5 Cara Merawat Interior Mobil Dengan Benar

  • Whatsapp

Pada sebuah mobil itu memiliki 2 bagian yang sangat penting dan itu saling bersangkutan dan melegkapi,yaitu interior dan eksterior mobil. Jadi kedua bagian mobil tersebut harus di perhatikan selalu, dengan cara merawat dan menjaganya. Dengan cara tersebut itu dapat mencerminkan diri anda yang selalu rajin dalam kebersihan. Tapi terkadang orang lebih suka merawat pada eksteriornya saja dan mengabaikan interior. Padahal keduanya tersebut sangat penting diperhatikan dan saling berhubungan.

 

Pengertian Interior Mobil

Perlu anda tau, interior mobil merupakan seluruh barang pendukung yang berada di dalam mobil dan berguna untuk memberikan kenyamanan untuk si pengguna. Ini adalah salah satu yang di anggap penting bagi pengguna mobil. Karena berpengaruh pada kenyamanan ketika kita berkendara. Jadi anda sebagai pemiliknya harus merawatnya agar pengguna mobil terasa nyaman.

 

Begitu pula jika sebaliknya, interior mobil anda kotor dan berbau tidak sedap maka selain menjadikan si pengguna tidak nyaman, juga hal tersebut menjadikan pencerminan kepribadian pada diri anda. Apalagi mobil anda menggunakan AC maka bau tak sedap tersebut akan bercampur dengan dinginnya AC akan menjadi udara di dalam mobil menjadi pengab dan merasa tidak nyaman.

 

Nah, pada pembahasan kali ini saya akan memberikan ‘5 tips cara merawat dan menjaga interior mobil dengan murah dan benar’. Maka jika anda mempunyai masalah perawatan pada interior mobil anda, anda harus membaca artikel ini sampai selesai agar mendapat kesimpulan dari masalah perawatan mobil anda.

 

Pada mobil mewah atau yang biasa sekarang cara merawatnya dengan mengganti semuanya dengan pandangan yang lebih unik dan menarik. Tetapi itu memerlukan biaya yang tidak  sedikit dan pengerjaan yang lumayan rumit. Untuk segi perawatan mobil dengan interior tersebut, juga memerlukan perhatian yang lebih serius.

 

Sekarang kita akan mulai melakukan beberapa langkah dan tips untuk merawat interior mobil yang sederhana dan bisa anda lakukan sendiri di rumah. Berikut ulasannya:

 

  1. Membersihkan Dashboard

 

Pada bagian interior ini merupakan sisi bagian yang paling mencolok ketika kia masuk pertama ke dalam mobil. Dan juga ini paling sering terkena sinar matahari. Jadi dashboard ini memerlukan perhatian agar terlihat bersih dan bagus.

 

Nah, agar terlihat tetap bersih, anda bisa menggunakan kuas pembersih atau kemoceng untuk membersihkan debu dan kotoran. Bersihkan sampai sudut yang sulit dan lakukanlah sampai bersih. Kalau anda menginginkan hasil yang lebih bersih anda dapat menggunakan cairan pembersih khusus. Jangan lupa untuk segera di lap setelah melaukan proses tersebut agar tidak membekas noda.

 

  1. Gunakan karpet yang mudah dibersihkan.

 

Pilihlah karpet yang mudah dibersihkan seperti karpet yang berbahan dari karet sintetis. Karena bahan ini jika terkena kotoran, anda tingal mencucinya saja dengan menggunakan sabun dan selanjutnya anda lakukan penjemuran.

 

Memilih karpet yang mudah di bersihkan karena karpet merupakan salah satu interior yang paling sering kotor. Karena merupakan bagian yang selalu diijak oleh penumpang mobil. Dan berkemungkinan kotor itu besar. Jika anda memang tidak mau membersihkan terlalu lama, jangan gunakan karpet yang berbahan dari kain. Kain untuk proses pencuciannya mebutuhkan waktu yang lama.

 

  1. Gunakan pengharum ruangan

 

Penggunaan pengharum ruagan sangat di perlukan karena agar dapat menyebarkan wangi yang dapat membuat pengguna mobil menjadi nyaman dan rileks. Gunakan pengharum ruangan yang sesuai selera dan kepribadian anda. Jangan sampai ruangan mobil anda beraroma tidak sedap, selain menggangu kanyamanan pegguna juga mengganggu konsentrasi si pengemudi.

 

Sekarang sudah banyak yang menawarkan berbagai merk pengharum ruangan yang berfvariasi juga, seperti ada yang bisa digantung, disemprot dan ada yang ditempel. Pilihlah yang sesuai dengan keinginan anda.

 

  1. Membersihkan langit-langit mobil

 

Pada bagian langit-langit mobil iilah yang sering dilupakan oleh kebanyakan orang ketika membersihan interior mobil. Sebenarnya lebih cenderung untuk menyimpan debu pada bagian tersebut.

Sekarang anda waktunya untuk membersihkan bagian tersebut dengan cara menggunakan lap yang diberi sedikit air saja agar langit-langit mobil tidak lembab dan diberi sabun (gunakan yang khusus). Jika bagian tersebut lembab itu dapat menyebabkan bau tidak sedap. Setelah semua dibersihkan, jangan lupa untuk melaukan proses pengeringan menggunakan lap atau kain yang kering.

 

  1. Perawatan jok mobil

 

Sebenarnya pada perawatan bagian ini lebih sulit di banding dengan perawatan yang lain. Tapi anda tidak perlu kuwatir dan jangan dulu dibawa ke salon mobil. Anda bisa coba cara saya, alat yang anda butuhkan yaitu kain kering, penyedot debu khusus mobil, sikat, dan cairan khusus untuk membersihkan jok mobil.

 

Sekarang kita mulai langkah yang pertama yaitu dengan mengelap dan lakukan sedikit penggosokan pada seluruh bagian jok mobil, menggunakan kain kering. Selainitu jika ada daerah yang tidak terjangkau anda bisa menggunakan penyedot debu agar mendapat hasil maksimal. selanjutnya tuangkan sedikit demi sedikit cairan pembersih tadi ke kain. Lalu gosokkan pada bagian noda dan kotoran yang membandel dahulu, baru pada bagian yang lain.

 

Sikatlah secara perlahan pada jok anda yang sudah diberi cairan pembersih. Lakukan proses tersebut sampai benar-benar bersih. Kemudian anda bisa segera mengelapnya menggunakan lap kering. Saya sarankan untuk sealu mengusahakan dan biasakan memarkir mobil anda pada tempat yang teduh agar menjaga perlindungan jok mobil dari sinar matahari agar tidak mengalami kerusakan.

 

Demikian artikel tentang 5 cara merawat interior mobil dengan benar. Semoga ada manfaat yang saya berikan tadi untuk anda dan anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Dan juga mendapat hasil yang maksimal. sekian dari saya dan terima kasih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *