8 Tips Aman Mengendarai Mobil Saat Hujan Lebat

  • Whatsapp

Nah, pada pembahasan kali ini saya akan membahas tentang ‘8 tips dan teknik aman mengendarai mobil saat hujan lebat maupun ringan’. Apakah anda ingin mengetahui cara mengendarai mobil ketika hujan. Baca sampai selesai pembahasan ini agar anda mendapat kesimpulan yang mungkin dapat anda gunakan ketika hujan datang.

 

Kondisi cuaca di Indonesia ini kadang tidak menentu, terkadang panas sekali lalu tiba-tiba hujan turun dengan deras sekali. Hal ini membuat panik para pengendara di jalan raya, apalagi pengendara motor yang tidak membawa jas hujan. Tapi yang saya bahas kali ini bukan pengendara motor tetapi pengendara mobil.

 

Khususnya pada ibu kota Jakarta biasanya hujan tidak bisa di kira-kira, bahkan yang tadi siang panas sekali lalu sorenya jalan sudah di genangi air. Jika anda tinggal di kota besar, anda harus siap pada situasi kondisi yang dapat berubah kapan pun. Dan juga mempersiapkan segalanya yang di perlukan sebelum hal itu terjadi.

 

Pengguna mobil pun kadang belum siap ketika hujan tiba-tiba turun, dengan alasan tersendiri. Maka dari itu saya akan membahas tips bagi pengendara mobil ketika hujan turun. Berikut diantaranya:

 

  1. Persiapan perjalanan

Saat anda mengemudi dalam keadaan hujan, anda harus berhati-hati pada bagian penting mobil yaitu seperti stir kemudi, pedal gas dan rem dan mungkin ada masalah yang bisa saja terjadi kapan saja. Maka dari itu ketika anda memulai berkendara pastikan alas kaki atau sepatu anda dalam keadaan kering.

 

Anda dapat mengelapnya dahulu jika sepatu anda basah. Karena itu dapat membuat licin ketika menginjak peda gas. Jangan lupa ketika musim hujan tiba atau kapan pun untuk mengecek secara rutin pada sistem indikator bekerja, lampu depan mobil anda dan juga lampu yang lainnya.

 

  1. Tekanan angin pada ban

Periksalah tekanan angin pada ban mobil anda, masih dalam jumlah angin yag cukup dan juga periksa pola atau alur ban mobil, jika dalam keadaan aus segeralah di ganti agar ketika hujan ban mobil anda tidak mudah tergelincir. Dan itu dapat membahayakan anda sendiri.

  1. Pastikan mobil prima

Ketika hujan tiba bukan hanya konsentrasi yang harus di tingkatkan. Kondisi kendaraan yang anda kendarai harus tetap dalam keadaan yang prima. Anda dapat melakukan pemeriksaan pada ketinggian air aki, air radiator, ketinggian oli mesin dan yang lainnya. Oh ya jangan lupa lihat juga isi tangki bahan bakar anda, jangan sampai anda kehabisan bahan bakar dalam keadaan hujan.

 

  1. Wiper bekerja dengan baik

Memastikan wiper bekerja dengan baik, karena wiper berfungsi sebagai menyingkirkan air yang berada pada kaca depan mobil. Maka itu harus anda rawat dengan baik agar kita dapat memandang depan dengan baik ketika hujan. Jika wiper tidak bekerja maka air hujan akan menutupi kaca depan mobil.

 

Dan jika itu terjadi segeralah menepi dan berhenti di bahu jalan dan juga tetap menyalakan lampu besar agar terlihat oleh pengendara lain. Gantilah dengan yang baru apabila karet wiper sudah rapuh atau rusak. Atau bagian wiper yang lain, yang mungkin mengalami kerusakan.

 

  1. Kurangi kecepatan

Kurangilah kecepatan mobil anda, untuk menghindari hal yang tidak kita inginkan. Jika dalam keadaan kecepatan rendah maka kita masih dapat mengendalikan mobil dengan sempurna. Jangan gunakan cruise control atau pengontrol kecepatan, sebab sistem ini dapat menambah kecepatan anda, saat anda berusaha mengurangi kecepatan.

 

  1. Lampu utama selalu menyala

Pastikan ketika hujan turun lampu utama atau bear pada mobil anda menyala karena untuk memberi tanda kepada pengendara yang lain. Jika anda sudah memberi tanda, maka pengendara lain akan mengerti dan juga dapat menghindari kecelakaan yang tidak bisa anda kira.

 

  1. Jangan mengerem mendadak

Ketika hujan turun saya anjurkan jangan melakukan pengereman secara mendadak karena dapat mengakibatkan mobil akan selip atau mobil tergelincir. Dan itu berbahaya sekali bagi pengendara. Lakukan saja secara perlahan atau bertahap maka itu akan lebih aman.

 

  1. Tambah jarak aman mobil anda

Penambahan jarak aman ini sangat penting dilakukan. Pada saat cuaca normal jarak aman terdekat dengan pengendara lain di depan yaitu 2 detik. Maka perlu penambahan jarak aman sekitar 4 detik, jika dalam kondisi hujan. Penambahan ini di lakukan karena jarak waktu pengereman dengan berhentinya lebih lama. Dan itu di sebabkan kondisi jalan yang lebih licin dan jarak pandang yang berkurang.

 

Maka dari itu anda harus berhati-hati jika berdekatan dengan kendaraan lain. Oh ya jika rem mobil anda dilengkapi dengan anti-lock braking sistem (ABS), jangan lakukan pengereman secara berulang kali. Lakukan saja dengan pelan dan hati-hati. Pengereman dengan penyetiran harus seimbang ketika hujan anda melakukan pengereman, agar ketika tergelincir pun tetap seimbang.

 

Demikian beberapa tips dan info yang bertemakan tentang ‘8 tips aman mengendarai mobil saat hujan lebat maupun ringan’. Semoga anda dapat mengambil informasi dari saya dan semoga berguna untuk anda ketika akan menghadapi hujan suatu saat nanti. Jangan lupa untuk melakukan pengelapan setelah mobil anda terkena air hujan. Sekian dari saya jangan lupa memberikan komentar tentang beberapa ulasan di atas. Terima kasih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *