5 Tips Aman Berkendara Motor Dalam Jarak Jauh Agar Tidak Capek

  • Whatsapp

Anda pasti mempunyai sepeda motor di rumah. Memang sepeda motor di Indonesia ini sudah hampir semua rumah memiliki kendaraan roda dua tersebut. Bahkan banyak juga yang memilkiki lebih dari satu. Setiap tahun penjualan sepeda motor di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

 

Mungkin karena harga sepeda motor sekarang yang sudah dapat di jangkau masyarakat di semua kalangan. Semua orang membeli sepeda motor karena memiliki nilai pratis, efektif dan penggunaan yang lebih mudah. Memang beda dengan zaman jarang sepeda motor dahulu, hanya orang tertentu yang memiliki sepeda motor.

 

Transportasi ini memang banyak di gemari oleh semua kalangan masyarakat. Tapi, apakah anda perna menggunakan sepeda motor anda berpergian atau menempuh jarak yang jauh? Mungkin kebanyakan dari anda pernah berkendara jarak jauh. Nah, pada ulasan yang akan saya bahas yaitu  tentang ‘5 tips aman berkendara motor dalam jarak jauh agar tidak cepat capek’.

 

Yang sering kita lihat ketika libur panjang di mulai atau mungkin libur keagamaan, yaitu budaya mudik atau pulang kampung. Nah, itu adalah salah satu budaya orang Indonesia yang pada saat ini masih sering kita lihat. Sepeda motor adalah salah satu kendaraan yang sering di gunakan atau sebagai pilihan untuk pulang kampung.

 

Memang banyak orang yang menggunakan kendaraan sepeda motor untuk mudik, merasakan capek. Karena perjalanannya yang jauh dan berbagai alasan yang lain. Menggunakan motor untuk pulang kampung menjdi pilihan banyak orang karena berbagai alasan, seperti lebih irit biaya dan merasa lebih leluasa.

 

Nah, berikut ini saya akan memberikan tips untuk anda yang ingin berkendara jarak jauh, agar tidak terlalu capek dan juga agar tidak ada kendala selama perjalanan. Maka dari itu anda bisa baca tips berikut agar menambah wawasan anda dan beberapa informasi yang mungkin anda butukan. Berikut ulasannya:

 

  1. Mengecek kendaraan

Kalau anda memang sibuk atau tidak bisa mengeceknya sendiri anda bisa membawanya ke bengkel, usahakan jangan terlalu dekat dengan hari yang akan kita lakukan perjalanan. Jika anda ingin mengeceknya sendiri anda bisa melakukan beberapa hal seperti cek oli motor anda jika memang sudah hitam dan kental, lakukanlah pengggantian.

Service karburator motor anda, cek keadaan komponen dalam mesin. Cek juga tekanan angin pada ban, kekencangan rantai (motor selain metic) dan juga cek yang lain. Kalau motor anda memang sudah tua, sebaiknya di bawa ke bengkel saja yang lebih pengalaman.

 

  1. Kelengkapan kendaraan dan barang bawaan

Jika motor anda sudah keadaan prima dan siap dipakai jarak jauh, selanjutnya ceklah perlengkapan sepeda motor anda seperti alat untuk perbaikan sepeda motor anda jika sewaktu-waktu ada kendala pada motor anda, seperti tang, obeng dan kunci yang lainnya. Jadi anda tidak perl mencari bengkel kalau ada masalah, kalau anda menjagakan bengkel, iya kalau ada bengkel.

 

Sertakan juga surat-surat penting yang sangat diperlukan, seperti SIM, STNK dan KTP, jangan sampai surat tersebut anda tinggalkan di rumah. Pastikan lagi motor anda ketika ada oprasi kendaraan, tidak ada masalah. Jadi tidak menjadi beban pikiran anda dan perjalanan menjadi lancar.

 

Barang bawaan, memang kalau kita ingin pulang kampung pasti membawa oleh-oleh. Usahakan oleh-oleh dan barang bawaan anda tidak melebihi kemampuan anda. Karena itu dapat merepotkan anda sendiri. Saya sarankan gunakanlah tas punggung dan juga anda bisa menambahkan tempat bagian belakang motor anda. Itu akan mempermudah menempatkan barang bawaan anda.

 

  1. Kesehatan tubuh

Nah, inilah yang sangat penting anda perhatikan, karena dengan menjaga kodisi tubuh anda pasti dalam berkendara tidak akan terlalu sering istirahat. Kalau anda dalam keadaan tidak prima itu dapat megganggu konsentrasi anda saat berkendara dan mungkin saja akan menimbulkan masalah yang lebih besar.

 

Jika memang sakit usahakan jauh hari sebelumnya minumlah obat dan istirahat total. Jangan minum obat ketika akan berkendara perjalanan jauh, karena itu akan menimbulkan beberapa sebab.

 

  1. Keamanan tubuh

Hal ini juga tidak kalah penting anda perhatikan. Gunakanlah beberapa barang pendukng agar lebih aman dan nyaman, seperti kacamata, helm, jaket, sepatu, sarung tangan dan juga masker untuk melindungi hidung dan mulut dari debu dan cuaca yang berubah mungkin. Gunakan celana panjang, usahakan celana anda nyaman dan agak tebal. Gunakan selalu perlengkapan keamanan tersebut selama perjalanan dan sampai tujuan.

 

  1. Ketika perjalanan

Pastikan posisi duduk anda nyaman dan barang bawaan tidak merepotkan anda saat mengemudi. Jika stang motor anda dapat di tambah peninggi atau di ganti yang tinggi, saya sarankan ditambah atau diganti agar mengurangi capek dan pegal. Jika anda sudah terlalu capek sebaiknya anda istirahat sejenak untuk sedikit menghilangkan rasa capek.

 

Dan jika mengantuk anda dapat tidur sejenak atau minum penambah stamina bila perlu. Ketika berkendara memang kita harus mempunyai rasa sabar untuk tidak cepat-cepat sampai tujuan, jangan terpancing emosi oleh pengendara lain atau masalah yang lainnya. Anda bisa gunakan istilah orang jawa yaitu ‘alon alon seng penteng klakon’. Jadi anda harus bersabar dan jangan buru-buru untuk sampai tujuan.

 

Bagaimana pendapat anda tentang beberapa informasi tadi mengenai ‘5 tips aman berkendara motor dalam jarak jauh agar tidak cepat capek’. Semoga dapat anda jadikan referensi ketika anda ingin melakukan perjalanan jauh dan ketika melakukan perjalanan semoga sampai tujuan dengan aman. Sekian dan terima kasih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *