stempet. Cara ini merupakan salah satu alternatif yang paling utama yang sering diambil oleh sebagian besar orang.

Stempet sering juga dikenal dengan istilah vaselin. Cara memakainya hampir sama dengan oli sisa. Panasi motor, lalu saat suhu knalpot mulai bertambah, berikan stempet di bagian knalpot yang berkarat.

Umumnya karat yang membandel di bagian leher knalpot dengan cepat akan menghilang.

 

Cara mudah menghilangkan karat pada knalpot motor dengan benar dengan memakai pertamax plus. Menurut pendapat sebagian besar orang, cara tersebut bisa dibilang mahal dan lebih merepotkan.

Cara menghilangkan karat pada knalpot memakai pertamax plus yakni campuran pertamax plus dengan minyak solar dengan perbandingan 1 : 2.

Caranya oleskan bahan tersebut pada bagian knalpot yang berkarat. Ambillah sikat gigi sisa, lalu sikatkan di area tadi. Pertamax plus diprediksi bisa membuat leher knalpot yang berkarat bisa berubah menjadi mengkilap dan bersih kembali.

 

Cara mudah menghilangkan karat pada knalpot motor dengan benar dengan memakai porstex. Cara tersebut bisa juga dibilang cukup mudah.

Bila tidak ada porstex, anda bisa memakai produk pembersih keramik sama macamnya yang bisa anda beli dipasaran.

Caranya adalah dengan menuangkan secukupnya cairan pembersih keramik itu dalam satu wadah.

Lalu berikan secara merata di bagian knalpot yang mulai berkarat. Diamkan sesaat, lalu ambillah sikat gigi sisa, dan kemudian gosok perlahan-lahan sampai karatnya menghilang.

 

Cara mudah menghilangkan karat pada knalpot motor dengan benar dengan memakai pasta gigi.

Cara tersebut khusus dilakukan untuk menghilangkan karat pada knalpot yang sudah dilapis krom. Karat memang bisa terlihat dimedia manapun termasuk juga pada susunan krom.

Cara membersihkan karat pada knalpot motor yang telah dilapis krom memakai pasta gigi sangatlah mudah.

Caranya berikan pasta gigi secukupnya di bagian knalpot yang berkarat. Diamkan sesaat, lalu gosoklah memakai kain lap sampai karat dan kotoran terangkat.

Ulangi beberapa kali untuk hasil yang lebih maksimal.

 

Tips Tambahan Menghilangkan Karat Knalpot

  • Setelah anda menggunakan cara yang seperti dijelaskan di atas masih terdapat noda karat yang melekat pada knalpot, anda bisa mengulanginya beberapa kali untuk memperoleh hasil yang diinginkan.
  • Jika Anda memilih untuk memakai porstex, hati-hatilah waktu membersihkan karat pada knalpot motor Anda. Cairan porstex atau pemberih keramik dan porselen ini bisa menyebabkan korosi bila mengenai cat mesin blok motor Anda.

 

Demikian tadi penjelasan artikel tentang cara mudah menghilangkan karat pada knalpot motor dengan benar. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan yang pasti bisa membuat karat dan kotoran pada knalpot motor Anda secepat mungkin bisa bebas. Terimakasih.

 

Salam berkendara aman…

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *