Cara Menggunakan Dongkrak Mobil Yang Benar Dan Aman

  • Whatsapp

Dongkrak atau dimaksud juga dengan car jack yaitu salah satu alat pengangkat untuk mengangkat barang berat yang digerakkan tangan.

Manfaat dongkrak yaitu untuk memudahkan kerja manusia, umumnya alat ini dipakai untuk mobil.

Manfaat dongkrak pada mobil yaitu untuk mengangkat mobil pada saat pemasangan jek stand agar mempermudah ketika pemasangan catalytic converter.

Pada umumnya dipakai untuk ganti ban mobil, tetapi maksud lain seperti melakukan inspeksi atau perbaikan sistem pengereman itu juga memerlukan dongkrak sebagai fasilitas pendukung dalam beraktivitas perbaikan mobil tersebut.

Kehadiran dongkrak ini telah pasti akan menolong dan mempermudah dalam melakukan pekerjaan, terlebih waktu mesti mengangkat benda-benda berat.

Alat ini banyak dipakai untuk mobil, umpamanya waktu mesti ganti ban mobil, membersihkan mobil, melakukan penelusuran sisi bawah mobil dan seperti.

Disamping itu dongkrak juga dipakai waktu pemasangan catalytic converter dan beragam pekerjaan lain yang mengharuskan mobil mesti diangkat.

Pada umumnya jenis macam dongkrak dan manfaatnya dibagi jadi dua yaitu mekanik dan hidrolik. Pada dongkrak jenis mekanik ini gaya akan diteruskan dan diperbesar lewat roda gigi ke batang gigi.

Sesaat dongkrak hidrolik, gaya akan diteruskan dengan penghubung zat cair, dongkrak jenis ini mempunyai bentuk yang mirip mulut buaya ini begitu praktis dan gampang dipakai.

Dengan memakai titik tumpu pada dongkrak yang mempunyai bentuk pipih diperlengkapi roda kecil, membuat dongkrak jenis ini bisa dipakai pada mobil yang mempunyai ground clearance rendah.

 

Jenis Dongkrak Hidrolik

Jenis dongkrak hidrolik sendiri dibagi jadi 3 yakni :

Dongkrak botol

Ini yaitu dongkrak dengan sistem hidrolis yang memiliki bentuk mirip botol.

Jenis dongkrak botol ini cukup ergonomis dan kecil hingga jadikan sebagai perangkat dasar dalam perawatan mobil dan dibawa kemana saja untuk antisipasi waktu mesti ganti ban.

 

Dongkrak gunting

Gerakan naik-turun dongkrak ini begitu serupa dengan gunting yang mana untuk menambah beban penggemar otomotif cukup memutar poros searah jarum jam dan untuk turunkan penggemar otomotif memutar ke arah demikian sebaliknya.

Dongkrak gunting yaitu dongkrak yang paling murah harga nya bila dibanding dengan dongkrak buaya dan botol, perawatannya juga begitu gampang.

Tetapi condong susah memakainya karena berat.

 

Dongkrak buaya

Sistem kerja dongkrak ini begitu serupa dengan membukanya mulut buaya hingga diberi nama dongkrak buaya.

Dongkrak ini menjadi dongkrak yang paling gampang dipakai karena menggunakan sistem hidrolis dan tuas yang panjang hingga gampang memasukkan dalam kolong mobil dan mudah dipindahkan karena diperlengkapi degan roda.

Beberapa masalah yang sering terjadi/muncul rusaknya pada dongkrak

  1. Terjadi kebocoran pada seal oil
  2. Ketika dipakai, mendadak beban turun
  3. Dongkrak tak dapat mengangkat beban sesuai sama spesifikasinya
  4. Pada sistem hidrolisnya terjadi kebocoran
  5. Minyak hidrolis kurang
  6. Viskositas minyak hidrolik rendah/jelek

 

Cara Menggunakan Dongkrak Mobil Yang Benar Dan Aman

 

Bagaimana cara menggunakan dongkrak mobil yang benar dan aman? Pada intinya, dongkrak adalah alat yang berperan untuk mengangkat mobil.

Manfaat ini umumnya diperlukan saar kita akan melepas dan menempatkan roda, ganti ban, mengecek sisi kaki, dan sebagainya.

Meskipun nampaknya simpel, penggunaan dongkrak tak semudah yang disangka. Diperlukan aksi yang pas dan sesuai sama prosedur yang benar.

Sebab bila Anda salah dalam memakainya, bukanlah mustahil dongkrak itu dapat mengakibatkan rusaknya yang cukup fatal pada mobil yang paling disayangi Anda.

Ada banyak hal yang butuh di perhatikan sebelumnya Anda menggunakan dongkrak.

Salah satunya Anda butuh tahu terlebih dulu jenis dongkrak yang Anda punyai, posisi pemasangan dongkrak yang benar, dan beberapa langkah urutannya. Dan inilah tipsnya dari caraotomotif.com…

Letakkan mobil di permukaan yang rata. Yakinkan mobil tak dapat bergerak dengan bebas. Langkahnya posisikan transmisi pada posisi P untuk mobil automatis atau posisikan transmisi pada gigi 1 untuk mobil manual.

Baca buku manual untuk tahu titik tumpu dongkrak yang dianjurkan. Biasanya titik ini terdapat diantara batang garden dekat suspensi atau dibawah bodi rangka paling utama.

Ingat kalau dongkrak yaitu alat pengangkat mobil, bukanlah penopang. Jadi jika Anda mesti melakukan pekerjaan di kolong mobil, gunakan juga jack stand sebagai alat penahan beban mobil. Sebelumnya menempatkan jack stand, Anda dapat mengganjal ujung roda yg tidak ditopang jack stand menggunakan potongan balok supaya tak gampang menggelinding.

Saat ini waktunya untuk menempatkan dongkrak pada mobil Anda. Kemudian, tekan-tekan tuas dongkrak itu hingga mobil juga automatis akan terangkat.

Sesudah pekerjaan Anda rampung, selekasnya turunkan kembali dongkrak pada posisi yang awal mulanya.

Sedangkan apabila Anda juga memakai jack stand, posisi dongkrak mesti dinaikkan dahulu barulah lalu ambillah jack stand-nya lantas turunkan dongkrak dengan cara perlahan.

 

Demikian tadi artikel tentang cara menggunakan dongkrak mobil yang benar dan aman. Semoga anda bisa terinspirasi dari artikel yang kami tulis ini.

 

Salam berkendara aman…

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *