Cara Cepat Membersihkan Accu (Aki) Motor Yang Kotor

  • Whatsapp

Dewasa ini mayoritas orang sudah mempunyai kendaraan pribadi baik motor, mobil maupun jenis kendaraan bermotor lainnya.

Pada kesempatan kali ini caraotomotif.com membagikan sedikit cara cepat membersihkan accu motor yang kotor karena salah satu bagian dari kendaraan yang memerlukan perawatan khusus dan penting yaitu accu.

Mengingat pentingnya keberadaan alat ini, maka tidak salah bila banyak pengendara yang mencari referensi tentang cara membersihkan accu yang benar.

Berdasar pada manfaatnya, bagian ini adalah hal yang terpenting bagi kendaraan dalam menjalankan beberapa bagian mesin yang membutuhkan energi listrik.

Bagian-bagian pada mobil yang terkait langsung dengan fungsi accu yaitu lampu ritting, lampu depan, lampu rem, klakson, starter dan lain sebagainya.

 

Pengertian Baterai (Aki)

Baterai atau aki, atau bisa disebut accu yaitu satu sel listrik di mana di dalamnya berjalan sistem elektrokimia yang reversibel (bisa berbalikan) dengan efisiensinya yang tinggi.

Yang disebut dengan sistem elektrokimia reversibel, yaitu didalam baterai bisa berjalan sistem pengubahan kimia jadi tenaga listrik (sistem pengosongan).

Dan demikian sebaliknya dari tenaga listrik menjadi tenaga kimia, pengisian kembali lewat cara regenerasi dari elektroda-elektroda yang digunakan, yakni dengan melewatkan arus listrik dalam arah (polaritas) yang berlawanan didalam sel.

 

Manfaat Baterai (Aki)

Baterai atau aki pada mobil berperan untuk menaruh daya listrik berbentuk daya kimia, yang bakal dipakai untuk menyuplai (sediakan) listik ke sistem starter, sistem pengapian, lampu-lampu serta komponen komponen kelistrikan yang lain.

 

Kontruksi Baterai

Di dalam baterai mobil ada elektrolit asam sulfat, elektroda positif dan negatif berbentuk plat. Plat-plat tersebut terbuat dari timah atau berasal dari timah. Oleh karena itu, baterai jenis ini sering disebut baterai timah. Ruang didalamnya dibagi menjadi beberapa sel (umumnya 6 sel, untuk baterai mobil) dan di dalam masing-masing sel ada banyak elemen yang terendam di dalam elektrolit.

Pada mobil terdapat banyak komponen kelistrikan yang digerakkan oleh tenaga listrik.

Disaat mesin mobil hidup komponen kelistrikan itu bisa digerakkan oleh tenaga listrik yang datang dari alternator dan baterai (aki). Walau demikian ketika mesin mobil telah mati, tenaga listrik yang datang dari alternator sudah tidak dipakai lagi, dan hanya datang dari baterai saja. Contoh bentuk penggunaan daya listrik saat mesin mobil dalam keadaan off (mati) yaitu pada lampu parkir, lampu ruang, tanda pada ruang kemudi, perlengkapan audio (tape recorder), perlengkapan pengaman dan sebagainya.

 

Permasalahan yang nampak kamudian, yaitu ketika accu sudah tidak berfungsi lagi untuk menyimpan energi listrik sebagaimana fungsinya. Hal seperti ini bisa terjadi karena ada kotoran yang melekat didalam sisi itu akibat sistem kimiawi pada air accu dengan timah hitam atau zat yang lain yang makin lama mengakibatkan sisi didalam accu menjadi rusak.

Cara Cepat Membersihkan Accu (Aki) Motor Yang Kotor

Untuk anda yang ingin memperbaiki kebersihan pada accu kendaraan, ada banyak cara yang harus dikerjakan.

Pertama-tama, sediakan perlengkapan yang akan dipakai untuk membersihkan bagian kendaraan ini yakni seember air bersih, garam dapur, pisau, obeng, accu zuur dan air aki murni.

Jika beberapa bahan itu sudah disiapkan, mulailah membuka sisi accu dan mengeluarkan semuanya cairan elektrolit yang ada di dalamnya.

Lalu accu yang sudah bersih dari cairan elektrolit itu dapat di balik supaya air yang ada di dalamnya turut keluar.

Sambil menanti air yang ada didalam accu habis, Anda dapat mulai membuat larutan khusus yang terdiri dari air aki murni dan garam dapur sebesar satu sendok.

Cara membersihkan accu setelah itu yaitu memasukkan larutan yang sudah di buat tadi kedalam accu yang sudah dibersihkan sehingga tersisa sekitar 2 cm dari tutup mulut accu.

Lalu, accu yang sudah di isi larutan garam plus air aki murni tersebut di aliri listrik atau di charge selama lebih kurang 15 menit. Jika sudah selesai, cara membersihkan accu yang harus dilakukan setelahnya yaitu hentikan aktivitas charger tadi dan mulai keluarkan isi larutan yang dimasukkan sebelumnya sampai bersih.

Accu yang sudah dibersihkan dari larutan tadi lalu diisi kembali dengan air dari aki zuur. Bila sudah terisi, charger kembali accu itu beberapa lama agar terjadi pengisian.

Terakhir, bersihkan bodi aki sebelum dipasang kembali ke tempat semula dan jalankan atau hidupkan mesin kendaraan supaya accu terpancing untuk memproses pengisian yang sudah dilakukan tadi.

Agar accu dapat bertahan lama ada banyak hal yang dibutuhkan. Salah satunya ialah selalu memperhatikan volume air aki. Bila terlihat mulai berkurang, cepatlah isi air accu tersebut. Sebab, kelalaian seperti itu biasanya membuat accu menguap dan pada akhirnya mudah rusak. Disamping itu, kebersihan dari terminal accu harus juga selalu terjaga agar waktu akan membersihkannya, tidak terjadi permasalahan di bagian terminalnya.

Demikian tadi artikel tentang cara cepat membersihkan accu (aki) motor yang kotor yang bisa anda terapkan dirumah. Mulai saat ini jangan malas untuk membersihkan accu kendaraan agar kendaraan anda juga senantiasa dalam keadaan baik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *