Cara Melepas Sticker Skotlet Pada Bodi Sepeda Motor

  • Whatsapp

Skotlet atau cutting sticker adalah salah satu alternatif pilihan untuk memodifikasi sepeda motor/mobil supaya tampak lebih keren. Sangat banyak kreasi skotlet yang membuat seseorang pengendara sampai kebingungan untuk memilihnya.

Sticker ini bisa menempel begitu kuat bahkan juga tahan diterpa hujan maupun panas. Permasalahan yang ada pada sticker motor yaitu warna yang mudah memudar setelah pemakaian minimal satu tahun.

Striping atau sticker pada sepeda motor memang memberikan efek dari segi estestika penampilan sepeda motor, terlebih design striping yang futuristik.

Walau demikian ada pula beberapa yang memiliki sepeda motor yang malah memilih penampilan sepeda motornya tampak polos atau tanpa ada striping.

Untuk membuat penampilan sepeda motor jadi polos, bila tidak diblock dengan skorlet, striping tersebut dilepaskan lewat cara dikelupas.

Yang perlu diperhatikan yaitu waktu melepasnya membutuhkan memakai teknik agar cat yang ada di body motor tidak ikut terkelupas.

Ketika anda mau mengganti sticker motor tentu ada pertanyaan, Bagaimana cara melepas sticker motor yang sudah ada sebelumnya?

Memanglah agak sulit, tidak seperti sticker tempelan pada umumnya, terlebih kita harus memikirkan supaya permukaan cat motor tidak sampai rusak.

Untuk sticker bawaan motor lebih baik tidak perlu dikupas namun bisa ditindih dengan skotlet yang akan dipasang. Hal semacam ini supaya bisa melindungi motor tetap original terlebih lagi suatu saat anda berencana ingin menjual motor anda.

Fungsi sticker skotlet pada bodi motor

Memakai skorlet atau striping pada motor baru fungsinya sangat banyak. Bicara masalah motor, saat ini perubahan zaman maju melesat cepat dibanding dahulu terutama yang ada di daerah.

Anak-anak seumuran SMA telah banyak yang membawa motor sebagai alat transportasi seperti bersekolah membawa motor, tanpa harus diantar jemput oleh orangtua.

Mungkin dulu cuma kelompok spesifik alias yang berasal dari keluarga kaya saja yang bisa membawa motor untuk bersekolah.

Namun, saat ini sudah berubah zaman. Bahkan juga seringkali kita temui anak kecil saat ini di jalan raya yang sekolah membawa moge atau motor gede. Miris…!!!

 

Cara melepas sticker skotlet motor

Apakah anda ada waktu jika seseorang tukang sedang memasang sticker skotlet ke bodi motor dipinggir jalan? Kayaknya anda akan menjadi tidak sabaran dengan tukang tersebut. Terlihat mereka sering memakai korek api untuk membuat skotlet bisa mengikuti lengkungan-lengkungan bodi sepeda motor. Kita coba akan mengikuti mereka saja, sediakan satu korek api gas sebelumnya melepas striping motor.

 

Langkah pertama dari cara melepas cutting sticker yaitu :

  1. Mencari dimana ujung dari sticker motor anda.
  2. Atur korek gas anda ke level kecil lalu panasi sebentar ujung sticker motor tadi (kasih jarak agar api tidak sampai menyentuh bodi motor)
  3. Panasnya api tersebut akan melenturkan sticker motor, sesudah dipanaskan sekian detik tinggal congkel pinggir ujung sticker menggunakan kuku hingga ada sedikit celah terangkat.
  4. Tarik perlahan-lahan ujung itu untuk melepas striping motor. Satu tangan menarik satu tangan simpan dibawah sticker agar lebih cepat lepas.
  5. Upayakan jangan sampai tersobek bila tidak ingin mengulang lagi langkah ke-3 di mana kita mesti melenturkan sticker motor lagi.
  6. Kerjakan cara melepas sticker motor ke seluruh bodi motor.

 

Proses melepas skotlet diatas sudah selesai tetapi tentu masih ada sisa lem sticker yang lengket. Kita mesti segera menghilangkannya apabila tidak ingin banyak kotoran yang melekat disana. Sisa skotlet ini akan tidak dapat hilang bila cuma memakai air atau shampoo motor.

 

Cara menghilangkan Sisa Lem Skotlet di Bodi Motor

Mungkin kebanyakan orang berpikir untuk memakai bensin untuk menghilangkah sisa skolet. Hal ini tidak kami sarankan karena warna cat permukaan bodi mobil atau motor dapat memudar bila digosok dengan cairan bensin yang sangat banyak.

Cara menghilangkan sisa lem sticker motor yaitu dengan menggunakan minyak kayu putih, kandungan minyak ini masih aman untuk warna cat motor. Alternatifnya yaitu cooking spray (cairan pembersih dapur)

Berikut cara menghilangkan sisa lem sticker di bodi motor, diantaranya :

Pertama-tama basahi minyak kayu putih ke permukaan sisa skotlet, diamkan beberapa menit supaya minyak terserap kedalam lem. Ambillah kain halus yang sebelumnya basahi dengan minyak serta gosokkan ke sisa lem tersebut. Lakukan berulang terus menurut langkah diatas sehingga lem benar-benar habis.

Setelah proses tersebut sudah selesai, anda dapat meneruskan dengan membersihkan motor anda dengan shampo.

Setelah dibersihkan dengan shampo, biarlah kering dahulu lalu anda dapat memasangkan cutting sticker baru diatasnya.

 

Demikian artikel mengenai cara melepas sticker skotlet pada bodi sepeda motor. Agar striping mobil maupun sepeda motor anda lebih awet, sering-seringlah mengelap permukaannya anda sebelumnya pergi berkendara.

Selalu parkir kendaraan anda ditempat yang teduh, jangan pernah tersengat matahari secara langsung dalam waktu yang lama.

Untuk bahan pengkilap motor sementara ini masih dalam kontroversi. Untuk sekali pakai bahan pengkilap motor itu memanglah dapat membuat cat jadi kinclong, tapi dalam waktu yang panjang banyak orang yang mengatakan bisa membuat cat cepat kusam.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *