5 Cara Merawat Sepeda Motor Matic Honda Beat Berteknologi Injeksi

  • Whatsapp

Perlu kalian tau bahwa cara merawat sepeda motor matic Honda beat berteknologi injeksi, pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan perawatan sepeda motor jenis yang lain. Di Indonesia sepeda motor merk Honda beat sangat banyak di minati oleh berbagai kalangan orang. Dan ini beberapa alasan mengapa orang Indonesia memilih Honda beat, yaitu :

  1. Jenis teknologi matic

Jenis teknologi motor yang digunakan oleh Honda beat yaitu teknologi injeksi. Jenis ini merupakan teknologi terbaru dan juga banyak digunakan pada sepeda motor lain. Sejak dikeluarkannya sepeda motor ini di Indonesia, langsung “woow” banyak sekali yang menggunakan dan memburunya. Sekarang pengguna motor manual banyak yang berpindah ke motor matic.mungkin juga karena penggunaannya yang sangat mudah, istilah orang jawa “ngerek nguntir”. Memang motor matic tidak menggunakan system kopling manual atau pun otomatis. Di bagian depan juga sangat longgar kalau ingin di gunakan mengangkat barang banyak.

 

  1. Body terlihat bagus dan menarik

Body dari jenis matic ini sudah di rancang cocok untuk semua kalangan dan laki maupun perempuan. Anak muda sekarang juga banyak yang berminat memakai motor jenis ini. Pembuatnya sekarang juga pintar, dengan mengeluarkan berbagai varian warna yang menarik.

 

  1. Penggunaan bahan bakar yang sedikit

Karena sepeda motor Honda beat sudah dilengkapi dengan teknologi injeksi. Kelebihan dari tekologi injeksi salah satunya adalah penggunaan bahan bakar lebih irit. Yang di cari oleh pengguna sepeda motor adalah keiritan dari sepeda motor tersebut. Jadi produk sekarang berlomba lomba membuat teknologi yang paling irit.

 

5 Tips Merawat Motor Matic Honda Beat

 

Agar motor matic Honda beat kita lebih tahan lama dan awet kita harus melakukan perawatan yang serius. Nah, kali ini saya akan membahas beberapa hal tersebut dan anda setelah membaca artikel ini langsung saja anda praktekkan sendiri di rumah. Yaitu :

  1. Yang pertama harus anda lakukan dan ini penting di lakukan, sebenarnya ini jaga berlaku pada semua jenis kendaraan bermotor. Yaitu melakukan pemanasan kurang lebih selama 3-5 menit sebelum digunakan. Alangkah lebih baiknya anda lakukan setiap pagi secara rutin agar motor matic anda tidak mudah rusak dan lebih tahan lama.

Pemanasan di lakukan karena untuk menaikkan dan mencampurkan pelumas agar rata pada semua komponene yang berputar. Kalau bisa dalam melakukan pemanasan, menyalakan motor anda dengan cara manual dan itu sangat lebih baik. Setelah di panaskan maupun saat di panaskan jangan langsung membuat kendaraan kerja keras, atau istilahnya ‘rekoso’.

 

  1. Setelah pemanasan di lakukan, selanjutnya pasti anda ingin mengendarainya tetapi jagan langsung pada kecepatan tinggi karena itu dapat mempercepat kerusakan komponen pada mesin. Apabila sudah mengalami kerusakn pasti itu harus mengalami perbaikan dan perbaikan memerlukan biaya yang tidak sedikit.

 

Apalagi anda langsung mengendarai motor yang lama tidak terpakai tanpa pemanasan terlebih dahulu, Waduh itu malah lebih parah sakali. Jadi kalau motor anda sudah tidak terpakai terlalu lama, maka lakukan pemanasan yang lebih lama.

 

  1. Dan tips ketiga yang saya akan berikan ini memang harus anda lakukan. Menjadi seorang pengendar motor haruslah ada pengeluran. Yaitu anda harus mengganti oli atau pelumas secara rutin dan biasanya setelah menempuh jarak 1000 km.

 

Saya sarankan kalau anda mengganti oli gunakan saja oli yang khusus untuk sepeda motor matic. Oli tersebut memang di rancang untuk jenis kopling motor matic. Penggantian oli di lakukan agar sistem kerja mesin menjadi maksimal. Setelah ganti oli dengan yang baru motor terasa lebih nyaman dan peforma yang baik. Kalau anda lupa dalam penggantian oli itu akan berpengaruh pada komponen dan peforma motor terebut.

 

Oh ya oli yang perlu di ganti lainya dalam motor matic ada satu lagi dan ini tidak ada dalam jenis motor yang lain. Yaitu oli transmisi. Oli ini perlu diganti karena didalam rangka tersebut terdapat komponen yang berputar. Jadi setiap komponen yang berputar itu harus di beri pelumas. Dan penggantian oli ini dilakukan agak lebih lama sekitar seiap anga pada speedometer 5000km. dalam sebuah jangka penggantian oli lebih cepat lebih baik.

 

  1. Selanjutnya adalah dengan menyervice motor anda secara teratur. Sebaiknya saya sarankan untuk menyervice pada yang berpengalaman atau alangkah lebih baikya ke dieler resmi Honda. Disana anda juga bisa mengganti oli secara teratur. Penyervicean dilakukan dengan memeriksa total keseluruhan motor anda, ada masalah atau tidak dan kalau ada masalah langsung ditagani oleh ahlinya. Jadi tidak kawatir tentang penyetelan atau apapun.

 

  1. Dan tips perawatan sepeda motor matic Honda beat yang terakhir yaitu dengan menggunakan bahan bakar pertamax. Bahan bakar ini memiliki angka oktan yang tinggi dari pada bensin atau pun pertalite. Jadi membuat pembakaran di dalam ruang bakar lebih sempurna, dan pembakaran yang sempurna itu tidak meninggalkan kerak atau sisa pembakaran. Jadi bahan bakar pertamax ini sangat di sarankan sekali.

 

Nah, sekarang mulai pahamkan cara merawat sepeda motor matic berteknologi injeksi. Dan jangan lupa juga selalu mengecek angina pada ban motor anda. Lakukan juga pembersihan secara rutin. Demikian artikel yang saya buat semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa beri komentar tentang panduan sekilas di atas. Sekian dan terimakasih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *