Cara Mengemudi Mobil Manual Untuk Pemula yang Benar

  • Whatsapp

Memang kalau baru belajar mengemudi mobil dengan transmisi manual terasa sulit. Biasanya setiap orang mengalami kesulitan sendiri yang berbeda beda. Kalau kita memang benar benar ingin belajar mobil manual, kita harus memperhatikan semuanya dengan betul betul. Maka dari itu saya akan memberikan tips dan cara mengemudi mobil manual untuk pemula dengan baik dan benar.

 

Sekarang sudah banyak beredar mobil metic yaitu mobi yang menggunakan sistem transmisi otomatis. Nah, mobil dengan transmisi manual itu cara pembelajarannya juga berbeda. Tapi pecinta mobil dengan sistem manual di Indonesia masih banyak sekali.

 

Ini ada beberapa yang biasa di anggap sebagai kesulitan dalam belajar mobil manual seperti yang pertama sulit dalam pengaturan kopling. Ketika dalam keadaan jalan yang menanjak, itu pemula sulit dalam mengatur transmisi, memang wajar kalau pemula langsung ditanjakan. Lalu yang selanjutnya adalah membuat agar jalannya mobil tetap lurus, ditengkongan pengolahan stir harus benar benar di perhatikan, jangan sampai kalau belok dengan kecepatan tinggi.

 

Selain itu ada juga ketika berpasangan dengan mobil lain kita sulit untuk mengira-ngira posisi mobil. Dalam memarkir mobil itu malah lebih sulit karena membutuhkan pengaturn kopling yang tepat, pengendalian stir yang terarah, dan juga feeling atau perkiraan yang tepat.

 

Sebelum anda memulai praktek mengandarai mobil manual, anda juga perlu tahu kopling itu apa dan bagaimana cara kerjanya. Ketika mobil berjalan itu ada 3 hal penting yaitu ada putaran mesin, kopling dengan transmisinya, dan roda mobil itu sendiri. Jadi yang harus kalian pahami, ketika mobil dihidupkan lalu terjadilah putaran mesin, tapi mobil belumdapat berjalan. Mobil dapat berjalan ketika putaran mesin tersebut telah di hubungkan dengan roda.

 

Alat penghubung tersebut yaitu seluruh rangkaian kopling, yang di hubungkan di bawah stir, agar kita dapat mengatur penghubungan atau pemutusan putaran mesin dengan roda. Dan kopling tersebut sudah dirangkai juga dengan transmisi agar kita dapat mengatur transmisi dengan menggnakan gear kecil sampai besar. Gear yang kecil digunakan untuk kinerja mobil yang berat seperti di tanjakan juga.

 

Nah, mungkin salah satu dari anda ada yang bertanya mengapa ketika kopling dilepaskan mendadak bisa mati?. Itu disebabkan karena ketika kopling mendadak menghubungkan roda yang belum berputar  dengan putaran mesin yang mencapai 1500 putaran per menit. Maka perputaran mesin di paksa berheti karena belum sempat percampuran antara bahan bakar dan udara berlangsung. Jadi di dalam ruang bakar tidak ada yang dibakar oleh busi.

Memang dalam belajar mobil itu memerlukan trik khusus dan ampuh. Pasalnya mobil manual lebih sulit dari pada otomatis. Nah, saatnya kita akan melakukan pengoprasiannya yaitu :

  1. Pertama yang harus anda lakukan dengan menempatkan duduk anda dengan nyaman, peganglah stir sesuai kenyamanan anda dan pastikan kaki bebas untuk melakukan pengereman atau apapun.

 

  1. Dan yang kedua anda diharuskan hafal . hafal pada berbagai elemen yang akan di gunakan penyetiran, seperti tepat gas, posisi injak rem dan bagian kopling. Jangan sampai anda melakukan kesalahan dalam menginjak karena itu sangat berbahaya, bahkan menyagkut nyawa anda. Dan juga hafal tempat klakson dan elemen yang lainnya. Cara pemindahan gigi harus sudah hafal juga, jagan sampai anda melupakan itu.

 

  1. Langkah untuk memulai menjalankan mobil yaitu pertama injaklah kopling secara penuh, lalu pindahkan transmisi pada gigi 1, pastikan kaki kanan pada posisi gas, tapi jangan lakukan pengegasan terlebih dahulu. Angkat kaki yang menginjak kopling secara perlahan, di setakan juga kaki yang menginjak gas sedikit demi sedikit, sampai mobil anda bergerak. Angakat terus kopling dan injak gas secara perlahan jika anda ingin menambah kecepatan.

 

Kalau anda ingin menambah gigi, lakukan dengan menginjak kopling dahulu sampai bawah dan lepas gas, baru anda masukan gigi berikutnya. Ketika anda dalam kecepatan yang biasa atau lumayan, kalau anda melepas gas dan menahan kopling maka mobil akan tetap melaju dengan lumayan cepat.

 

  1. Sesuaikan tempat latihan anda. Lakukan pelatihan menyetir di tempat yang terbuka dan luas seperti di lapangan. Dengan tempat yang luas anda dapat mempraktekan berbagai cara menyetir mobil dan menghafalkannya. Jadi anda bisa melakukan sesuai kebutuhan anda. Setelah mahir di lapangan, selanjutnya anda bisa melakukanya di jalan yang sepi.

 

  1. Yang keempat ini sangat penting yaitu anda jika memang masih pemula hindarkan latihan di jalan yang ramai. Karena itu dapat merugikan anda sendiri dan orang lain. Andakan ingin belajar mengendarai mobil, jadi harus mempertimbangkan keselamatan diri anda. Kalau anda terjun langsung ke jalan yang ramai dan terjadi kesalahan, itu juga bisa membuat diri anda tidak mau lagi belajar mobil.

 

  1. Agar lebih cepat mahir, lakukanlah latihan cara memarkir mobil. Latihan parkir ini dapat melatih kemampuan anda dan dapat lebih mengenal atau mengadaptasi diri kepada mobil kita. Lakukanlah berulang kali, dan kalau bisa di tempat yang agak sulit. Memperkirakan besar mobil anda itu juga sangat penting.

 

Demikianlah artikel yang saya buat semoga bermanfaat bagi anda dan anda dapat mempraktekkan sendiri di rumah. Oh ya jangan lupa bahwa 3 hal yang pokok dan perlu di kuasai yaitu penguasaan kopling, mengusai sepenuhnya kemudi dan feeling seorang pengemudi. Karena tiga hal tersebut yang menetukan apakah anda bisa atau tidak. Jika anda memang bersungguh-sungguh, lakukanlah dengan sungguh-sungguh juga. Sekian artikel tentang ‘tips dan cara mengemudi mobil manual untuk pemula dengan baik dan benar’ dan terima kasih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *