Cara Mengatur Kaca Spion Mobil Yang Benar Dan Tepat

  • Whatsapp

Kaca spion merupakan salah satu perangkat penting yang ada di dalam sebuah kendaraan bermotor. Meskipun kecil dan juga kerap kali disepelekan oleh banyak kalangan pengendara kendaraan bermotor, namun ternyata si kecil ini punya banyak sekali fungsinya dalam berkendara.

Kaca spion pada dasarnya sudah ditemukan sejak pertama kali kendaraan bermotor ditemukan. Hingga saat ini, kaca spion merupakan hal wajib yang dimiliki oleh sebuah kendaraan bermotor. Bagi kendaraan beroda dua, kaca spion berjumlah dua buah yaitu di kiri dan juga kanan, sedangkan roda 4 atau lebih bervariasi, ada yang memiliki 2 buah kaca spion, hingga lebih dari 4 kaca spion.

Bagaimana cara mengatur spion mobil yang benar? Setiap mobil selalu dilengkapi dengan kaca spion. Dengan adanya kaca spion, pengendara mobil bisa melihat kondisi di sekitarnya secara mudah sambil tetap menjaga laju kendaraan.

 

Fungsi dari Kaca Spion

Kaca spion sendiri pastilah memiliki banyak fungsi yang sangat penting bagi kendaraan bermotor. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari kaca spion pada kendaraan bermotor :

 

Mencegah Terjadinya Tabrakan Saat Akan Pindah Jalur

Saat akan melakukan pindah jalur, maka anda sebagai seorang pengemudi wajib melihat spion. Dengan melihat spion, maka hal ini akan meminimalisir terjadinya kecelakaan dan juga tabrakan akibat berpindah jalur.

 

Membantu Maneuver Saat Parkir

Banyak kejadian pengemudi yang mengalami tabrakan atau senggolan ketka parkir tanpa memanfaatkan spion. Karena itu, kaca spion sangat penting fungsnya untuk maneuver pada saat memarkir kendaraan.

 

Melihat Kondisi Lalu Lintas di Belakang

Terkadang, mengetahui kondisi lalu lintas di belakang kendaraan kita juga sangatlah penting. Dengan melihat kondisi lalu lintas di belakang, kita bisa tahu apakah posisi kendaraan yang kita kemudikan menghalangi kendaraan lainnya.

 

Membantu Saat Memundurkan Kendaraan

Jangan pernah memundurkan kendaraan tanpa menggunakan bantuan dari kaca spion. Dengan adanya kaca spion, maka anda dapat terbantu untuk melakukan maneuver mundur, terutama pada mobil atau kendaraan roda 4 dan lebih.

 

Sebagai Pedoman Posisi Kendaraan

Terkadang pada kendaraan roda 4, kita sering sulit memastikan apakah kendaraan kita terlalu mepet atau tidak. Agar bisa mengetahui apakah kendaraan kita terlalu mepet atau tidak, maka anda bisa melihat bagian sisi kendaraan anda dengan memanfaatkan kaca spion. Anda bisa melihat apakah kendaraan anda terlalu mepet atau tidak.

 

Sebagai Aksesoris yang Menambah Penampilan Kendaraan

Saat ini fungsi dari kaca spion lebih dari sekedar alat bantu untuk melihat kondisi lalu lintas dan semacamnya. Kaca spion juga saat ini seringkali dimanfaatkan sebagai aksesori pemansi tampilan kendaraan anda. Banyak beredar model kaca spion yang sangat menarik dan juga tentunya dapat mendongkrak penampilan kendaraan anda.

 

Harga jual kaca spion

Harga jual kaca spion bermacam macam. Harga kaca spion biasa untuk sepeda motor di mulai dengan harga 30 ribuan. Sedang kaca spion untuk mobil harganya lumayan mahal, dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

 

Harga kaca spion mobil biasanya sesuai dengan harga mobilnya, sehingga semakin mahal harga mobil maka semakin mahal harga kaca spionnya. Sebagai contoh harga kaca spion toyota alphard bisa mencapai 18 jutaan berikut pasangnya. Sehingga kita sering mendengan pencurian kaca spion toyota alphard ini. Demikian juga dengan harga kaca spion toyota Harrier yang dapat mencapai 24 jutaan.

 

Harga kaca spion toyota avanza sekitar 80 hingga 90 ribuan untuk kaca spionnya saja. Demikian juga harga kaca spion xenia tidak berbeda jauh dengan harga kaca spion avanza.

Jika dibandingkan kegunaannya, maka harga kaca spion memang tidak seberapa mahal. Bagaimana dengan anda, apakah sudah melengkapi kaca spion kendaraan anda sesuai dengan yang direkomendasikan pabrikan kendaraan anda.

 

Agar dapat berfungsi maksimal, kaca spion harus diatur dengan benar. Ada trik-trik khusus supaya kaca tersebut dapat menjangkau seluruh area di sekelilingnya. Semakin banyak area yang bisa ditangkap oleh spion, semakin mudah Anda menjaga kondisi keamanan mobil. Pengaturan kaca spion yang tepat juga harus meminimalisir kemungkinan adanya titik buta (blind spot) seminimal mungkin.

Lantas, bagaimana sih langkah-langkah pengaturan spion mobil?

 

Cara Mengatur Kaca Spion Mobil Yang Benar Dan Tepat

Sebelum Anda mulai menyalakan mesin mobil, Anda wajib mengatur posisi spion terlebih dahulu. Duduklah pada kursi kemudi dengan benar. Lalu atur spion kanan, spion kiri, dan spion belakang. Pastikan ketika Anda sedang duduk di kursi kemudi, Anda bisa melihat kondisi yang ditampilkan oleh kaca spion dengan mudah.

Pastikan permukaan kaca spion selalu dalam keadaan yang bersih dan tidak buram. Jika ada noda air, kotoran, atau debu yang menempel di permukaannya, Anda bisa membersihkannya menggunakan cairan pembersih kaca.

Aturlah spion mengarah pada sudut yang tepat sesuai dengan fungsi dasarnya. Caranya Anda bisa menggunakan tangan untuk menekan bagian tepi kaca spion ini ke arah atas, bawah, kanan, atau kiri. Atur sampai didapatkan jangkauan yang paling luas. Mohon maaf, kami tidak bisa memberikan saran berapa sudut kaca spion yang tepat karena hal tersebut dipengaruhi oleh dimensi mobil secara keseluruhan.

Jika Anda ingin melewati gang yang sempit, menerobos kemacetan, atau memarkirkan mobil, Anda bisa melipat kaca spion ke dalam sebentar. Setelah akan mengendarai di jalan yang kondisinya normal kembali, Anda bisa membuka lipatannya lagi. Doronglah kaca spion pada posisinya semula hingga benar-benar terkunci. Dengan begini, kaca spion Anda akan terhindar dari risiko benturan.

Hujan yang turun dan membasahi mobil lama-kelamaan akan mengakibatkan permukaan kaca menjadi buram. Jika dibiarkan terus dalam waktu yang cukup lama, pandangan Anda pada spion benar-benar hilang. Dalam kondisi seperti ini, sebaiknya Anda berhenti sejenak untuk membersihkan permukaan kaca yang sudah sangat buram tersebut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *