Cara Mudah Memperbaiki Karburator Mobil Sendiri yang Benar

  • Whatsapp

Pada kendaraan, karburator memang memiliki peran utama pada kemampuan mesin.

Beberapa hal seperti mengkonsumsi bahan bakar dan tenaga satu mesin mobil dapat di pengaruhi oleh keadaan dari karburator tersebut.

Prinsip kerja untuk karburator kendaraan baik motor ataupun mobil sesungguhnya sama, tetapi pada mobil sangat banyak komponen dan bentuk pendukung yang lain.

Karena pada mobil telah memakai Power Sterring dan AC yang keduanya telah ada vacuum dan switch di karburator yang akan mensupport performa mesin juga komponen-komponen lain.

Buat anda yang di rasa tidak memiliki banyak saat untuk membongkar karburator anda di bengkel.

Saat ini anda dapat lakukan servis karburator mobil sendiri yang dapat di kerjakan dirumah. Sebelumnya membongkar karburator itu, baiknya anda lihat dahulu jenis karburator yang di pakai.

Cara Kerja Sistem Karburator

Bagaimana cara kerja sistem karburator. Karburator adalah satu diantara komponen pada kendaraan bermotor seperti pada sepeda motor ataupun pada mobil.

Bisa disebut sistem kerja karburator mobil seperti amunisi kendaraan. Tidak ada karburator jadi kendaraan tidak miliki arti apa apa.

Hingga karburator mesti senantiasa dijaga dan digunakan sebaik-baiknya. Perawatan kendaraan terutama sistem pencampuran bahan bakar mesti tetaplah di jagalah dengan baik.

Kebersihan setiap komponen karburator bisa menolong lancarnya sistem pencampuran bahan bakar dan udara hingga kemampuan mesin semakin lebih prima.

Rusaknya satu diantara dalam sistem karburator pasti bisa menyebabkan kendaraan sulit hidup.

Pada umumnya karburator mobil dan karburator motor memiliki manfaat sama.

Sebelumnya memakai sistem injeksi seperti kendaraan sekarang ini jadi semuanya kendaraan memakai karburator.

Pada sekitaran tahun 1980 mulai dikenalkan kendaraan sistem injeksi.

Memang karburator memiliki manfaat yang begitu utama untuk satu kendaraan. Cara kerja karburator mobil ataupun motor sama cuma tidak sama sistem.

Prinsip kerja karburator mobil berpedoman Prinsip Bernoulli yakni mengatur aliran dalam kecepatan fluida.

Komponen komponen karburator mobil semestinya terbagi dalam : float chamber, floater, Choke valve, Thorttle Valve, Main jet, Slow jet, dan piston.

Sistem karburator mobil nyaris sama dengan sistem karburator motor. Pada dasarnya kalau karburator adalah tempat bercampurnya bahan bakar dengan udara.

Akan tetapi bila perbandingan kombinasi bahan bakar dan udara tidak cocok dengan referensi pabrikan mobil.

Maka akan menyebabkan meningkatnya penggunaan bahan bakar dan akselarasi kendaraan juga begitu menyusut.

Bagaimana caranya setting karburator mobil. Satu diantara jenis mobil yang memakai karburator yaitu mobil toyota kijang.

Bahkan juga dari kijang generasi pertama sampai beberapa kijang kapsul masih tetap memakai karburator. Tekuni cara setting karburator mobil kijang.

 

Fungsi karburator yaitu untuk mengabutkan bahan bakar yang sudah digabung dengan udara bersih, hingga didapat perbandingan yang prima.

Lalu disemprotkan pada ruangan bakar (combustion chamber). Dengan perbandingan yang benar maka kendaraan akan meraih performa dan kecepatan optimal.

Setting karburator motor atau mobil baiknya dikerjakan oleh mereka yang pakar di bagiannya. Akan tetapi anda tetaplah bisa pelajarinya.

 

Bila anda merasakan karburator yang tampak sederhana anda dapat mengerjakannya sendiri walau belum professional.

Tetapi bila ada banyak selang-selang vaccum yang tampak, di anjurkan untuk membawanya saja ke bengkel supaya lebih aman.

Beberapa contoh karburator yang gampang untuk di tekuni yakni mobil Carry Futura, Mitsubishi T120 ss, Suzuki Katana, dan Toyota Kijang.

 

Cara Mudah Memperbaiki Karburator Mobil Sendiri yang Benar

Untuk tahu cara menggantinya, tersebut cara paling gampang servis karburator mobil sendiri yang dapat anda lakukan.

 

  • Hal yang perlu diingat pertama kalinya yakni posisi kabel kutub negative dari aki mesti senantiasa dalam kondisi terbuka.
  • Setelah itu, anda dapat buka penutup saringan udara atau Air Filter dan rumahnya
  • Waktu buka, cobalah anda cermati dan di ingat atau jika memang perlu anda dapat memfotonya terlebih dulu. Buka selang bahan bakar dan selang yang lain yang tersambung dengan karburator.
  • Buka juga kabel gas dan semuanya jenis kabel yang tersambung ke karburator
  • Setelah itu, anda dapat buka baut dudukan karburator atau mur. Angkat karburator itu dari manipold.
  • Bukalah dan preteli bebrapa sisi karburator yang akan di bersihkan. Sebelumnya lakukan hal semacam ini anda mesti mengingat-ingat posisinya atau bila perlu anda dapat memfotonya terlebih dulu sebelumnya dibuka. Baiknya, anda tidak buka spuye dan pilot jet agar nanti tidak terbalik waktu menempatkan.
  • Kemudian, bersihkan karburator dengan memakai kuas dan bensin atau semprot dengan kalburator cleaner supaya kotoran yang membandel dapat segera terangkat.
  • Semprot dengan memakai angina kompresor semua lubang-lubang dari pojok karburator itu. Anda dapat mengerjakannya dengan cara waspada dan janganlah sangat keras.
  • Sesudah semuanya pojok karburator di rasa bersih, jadi anda dapat merakit kembali semuanya komponen dari karburator. Gunakan juga karburator itu ke manipold mesin dengan diberi sedikit sealer atau lem supaya tidak ada kebocoran nanti.
  • Gunakan semuanya selang juga komponen yang lain dan gunakan juga kabel negatif aki.
  • Hidupkan mesin dan stel atau setting angina karburator
  • Dan yang paling akhir, anda dapat menempatkan kembali tempat tinggal saringan juga saringan udaranya.

 

Dalam prakteknya, cara paling gampang servis karburator mobil sendiri juga sering ditemui beberapa permasalahan.

Penyebabnya permasalahan pada tiap-tiap karburator mobil pastinya tidak sama, hingga cara penyelesaiannya juga tidak sama.

Permasalahan yang sering berlangsung yakni bercampurnya air dengan minyak bahan bakar dan karburator yang bocor.

Karenanya, sebelumnya mengambil keputusan membongkar karburator mobil anda dipandang dahulu persoalan dari karburator mobil anda.

 

Demikian artikel tentang cara mudah memperbaiki karburator mobil sendiri yang benar yang dapat anda kerjakan.

Mudah-mudahan penjelasan ini dapat menolong anda dalam menangani persoalan karburator mobil anda.

 

Salam berkendara aman…

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *