Cara Cepat Menghilangkan Noda Aspal Pada Cat Kendaraan Bermotor

  • Whatsapp

Kebersihan ruang interior dan eksterior kendaraan bermotor memang harus senantiasa dijaga dan diperhatikan. Nah, pada kesempatan ini kami akan mengulas bagaimana cara cepat menghilangkan noda aspal pada cat kendaraan bermotor.

Bagi pengendara yang suka memperhatikan kebersihan mobil atau motor kesayangannya, tentu seringkali menjumpai ada noda aspal yang melekat di bagian depan mobil, seperti grill, lalu pada cat bodi mobil sisi bawah pintu, sisi bumper maupun sisi velg baik pada mobil ataupun motor.

Bahkan juga ada noda aspal yang melekat dirumah kaca spion mobil. Noda jenis aspal ini umumnya melekat dengan kuat di bagian cat bodi mobil ataupun di bagian lain dan sangat susah untuk dibersihkan.

Cara menghilangkan noda aspal pada cat mobil dan motor yang tidak sesuai bisa membuat komposisi cat mobil maupun motor jadi tergores.

Oleh karena itu, pahami cara menghilangkan noda aspal pada cat bodi mobil dan motor dengan benar di bawah ini…

 

Penyebab Adanya Noda Aspal pada Mobil

Bagaimana cara cepat menghilangkan noda aspal pada cat kendaraan bermotor? Kami akan membahasnya nanti.

Saat ini, mari kita simak dulu dari tempat mana noda aspal ini berasal agar bisa menghindari melekatnya noda aspal pada kendaraan Anda.

Noda aspal pada umumnya melekat karena kita melalui jalan yang baru diperbaiki maupun jalan yang diaspal ulang.

Saat kita melewatinya, keadaan aspal baru itu belum seutuhnya kering sehingga dengan mudah noda aspal tersebut bisa melekat pada bodi mobil ataupun sisi yang lain.

Percikan aspal yang melekat pada kendaraan kita semakin lebih terlihat bila mobil atau motor kita berwarna putih atau warna cerah yang lain.

Nah saat ini anda sudah tepat membaca artikel ini untuk mengetahui cara cepat menghilangkan noda aspal pada cat kendaraan bermotor yang paling anda sayangi, yuk kita simak bersama…

 

Cara Cepat Menghilangkan Noda Aspal Pada Cat Kendaraan Bermotor

Cara cepat menghilangkan noda aspal pada cat kendaraan bermotor yang pertama : Untuk menghilangkan noda aspal, kita tidak bisa sembarangan dalam membersihkannya.

Pertama kali yang anda perlu anda siapkan yaitu perlengkapan yang akan dipakai untuk membersihkan noda aspal pada mobil ataupun motor Anda.

Perlengkapan yang diperlukan yaitu beberapa kain lap bersih yang memiliki bahan lembut. Sedangkan untuk bahan pembersihnya, anda harus menyiapkan salah satu diantara cairan di bawah ini : minyak tanah, solar, bensin, atau tar remover.

 

Cara cepat menghilangkan noda aspal pada cat kendaraan bermotor yang kedua : Tetapkan pilihan salah satu diantara cairan yang akan dipakai untuk menghilangkan noda aspal pada bodi kendaraan mobil atau motor Anda.

Bila sudah, ambillah kain lap, lalu basahi dengan cairan yang Anda pilih tadi.

Tempelkan kain lap yang telah dibasahi itu pada noda aspal selama beberapa menit. Anda dapat juga memberi sedikit tekanan supaya cairan di kain lap dapat lebih meresap pada noda aspal yang melekat.

 

Perhatikan : Cairan minyak tanah, solar, bensin, atau tar remover memiliki kandungan zat yang bisa membuat noda aspal menjadi lunak.

Nah, saat noda aspal sudah menjadi lunak serta daya rekatnya mulai menyusut, pasti anda akan semakin mudah untuk membersihkannya.

 

Cara cepat menghilangkan noda aspal pada cat kendaraan bermotor yang ketiga : Sesudah ditempel beberapa menit, mulailah untuk menggosok-gosok noda tersebut dengan perlahan dan lembut.

Bila kain lap sudah mulai mengering, Anda bisa membasahinya kembali memakai cairan yang telah Anda pilihkan tadi. Kemudian gosok kembali sampai noda aspal tersebut bisa terangkat atau hilang.

Catatan Tambahan untuk Noda yang Membandel

 

Bila noda aspal masih tetap dalam kondisi keras, jangan sampai memaksa anda untuk menggosoknya dengan keras juga. Hal semacam ini bakal mengakibatkan rusaknya pada bodi mobil atau motor Anda, seperti akan muncul goresan maupun mengakibatkan komposisi cat menjadi terkelupas.

Cara yang sesuai untuk membersihkan noda aspal yang masih membandel adalah dengan menekan kain lap yang telah dibasahi cairan pembersih, lalu digosokkan secara perlahan. Lakukan hal tersebut berkali-kali sampai aspal meleleh sehingga mudah untuk dibersihkan.

 

Cara cepat menghilangkan noda aspal pada cat kendaraan bermotor yang keempat : Bila noda aspal sudah benar-benar menghilang, anda bisa menyekanya kembali dengan kain lap lembut yang lain yang masih bersih.

Nah, pada beberapa masalah, setelah noda aspal dibersihkan, cat mobil atau motor yang baru saja dibersihkan dari noda aspal biasanya akan tampak menjadi kusam. Oleh karena itu, anda menggunakan cairan wax supaya cat mobil kembali terlihat mengkilap.

 

Berdasarkan beberapa sumber otomotif, pastikan noda aspal tidak dalam kondisi terkena air. Bila terlanjur sudah terkena air, cepatlah untuk mengeringkannya dengan lap.

Dilarang juga untuk mencuci noda aspal dengan air karena noda aspal bisa semakin susah untuk dibersihkan bila sebelumnya sudah terkena air.

Jika anda info tentang cairan solar yang bagus dalam menghilangkan noda aspal, sebaiknya pilih produk solar dari dalam negeri, yakni solar subsidi dari Pertamina. Hal ini dikarenakan jika menggunakan solar non-subsidi dikhawatirkan akan lebih mudah menguap sehingga proses menghilangkan noda aspal dari cat mobil serta motor Anda bisa menjadi lebih lama.

 

Demikian tadi penjelasan kami Cara cepat menghilangkan noda aspal pada cat kendaraan bermotor. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda sekalian. Selalu lakukan perawatan baik pada interior ataupun eksterior mobil agar mobil senantiasa tampak sempurna.

 

Salam berkendara aman…

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *